Kindle Paperwhite Signature Edition Punya Layar Besar, Bisa Wireless Charging!

Jakarta, Gizmologi – Beberapa waktu lalu, Amazon telah meresmikan pembaruan perangkat lunak alias software baru untuk perangkatnya yang menyerupai tablet dengan fungsi khusus membaca buku, Kindle. Kini setelah mencapai tiga tahun lamanya, perusahaan multinasional tersebut memutuskan untuk rilis seri terbaru dari Kindle Paperwhite.

Kalau Gizmo friends belum familiar dengan sebuah Kindle Paperwhite, benda tersebut adalah perangkat khusus baca konten buku digital. Versi paling pertama sendiri dirilis sejak 2007, kemudian hadir seri Paperwhite yang gunakan layar monokrom dengan lampu backlit. Perangkat ini pun jadi alat membaca buku paling laris di dunia.

Meski, memang, untuk saat ini rasanya sedikit sayang bila kita menggunakan sebuah perangkat dalam fungsi yang terbatas. Alih-alih menggunakan Kindle Paperwhite untuk membaca buku, lebih baik pakai tablet yang benar-benar multifungsi, alias juga bisa untuk konsumsi multimedia maupun main gim. Tentunya, hal tersebut tak bisa sepenuhnya dibenarkan.

Baca juga: Amazon Perbarui Tampilan Antarmuka Kindle Generasi 2016 ke Atas

Setelah tiga tahun lamanya, pembaruan pada Kindle Paperwhite 2021 ini sangat signifikan. Di mana Amazon memutuskan untuk bawa banyak fitur-fitur smartphone ke dalamnya. Membuat alat baca buku digital ini jadi semakin efisien dan praktis untuk digunakan. Tak hanya satu, secara total ada tiga jenis Amazon Paperwhite dengan peruntukkan berbeda.

Spesifikasi Kindle Paperwhite 2021, Punya Baterai 10 Minggu

Kinde Paperwhite 2021

Dari tampilannya, tak dapat dipungkiri bila Amazon Kindle Paperwhite terbaru ini terlihat mirip, meski juga lebih modern. Hal tersebut sangat terpancar pada bagian depannya. Dengan dimensi bodi yang kurang lebih sama, layarnya membesar cukup jauh dari 6 inci mencapai 6,8 inci.

Dan sama seperti seri Kindle Paperwhite sebelumnya, material layar yang digunakan adalah e-ink. Artinya, layar jenis ini tak perlu gunakan lampu untuk dapat dilihat, termasuk di bawah sinar matahari langsung. Selain itu, kerapatan pikselnya juga dibuat sama pada 300 ppi, sehingga lebih leluasa untuk semisal membaca buku dengan beragam ukuran font.

Kinde Paperwhite 2021

Selain layar yang diklaim nyala 10% lebih cerah, Kindle Paperwhite juga dirilis dengan sertifikasi tahan air IPX8, alias bebas untuk membaca buku di mana saja. Performanya juga dirancang meningkat 20% dari generasi sebelumnya. Dan mengusung kapasitas memori 8GB, ada yang cukup menyenangkan dari pembaruan fitur pada Kindle Paperwhite 2021 ini.

Setelah bertahun-tahun menggunakan port micro USB yang mulai susah dicari, akhirnya Kindle Paperwhite sudah gunakan port USB-C untuk pengisian daya. Selain port yang lebih universal, kecepatan isi dayanya pun lebih kencang. Cukup habiskan waktu 2,5 jam untuk penggunaan mencapai 10 minggu—melebihi generasi sebelumnya yang hanya kisaran 4 – 6 minggu saja.

Kindle Paperwhite Signature Edition Punya Tiga Fitur Ekstra

Kinde Paperwhite 2021

Sementara itu, Amazon juga hadirkan dua seri tambahan, yaitu Kindle Paperwhite Signature Edition dan Kids Edition. Opsi kedua tentu dirancang lebih cocok untuk anak-anak, karena telah diberikan pelindung cover khusus. Kindle juga tawarkan satu tahun berlangganan konten Amazon Kids gratis.

Sementara Kindle Paperwhite Signature Edition punya tiga peningkatan utama; layar, kapasitas penyimpanan serta pencahayaan. Di bagian layar, meski kini keduanya sama-sama bisa atur temperatur layar sesuai selera, seri Signature bisa atur tingkat kecerahan layar secara otomatis.

Yang kedua adalah kapasitas penyimpanannya, dibuat empat kali lebih besar dari varian dasar dengan memori 8GB. Dan yang terakhir, pengguna dapat mengisi daya perangkat ini secara nirkabel. Pastikan Kinde Paperwhite Signature Edition diletakkan di atas wireless charger dengan standar Qi.

Kindle Paperwhite versi standar dibanderol USD139,99 alias sekitar Rp1,99 jutaan, sementara untuk versi Signature Edition, sedikit lebih mahal di USD189,99 (Rp2,7 jutaan). Lalu untuk versi khusus anak dengan case khusus dan tambahan layanan Kinds+, dijual seharga USD159,99 (Rp2,2 jutaan).

Tinggalkan komen