Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

vivo Y51s, Smartphone 5G Murah dengan Chipset Samsung Exynos 880

0 2.522

Pertengahan tahun 2020 nampak sebagai musim dimana banyak pabrikan produsen smartphone merilis produk kelas menengah dengan dukungan konektivitas 5G. Wajar saja, karena mulai banyak hadir chipset 5G murah, plus kesiapan jaringan tersebut di banyak negara secara global, sayangnya belum termasuk Indonesia. Di China, vivo kembali lagi merilis sebuah smartphone 5G murah.

Dengan harga murah, tentunya tidak masuk ke dalam seri X ya. Kali ini, mereka perkenalkan vivo Y51s. Secara tampilan dan spesifikasi, sebenarnya bisa dibilang identik dengan seri vivo Y70s yang sudah diluncurkan di negara yang sama pada Mei lalu. Perbedaan hanya ada pada spesifikasi kamera, serta tampilan warnanya.

Spesifikasi vivo Y51s

Kalau dilihat-lihat, vivo Y51s punya efek warna gradien yang serupa dengan seri kamera flagship, vivo X50 Pro. vivo berikan tiga opsi warna menarik, yaitu hitam, biru dan putih yang miliki gradien warna ungu serta merah. Tampak depannya cukup modern dengan kamera punch-hole kecil di sudut atas kiri. Sementara sensor sidik jari diletakkan di samping bodi, juga berfungsi sebagai tombol power.

Layarnya menggunakan panel IPS LCD, beresolusi full HD+ dengan dimensi besar di 6,53 inci. Karena murah, teknologinya masih konvensional, alias belum hadir dengan refresh rate tinggi. Kalau seri Y70s punya kamera depan 16MP, vivo Y51s sedikit turun ke resolusi 8MP saja.

Di belakangnya, terdapat setup tiga kamera utama. Sensor utamanya gunakan resolusi 48MP dengan teknologi Quad Bayer, ditemani kamera depth sensor serta kamera makro yang masing-masing beresolusi 2MP. Kamera utamanya mampu merekam video hingga resolusi 4K. ya, smartphone ini tak memiliki sensor ultra wide-angle. Mungkin demi harga jual yang lebih terjangkau.

Meski begitu, smartphone 5G vivo yang satu ini tak mengorbankan performa olah komputasi. vivo gunakan chipset yang relatif baru dari Samsung, yaitu Exynos 880 5G. Dengan fabrikasi 8nm dan CPU octa-core hingga 2GHz, vivo Y51s juga sudah mendukung dual standby 5G+4G.

Harga vivo Y51s di China

vivo Y51s

Hanya ada satu varian memori untuk vivo Y51s, hadir dengan RAM modis 6GB serta penyimpanan internal 128GB. Sudah menjalankan Funtouch OS 10.5 berbasis Android 10 seperti X50 Pro, yang jauh lebih baik dan mendekati stock Android pada berbagai elemennya. Baterai 4.500 mAh di dalamnya sudah mendukung 18W fast charging, sayangnya port yang digunakan masih micro-USB.

Smartphone ini mulai tersedia 29 Juli mendatang di China, dengan banderol harga CNY1,798 atau sekitar Rp3,7 jutaan. Sesuai dugaan, vivo Y51s hadir lebih murah dari seri Y70s, yang dijual mulai Rp4,1 jutaan.

Di Indonesia sendiri, masa pre-order vivo X50 Pro batch pertama telah berakhir sold out, dan vivo sudah membuka bacth berikutnya sejak 25 Juli kemarin hingga 5 Agustus 2020. Sementara varian yang lebih sederhana, vivo X50 sudah tersedia secara langsung. Bisa dibeli di vivo official store di e-commerce maupun toko luring di seluruh Indonesia.


Beli smartphone vivo di:

Lazada Blibli JD.ID Shopee Eraspace