Amazon Perbarui Tampilan Antarmuka Kindle Generasi 2016 ke Atas

Jakarta, Gizmologi – Apakah Gizmo friends lebih sering membaca buku secara digital dibandingkan dengan memegang buku fisik? Bila iya, mungkin sudah umum mendengar sebuah nama produk yaitu Kindle, alias perangkat khusus rilisan Amazon untuk membaca buku. Umumnya hadir dengan layar monokrom alias hitam putih.

Memang ada seri lain berupa tablet yang gunakan basis sistem operasi AOSP, namun tentu pengalaman membaca bakal lebih inferior dari Kindle orisinil yang pakai layar e-paper. Nah, kini ada kabar baik bagi kamu yang masih doyan untuk membaca buku lewat perangkat yang pertama kali dirilis sejak tahun 2012 tersebut.

Baca juga: Pantau Ekspedisi Barang, Amazon Siapkan Kamera Berteknologi AI

Selama ini, tak banyak perubahan yang dihadirkan oleh Amazon pada tampilan antarmuka perangkat Kindle. Mulai seri standar, Paperwhite sampai Oasis, semua dirancang sederhana dengan fokus memang hanya untuk mengakses dan membaca buku. Paling hanya perangkatnya saja yang ditingkatkan, punya kerapatan piksel tinggi, kapasitas penyimpanan lebih besar, sampai dibuat tahan air agar bisa baca buku di mana saja.

Pembaruan Besar Sejak 5 Tahun Lalu

Amazon Kindle Update

Baru-baru ini, sebuah halaman pada situs resmi Amazon (yang kami kutip dari ArsTechnica) menunjukkan informasi khusus bila pengguna akan mendapat pembaruan perangkat lunak baru. Di mana mereka bakal menikmati tampilan antarmuka yang lebih segar dan mudah digunakan, cukup jauh berbeda dari yang sudah ada sebelumnya.

Kalau Gizmo friends belum familiar dengan tampilan antarmuka Kindle, pada dasarnya memang sangat standar. Halaman depan perlihatkan daftar buku yang disimpan serta rekomendasi. Saat sedang akses buku, sentuh bagian layar atas untuk munculkan kendali tambahan, atau bagian bawah untuk berganti halaman spesifik dan catatan.

Perpindahannya jauh dari intuitif dan pada beberapa bagian kurang ramah sentuhan jari. Nah, dalam software terbaru yang tengah digulirkan pada pertengahan bulan ini, bagian atas digantikan dengan search bar berukuran besar, dengan sudut membulat layaknya elemen Android modern. Sementara bagian bawah ada pintasan tab untuk ganti halaman depan atau library.

Terlihat sebuah tombol panah ke bawah di layar atas yang bisa digeser maupun disentuh, untuk menyimpan pintasan-pintasan yang diperlukan secara ringkas. Mulai dari airplane mode, Bluetooth, dark mode, kecerahan layar sampai akses ke menu pengaturan. Jumlah opsinya sendiri tentu mengikuti generasi Kindle.

Bakal Hadir Otomatis ke Beragam Seri Kindle

Amazon Kindle Update

Pembaruan ini bakal hadir kepada hampir semua generasi Kindle yang rilis setelah tahun 2015, yaitu Kindle generasi ke-8 atau lebih, Kindle Paperwhite generasi ke-7 atau lebih, serta Kindle Oasis yang menjadi versi flagship. Yang perlu Gizmo friends lakukan adalah menyambungkannya ke Wi-Fi, dan perangkat otomatis update saat standby.

Ke depannya, Amazon bakal terus gulirkan pembaruan untuk membuat penggunaan e-book reader satu ini semakin nyaman. Dalam situs yang sama, disampaikan bila pembaruan pada tampilan home dan library bakal hadir akhir tahun, dengan scroll bar interaktif dan menu sortir yang baru.

Dan pada tampilan home, pengguna bisa mengakses hingga 20 buku yang terakhir dibaca, hanya dengan sekali swipe ke kiri. Sebelumnya, Amazon juga sudah gulirkan beberapa pembaruan untuk Kindle yang bawa peningkatan performa, serta opsi untuk menggunakan cover buku sebagai screensaver saat perangkat terkunci.

Tinggalkan komen