Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Review OPPO A92 Aurora Purple: Seri A Paling Stylish & Powerful

2 16.303

Pada pertengahan Mei yang lalu, masih di masa pandemi, OPPO merilis sang penerus dari A9 (2020), yakni seri OPPO A92. Ini adalah seri A dengan kasta paling tinggi dari OPPO sehingga mendapat perhatian lebih. Misalnya pada pertengahan Juni mendapat keistimewaan untuk dibundel dengan Disney Pixar Toy Story. Selanjutnya, akhir Juni merilis OPPO A92 Aurora Purple.

Kalangan mahasiswa juga profesional terutama generasi milenial menjadi pangsa pasar bidikan Oppo untuk smartphone terbaru ini. Maka tidak heran apabila Oppo A92 Auora Display memiliki fitur serta fungsi untuk memenuhi kebutuhan kalangan tersebut. Kebutuhan terhadap teknologi memadai pada kamera, performa, maupun memori menjadi hal yang dapat ditemukan untuk mendukung fungsi kerja serta hiburan.

Selain itu, tak kalah penting adalah tampilan yang modern, stylish dan elegan. Bisa dibilang, OPPO A92 Aurora Display hadir sebagai paket lengkap smartphone kaum milenial, bawa teknologi serta desain yang trendi. Namun sejauh mana tepatnya, OPPO A92 Aurora Display mampu mencapai fungsi maksimalnya?  Yuk, simak review OPPO A92 selengkapnya berikut ini.

Desain 3D Curve 

Desain OPPO A92 Aurora PuprleTahun 2020 menjadi tahun di mana banyak vendor smartphone menerapkan konsep desain berbeda pada produknya. Terutama di bagian kamera depan, melalui penempatan lensa yang masuk di dalam layar smartphone atau biasa disebut punch hole.  Penerapannya lebih banyak ditemukan pada smartphone kelas menengah. Termasuk pada Oppo A92 ini. Dan kelebihan desain punch hole ialah memuluskan garis tepi pada layar menjadi lebih simetris di tiap sisinya.

Kreasi pada bodi Oppo A92 memiliki sebutan desain 3D quad-curve. Di mana lekukan pada bodi belakang berbahan polikarbonat memiliki lekukan lebih tegas pada sisi samping. Efeknya smartphone ini terasa lebih mantap digenggam. Dipadukan model side fingerprint unlock yang revolusioner, menjadikan prosesi aktivitasi jadi lebih nyaman dilakukan.

Side fingerprint unlock memang jauh lebih menarik, dibandingkan desain fingerprint di bodi atau di dalam layar. Bila pada bagian akses fingerprint terkadang menyulitkan, maka untuk fingerprint pada layar memaksa vendor harus menggunakan layar AMOLED. Itu tidak ditemukan pada Oppo A92, sebab smartphone ini “hanya” menggunakan LTPS-LCD.

Sementara itu untuk pewarnaan cover produk smartphone, jangan pernah meragukan Oppo. Kembali lewat A92 kita dapat melihat inspirasi polarisasi warna aurora dieksekusi dengan baik. Ketiga pilihan warga Twilight Black, Aurora Purple, dan Shining White berhasil menyajikan pantulan warna dinamis pada A92. Gradasi terbaik masih dimiliki Aurora Purple yang memang menjadi inspirasi awal untuk pewarnaan di cover bodi Oppo A92.

Neo-Display 

OPPO A92 Auror Display LayarOPPO A92 Aurora Display memiliki konsep Neo-Display pada layar berbasis teknologi LTPS-LCD. Meski tidak sekuat branding menggunakan AMOLED, Oppo telah menyiapkan istilah Neo-Display untuk smartphone ini. Tidak tanggung-tanggung kemampuan resolusi A92 mencapai 1080p. Dengan resolusi setinggi itu, Oppo pun membuatnya makin menarik melalui tepian layar yang hanya selebar 1,73 mm.

Tentu saja yang diharapkan ialah pengalaman pengguna lebih maksimal saat menggunakan Oppo A92. Terutama ketika digunakan untuk menonton video, maupun bermain game. Seperti kita tahu, gaming saat ini banyak menampilkan banyak detail pada userinterface-nya. Membuat pandangan permainan dapat terganggu apabila luas layar smartphone tidak maksimal.

Pada pengaturan tingkat kecerahan layar, Oppo ternyata juga telah mengantongi sertifikasi proteksi mata dari TÜV Rheinland. Sertifikasi semacam ini menjadi langkah cerdas untuk menunjukkan komitmen perusahaan terhadap produk yang bersahabat untuk penggunanya. Sehingga kita pun dapat lebih meyakini bahwa ketika kecerahan layar memudar di tempat minim cahaya, hal itu tidak lain untuk membuat mata kita rileks dan tak mudah lelah.

Empat Kamera 

Kamera OPPO A92 Aurora PurpleSektor kamera bagaimana pun, akan menjadi salah satu pendorong kesuksesan sebuah produk smartphone meraih tren pasar saat ini. Itulah mengapa Oppo A92 muncul dengan banyak lensa belakang yang belakangan semakin populer. Lensa multifungsi yang mampu menangkap berbagai teknis fotografi, mulai dari wide hingga zoom in. Bahkan Oppo A92 juga turut dalam tren desain punch hole pada kamera depan berkualitas tinggi.

Oppo A92 memiliki empat kamera belakang terpasang dalam bentuk ‘L’ ditambah satu buah lampu flash. Keempat kamera tersebut masing-masing memiliki kualitas 48 MP, f/1.7, (wide), 1/2.0″, 0.8µm, PDAF. Kamera ultra wide 8 MP, f/2.2, 119˚, 1/4.0″, 1.12µm. Dan dua kamera lain, 2 MP untuk B/W, f/2.4, dan 2 M, f/2.4 bokeh.

Perpindahan fungsi kamera belakang dilakukan sangat mudah. Antarmuka menu kamera Oppo memungkinkan kita berpindah lensa lewat memilih titik pada layar. Dan fungsi tersebut berlaku untuk tiga mode kamera standar, night, dan video bergerak.

Ya, kita dapat membuat video pada mode lensa ultrawide untuk mendorong efek dramatisasi berbeda. Meskipun demikian, fungsi lensa ultrawide dibuat terkunci. Artinya kita tidak dapat membuat rekaman gambar dinamis, kecuali hanya dengan menggunakan tiga mode lensa yang lain.

Kemampuan rekam video menggunakan kamera belakang secara maksimal dapat mencapai kualitas 4K, dengan opsi 1080p dan 720p. Sedangkan pada saat perekaman menggunakan mode slow-motion, kemampuan rekam hanya mentok di angkat 1080p saja. Sayangnya fungsi slow-motion tidak dapat dikombinasikan langsung dengan kondisi normal pada saat merekam. Dan bila ingin mengombinasikan gerak normal dan lambat, lebih baik memanfaatkan lensa slow-motion agar piksel yang didapat lebih rapat.

Sementara untuk kamera depan 16 MP tidak memiliki banyak fitur menarik. Masih setia dengan mode beauty dalam rangka mendapat efek wajah lebih sempurna. Serta efek panorama manual, menggerakan lensa ke kanan-kiri, ketika hendak mengambil momen bersama lebih dari satu orang. Selebihnya adalah fitur standar time-lapse dan sticker.

Hasil foto OPPO A92 Aurora Purple
Ultra wide
Auto, zoom 1 kali
Zoom 5x
Obyek makanan
Obyek bunga
Hasil foto malam hari

Untuk hasil foto lainnya, kamu bisa cek di galeri Google Photos.

Fitur ColorOS

Fitur di dalam ColorOS pun semakin berkembang. Pengaturan fungsi smartphone disajikan mendalam, memberi banyak pilihan kepada pengguna. Seperti Smart Services, Convenience Tools, Privacy, sampai Digital Wellbeing & Parental Controls dapat ditemukan di bagian pengaturan. Pemanfaatan AI pada layar juga semakin mudah, dengan mode Smart Sidebar sampai aktivasi fungsi lewat arsiran tiga jari. Sangat memudahkan pengguna.

Memenuhi kebutuhan tren lensa banyak, sudah. Kemampuan lensa mumpuni dan varitif pun sudah. Terakhir Oppo memenuhi hasrat kreator smartphone lewat aplikasi bawaan bernama So Loop. So Loop, sebuah video editor kreasi Oppo memang dihadirkan untuk menyempurnakan pengalaman videografi pada produk smartphone miliknya.

So Loop memberikan kemudahan kepada kita untuk menghasilkan sebuah video berkualitas. Dibuat dengan antarmuka sederhana, mudah dipahami dan diaplikasikan. Paling penting adalah aplikasi dalam fitur ini sudah termasuk dalam paket pembelian produk Oppo A92. Sehingga tak perlu lagi mencari di Play Store demi mendapatkan fungsi editing memadai.

Masuk ke dalam So Loop, kita disuguhi lima fitur utama yakni, smart template, trim, filter, subtitle, dan music. Dari semua fitur tersebut, bisa dibilang hanya trim dan subtitle yang memerlukan effort khusus apabila hendak mencapai hasil maksimal. Sedangkan fitur lain hadir untuk membantu mencapai kualitas video layaknya profesional. Ketidakmampuan kamera dalam merekam video normal dan slow motion dalam satu frame bersamaan, dapat disiasati lewat proses editing di So Loop.

Usai melakukan editing, kita dapat meng-export file dalam dua kualitas resolusi, 720p dan 1080p. Lalu membagikan atau menggunggahnya ke kanal Youtube atau sosial media lain. Intinya, Oppo coba menawarkan solusi atas aplikasi video editor yang terkadang sulit digunakan, menyita memori, berbayar, sampai dipenuhi iklan sana-sini.Fitur OPPO A92 Aurora Display

Side fingerprint unlock menjadi fitur baru paling menarik pada Oppo A92. Tombol fingerprint di samping kanan, juga dapat difungsikan untuk mematikan dan menghidupkan layar. Terutama ketika smartphone tidak menggunakan fungsi pengamanan. Ada beberapa kondisi di mana kita mesti membiasakan membuka kuncian fingerprint dengan mengangkat smartphone terlebih dulu. Terutama saat ibu jari dijadikan sumber data fingerprint. Namun itu hanya soal waktu sampai pengguna jadi terbiasa.

Urusan audio Oppo A92 juga sudah menggunakan super-liner dual stereo speaker dan efek dari Dirac 2.0. Menyajikan kualitas audio pintar dengan kemampuan mengindetifikasi jenis suara yang datang. Apakah itu berupa suara dari musik, video, maupun games. Kemampuan identifikasi karakter suara tersebut membuat output pun jadi lebih baik.

Fitur lain yang sering diabaikan namun tetap penting ialah keberadaan slot untuk dua kartu SIM dan satu memori eksternal secara terpisah. Biasanya ponsel dengan memori internal besar tidak memberikan lagi slot memori eksternal. atau bahkan sebuah slot yang berfungsi untuk memori atau kartu SIM, sehingga kita harus memilih salah satu. Itu tentu merepotkan. Oppo A92 menyediakan tiga slot, dan itu sangat membantu membuka banyak alternatif pilihan operator.

Performa Mumpuni

Oppo A92 sudah menggunakan prosesor kelas menengah, Snapdragon 665 64-bit ARM LTE. Otak kerja dari Qualcomm tersebut diperkenalkan sejak tahun 2019 lalu. Dan kini sudah ada beberapa brand lain yang memiliki kelas prosesor serupa. Bahkan dengan harga jual di bawah Oppo A92. Sektor prosesor memang menjadi “kelemahan” dari ponsel dengan harga di kisaran 4 jutaan ini.

Bukan berarti Snapdragon 665 tidak dapat diandalkan sepenuhnya. Prosesor ini memiliki AI Engine generasi 3 yang melakukan pemrosesan dengan cepat. Serta mampu untuk menghadirkan performa terbaik saat membaca visual grafik tinggi saat gaming, yang tidak lepas dari kemampuan GPU Adreno 610. Termasuk kemampuan rendering video dengan cepat.  Snapdragon 665 juga memiliki efisiensi daya optimal sehingga membuat baterai lebih awet.

Kemampuan kerja prosesor tersebut didukung memori RAM sebesar 8 GB dalam Oppo A92, serta storage internal 128 GB. Itu belum termasuk opsi tambahn lewat slot kartu memori fisik lebih luas lagi. Besarnya memori RAM dan internal, terasa tepat bila melihat kalangan aktif yang disasar smartphone ini. Banyak aplikasi serta data yang pastinya tersimpan untuk mendukung kinerja maksimal.

Aspek hardware dari Oppo A92 tersebut terasa nyaman, dipadukan dengan software antarmuka ColorOS 7.1 kreasi Oppo. Sebagai salah satu antarmuka terbaik yang pada smartphone saat ini, Oppo juga memberikan ColorOS pembaruan berkala. Termasuk visualisasi dark mode, yang memberi kenyamanan bagian orang ketika melihat layar smartphone ini.

Hasil benchmark OPPO A92 Aurora Purplebenchmark OPPO A92 Aurora Display

Baterai

Dukungan performa terakhir datang dari baterai tanam Li-Po 5000 mAh. Kapasitas daya yang besar untuk dapat menggunakan Oppo A92 dalam durasi lama. Belum lagi kemampuan fast charing dengan input daya mencapai 18 Watt. Dua kali lebih cepat dari mode pengisian cepat biasa. Namun perlu diperhatikan, kemampuan tersebut tidak didapat apabila tidak menggunakan kepala charger bawan atau yang identik.

Kemampuan baterai Oppo A92 diklaim membuat smartphone mampu dipakai untuk menelpon sampai 34 jam. Memutar audio sampai 50 jam, dan memutar video berkelanjutan 7 jam lamanya. Main game? Mungkin sekitar 3 sampai 5 jam tergantung pada kualitas grafis dan kerja memori Oppo A92.

Ada plus minus dalam sajian sektor performa di Oppo A92. Hal tersebut lazim ditemukan pada smartphone kelas menengah seperti ini. Tidak semua sektor dapat diberikan fitur terbaik, karena akan berdampak pada harga pasarnya. Namun melihat apa yang diberikan Oppo pada produknya ini, terasa sudah cukup sesuai dengan nominal harga yang diberikan.

Kesimpulan

OPPO A92 dipasarkan dengan harga awal rilis Rp 4.199.000,- yang kini sudah dikoreksi menjadi Rp3.999.000. Ada banyak faktor diperlukan sampai membuat orang memutuskan membeli dan memilikinya. Dan faktor utama tersebut sejatinya memang sudah dimiliki OPPO A92 Aurora Display. Mulai dari desain, kamera, sampai performa mumpuni. Bila memang menyasar di kalangan profesional dan mahasiswa pun, rasanya sudah tepat.

Memang ada kelebihan dan kekurangan di saat yang sama. Bukan dalam artian buruk, hanya saja smartphone kelas menengah tentu perlu merelakan ada fitur yang kurang maksimal. Dalam hal ini kami melihat prosesor Snapdragon 665. Namun itu tertutupi dengan banyaknya fitur lain yang menggoda pada ponsel ini.


Beli smartphone OPPO di:

BLIBLI SHOPEE BUKALAPAK ERASPACE LAZADA JD.ID Tokopedia.com

Spesifikasi OPPO A92 Aurora Purple

OPPO A92 Aurora Purple spesifikasi

General

Device Type Smartphone
Model / Series OPPO A92
Released 08 Mei, 2020
Status Available
Price Rp4.199.000 (launch price)

Platform

Chipset Qualcomm SM6125 Snapdragon 665 (11 nm)
CPU Octa-core (4x2.0 GHz Kryo 260 Gold & 4x1.8 GHz Kryo 260 Silver)
GPU Adreno 610
RAM (Memory) 8 GB
Storage 128 GB
Operating System Android 10
User Interface ColorOS 7.1

Design

Dimensions 162 x 75.5 x 8.9 mm (6.38 x 2.97 x 0.35 in)
Weight 192 g (6.77 oz)
Design Features Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
Battery Non-removable Li-Po 5000 mAh battery
Fast charging 18W

Network

Network Frequency [Frequency 1]
GSM: 850/900/1800/1900MHz
WCDMA: Bands 1/5/8
FDD-LTE: Bands 1/3/5/8
TD-LTE: Bands 38/40/41
[Frequency 2]
GSM: 850/900/1800/1900MHz
WCDMA: Bands 1/5/8
FDD-LTE: Bands 1/3/5/7/8
TD-LTE: Bands 38/40/41
[Frequency 3]
GSM: 850/900/1800/1900MHz
WCDMA: Bands 1/5/8
FDD-LTE: Bands 1/3/5/7/8/20/28
TD-LTE: Bands 38/40/41
SIM Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
Data Speed HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE-A

Display

Screen Type LTPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Size and Resolution 6.5 inches, 102.0 cm2 (~83.4% screen-to-body ratio); 1080 x 2400 pixels, 20:9 ratio (~405 ppi density)
Touch Screen Yes
Features 480 nits typ. brightness (advertised)

Camera

Multi Camera Yes (Rear)
Rear 48 MP, f/1.7, (wide), 1/2.0", 0.8µm, PDAF 8 MP, f/2.2, 119˚ (ultrawide), 1/4.0", 1.12µm 2 MP, f/2.4, (depth) 2 MP B/W, f/2.4
Front 16 MP, f/2.0, (wide), 1/3.06, 1.0µm
Flash Yes
Video Rear: 4K/1080P/[email protected]; default [email protected] Front: 1080P/[email protected] default [email protected]
Camera Features LED flash, HDR, panorama

Connectivity

Wi-fi Wi-Fi is a popular wireless networking technology using radio waves to provide high-speed network connections that allows devices to communicate without cords or cables, Wi-Fi is increasingly becoming the preferred mode of internet connectivity all over the world. Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth Bluetooth is a wireless communications technology for exchanging data between mobile phones, headsets, computers and other network devices over short distances without wires, Bluetooth technology was primarily designed to support simple wireless networking of personal consumer devices. 5.0, A2DP, LE
USB 2.0, Type-C 1.0 reversible connector, USB On-The-Go
GPS GPS The Global Positioning System is a satellite-based radio navigation system, GPS permits users to determine their position, velocity and the time 24 hours a day, in all weather, anywhere in the world, In order to locate your position, your device or GPS receiver must have a clear view of the sky. Yes, with A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS
HDMI HDMI (High-Definition Multimedia Interface) is a compact audio/video interface for transferring uncompressed video data and compressed or uncompressed digital audio data from a HDMI-compliant source device to a compatible computer monitor, video projector, digital television, or digital audio device. Yes
Wireless Charging Wireless Charging (Inductive Charging) uses an electromagnetic field to transfer energy between two objects. This is usually done with a charging station. Energy is sent through an inductive coupling to an electrical device, which can then use that energy to charge batteries or run the device. No
NFC NFC (Near field communication) is a set of standards for smartphones and similar devices to establish peer-to-peer radio communications with each other by touching them together or bringing them into proximity, usually no more than a few inches.
Infrared Infrared connectivity is an old wireless technology used to connect two electronic devices. It uses a beam of infrared light to transmit information and so requires direct line of sight and operates only at close range. No

Smartphone Features

FM Radio Yes
Web Browser Web Browser => a web browser is a software application used to locate, retrieve and display content on the World Wide Web, including Web pages, images, video and other files, The primary function of a web browser is to render HTML, the code used to design or markup webpages. Oppo Browser
Messaging SMS, MMS, Multimedia, Messenger
Sensors Sensors are electronic components that detects and responds to some type of input from the physical environment. The specific input could be light, heat, motion, moisture, pressure and location, The output is generally a signal that is converted to use in computing systems, a location sensor, such as a GPS receiver is able to detect current location of your electronic device. Fingerprint (side-mounted), accelerometer, proximity, compass
Other Di dalam kotak: 
– OPPO A92*1
– Phone case*1
– Adapter*1
– Headset *1
– Type-C USB 2.0 Charge Cable*1
– Important Info. Booklet with Warranty Card *1
– Quick Start Guide *1
– Sim Card Ejector*1

Disclaimer: artikel ini merupakan kerja sama dengan OPPO Indonesia

80%
Affordable

Review OPPO A92 Aurora Display

Oppo A92 Auora Display memiliki fitur serta fungsi untuk memenuhi kebutuhan milenial. Kebutuhan terhadap teknologi memadai pada kamera, performa, maupun memori menjadi hal yang dapat ditemukan untuk mendukung fungsi kerja serta hiburan.

  • Design
  • Display
  • Camera
  • Performance
  • Features
2 Komen
  1. […] Dapur pacunya menggunakan prosesor kelas menengah, Snapdragon 665 64 bit ARM LTE, serta RAM sebesar 8 GB. Lalu storage internalnya berkapasitas 128 GB. Baterainya Li-Po 5000 mAh dengan fast charging berdaya input mencapai hingga sebesar 18 Watt. (Baca: Review OPPO A92 Aurora Purple: Seri A Paling Stylish & Powerful) […]

  2. […] Baca juga: Review OPPO A92 Aurora Purple: Seri A Paling Stylish & Powerful […]

Tinggalkan Balasan