alexa
Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

vivo Y70t Jadi Smartphone 5G Rp3 Jutaan dengan Cip Exynos 880

Setelah menghadirkan smartphone baru di Tanah Air dengan keunggulan kamera depan superior, vivo juga baru saja rilis perangkat baru di negara asalnya. Hadir sebagai seri-Y ketiga yang rilis tahun ini, vivo Y70t tampil sebagai alternatif baru untuk smartphone 5G kelas menengah, alias mid-range.

Ya, tren smartphone 5G memang mulai naik. Tak hanya di negara lain seperti China dan Eropa, Indonesia pun mulai kebagian seri 5G kelas menengah, salah satunya termasuk vivo V21 5G. Para kompetitor pun juga tak kalah dengan berikan opsi masing-masing, mulai dari yang satu kelas seperti OPPO Reno5 5G hingga Galaxy A32 5G lebih murah.

Kembali ke smartphone terbaru vivo yang baru diresmikan 3 Juni kemarin. Secara tampilan, memang terlihat bila vivo Y70t dibanderol dengan harga terjangkau. Desainnya sendiri belum dibuat mirip selayaknya seri flagship, melainkan punya setup tiga sensor kamera belakang yang diletakkan sejajar. Sementara sensor sidik jari di samping hadir karena layarnya yang belum AMOLED.

Baca juga: Review vivo V21 5G: Tak Hanya Sekadar Jago Selfie

Spesifikasi vivo Y70t 5G

vivo Y70t 5G

Spesifikasi layarnya pun sederhana, berukuran 6,53 inci full HD+ tanpa refresh rate tinggi—setidaknya resolusi tidak sekadar HD+. Kamera depannya pun ‘hanya’ 8MP, tampil dalam bentuk punch hole yang terletak di sisi kiri atas. Di belakang, spesifikasi kameranya pun mirip seperti smartphone sejutaan.

Hanya ada tiga, dan dua di antaranya hanyalah sensor sekunder seperti macro dan depth, masing-masing beresolusi 2MP. Tanpa sensor ultra wide-angle, sensor utama dari vivo Y70t beresolusi 48MP. Secara setup, bahkan bisa dianggap kalah dengan Redmi 9T, setidaknya berdasarkan spesifikasi di atas kertas. Namun vivo fokuskan pada bagian lain, yaitu performa.

Bukan dari Qualcomm, bukan pula MediaTek. vivo Y70t justru gunakan cip Exynos 880 dari Samsung. Uniknya, hingga saat ini, chipset tersebut baru hanya digunakan pada smartphone vivo, termasuk dalam dua seri lainnya yaitu Y51s dan Y70s. Sudah mendukung 5G, dipadukan dengan RAM 8GB dan penyimpanan internal seluas 128GB.

Punya Sistem Pendingin, vivo Y70t Jalankan Android 10

vivo Y70t 5G

Agar performa bisa terus terjaga, vivo sematkan pipa penyalur panas yang sudah didinginkan dengan cairan khusus berdiameter 90mm, plus heat-sink multi-layer berbahan grafit. Digabungkan dengan gel khusus panas serta AI berbasis software, suhu panas diklaim bisa diturunkan sampai 10 derajat celsius.

Kapasitas baterai 4,500 mAh pada vivo Y70t mendukung pengisian daya 18 watt, alias sudah standar smartphone Android masa kini. Sistem operasinya pun masih belum yang terbaru. Jalankan Funtouch OS 10.5 berbasis Android 10, dan mendukung asisten suara Jovi, eksklusif pada perangkat vivo sendiri.

vivo Y70t 5G

Sudah tersedia di negara asalnya, vivo Y70t hadir dalam tiga opsi warna; hitam, putih dan biru. Konfigurasi memori yang paling sederhana ada di 6/128GB, dibanderol seharga CNY1,699 atau sekitar Rp3,7 jutaan. Harga yang masih wajar untuk ukuran smartphone 5G murah, bisa bersaing dengan OPPO A74 5G.

Tinggalkan komen