Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Pendapatan Q1 2019 Huawei Melonjak 39% dari Tahun Sebelumnya

0 38

Huawei baru saja mengeluarkan laporan kinerja selama kuartal pertama tahun 2019 (Q1 2019). Pada laporan kinerja Huawei Q1 2019 tercatat pendapatan sebesar CNY179,7 miliar atau sekitar Rp377 triliun. Pendapatan tersebut meningkat 39% dari periode yang sama tahun sebelumnya.

Peningkatan juga terjadi pada laba bersih, yaitu sebesar 8%. Angka-angka pada data keuangan yang telah dirilis Huawei belum diaudit, tetapi sudah memenuhi kelayakan standar laporan keuangan internasional. Nilai tukar yang dicatat pada akhir Maret 2019 adalah US$1=CNY6,7112

Kinerja Huawei Q1 2019

Kinerja bisnis yang solid di kuartal pertama 2019 tersebut berkat fokus Huawei dalam mengembangkan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Fokus Huawei dalam pengembangan perangkat keras tentu saja turut menjadi andil kinerja tersebut.

Prediksinya selama tahun 2019, teknologi 5G akan digelar besar-besaran di seluruh dunia. Tentu saja ini berpotensi untuk menggenjot pertumbuhan Grup Bisnis Carrier Huawei secara luar biasa. Sampai akhir Maret 2019 saja sudah 40 kontrak komersial untuk 5G yang ditandatangani Huawei bersama perusahaan-perusahaan terkemuka dunia. Huawei pun telah berhasil menjual 70 ribu BTS 5G ke pasar global.

Grup Bisnis Enterprise Huawei telah meluncurkan Digital Platform canggih dan mngumumkan strategi baru “Huawei Inside” pada kuartal pertama tahun ini. Langkah tersebut merupakan penegasan atas komitmen Huawei untuk membangun fondasi dalam mewujudkan negara Tiongkok yang digital dan menghadirkan digital platform. Hal tersebut sebagai inti untuk membangun dunia yang semakin digital sambil memeratakan konektivitas di seluruh dunia serta teknologi kecerdasan. Dengan demikian dapat diterapkan di segala lini kehidupan.

Kompetisi teknologi Huawei

Teknologi 5G juga berhasil diterapkan pada Wi-Fi 6 acces point pertama kali oleh Grup Bisnis Enterprise Huawei. Perusahaan tersebut telah tercatat sebagai penjual produk-produk Wi-Fi 6 terbanyak di seluruh dunia pada kuartal pertama tahun 2019. Bisnis konsumer Huawei pun semakin gencar dalam menyajikan nilai-nilai baru pada produk mereka yang inovatif. Sejumlah 59 juta smartphone telah dijual Huawei pada kuartal pertama tahun ini. Pada segmen bisnis lain, Huawei menyediakan smart home, PC dan wearables yang juga disambut positif karena inovasinya.

Strategi dan Inovasi Huawei

Huawei memiliki strategi untuk menghadirkan pengalaman cerdas kepada konsumen untuk seluruh skenario penggunaan. Produk-produk inovatif Huawei memberikan pengalaman luar biasa bagi konsumen di seluruh dunia.
Inovasi-inovasi terkini pun disajikan Huawei pada produk cloud mereka. Huawei Cloud mampu membangun hybrid cloud terbaik dengan solusi-sokusi berbasis AI full-stack bagi industri-industri cerdas. Selain itu juga mendorong penerapan teknologi AI yang inklusif. Huawei Cloud sudah digunakan lebih dari satu juta pengguna dan pengembang kelas enterprise. Layanan ini telah diluncurkan di Singapura pada kuartal pertama tahun ini.

Model AI dari layanan tersebut pun telah diluncurkan di pasar pada periode yang sama. Pada kompetisi Stanford DAWNBench deep learning, Huawei memperkenalkan ModelArts pertama kalinya untuk memenuhi kebutuhan image classification training dan inference. Ini adalah platform one-stop-shop untuk mengembangan AI Huawei Cloud.

(sumber: Reuters)