Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Dukung UMKM Kuliner, GoFood Gandeng KOMPAG Perluas Jaringan di 2021

1 219

Terus berupaya untuk berdayakan mitra usaha yang ikut berjualan di platform-nya, GoFood semakin meneguhkan komitmennya untuk menjadi mitra pertumbuhan terbaik. Beragam promosi pun tak henti-henti diadakan, yang menguntungkan baik mitra maupun para pelanggan atau konsumen aplikasi GoFood sendiri. Hadir sebagai solusi selama pandemi.

Salah satu upaya yang dilakukan GoFood untuk tingkatkan kemampuan mitranya, adalah melalui Komunitas Partner GoFood (KOMPAG). Sudah dibentuk sejak satu tahun yang lalu, komunitas tersebut telah menjadi wadah untuk mitra usaha meningkatkan kapasitasnya dengan belajar bersama, membangun jejaring dengan sesama mitra, dan berupaya agar UMKM naik kelas lewat berbagai program pengembangan usaha.

Dalam sebuah konferensi pers virtual yang diadakan Selasa (10/11), GoFood memaparkan fokusnya terhadap KOMPAG. Di mana pada tahun 2021 mendatang, bakal terus mendorong mitranya lewat dua fokus utama. Yaitu mendorong keragaman tema pelatihan untuk peningkatan keterampilan, dan perluas jaringan keanggotaan di lebih banyak kota di Indonesia.

Baca juga: Promo Hari Jadi GoFood Rayakan Ulang Tahun ke-10 Gojek

Fokus Utama KOMPAG Dukung Mitra Bertahan Selama Pandemi

Komunitas Partner GoFood (KOMPAG)

Felicia Wijaya, Head of GoFood Merchant Marketing mengatakan bila salah satu tujuan utamanya di masa pandemi adalah mendukung mitra usaha bertahan dan kembangkan bisnis sebaik-baiknya. Tentunya dengan menggunakan inovasi teknologi di ekosistem Gojek.

Dimulai dari grup Facebook, KOMPAG telah miliki lebih dari 67 ribu anggota mitra usaha, tersebar di 69 kota di Indonesia. Lebih dari 100 tema pelatihan telah diberikan lewat sesi pelatihan reguler, Ngobrol Pintar bareng GoFood (NGOPI) Live melalui Facebook, dan kegiatan temu KOMPAG.

Selama pandemi, judul pelatihan KOMPAG juga disesuaikan agar dapat menjawab kebutuhan para mitra UMKM. Sesi pelatihan kini dilakukan secara daring, rata-rata diikuti 2,000 orang per sesi, naik 20 kali lipat dari jumlah anggota yang hadir ke pertemuan fisik.

Dengan semangat gotong royong, KOMPAG juga fasilitasi terbentuknya komunitas tingkat kota, seperti di Bandung, Depok dan Semarang yang aktif galang dana bantuan sosial. Hal tersebut membuktikan bahwa hubungan antar anggota tak hanya sekadar profesional saja, namun saling bantu ke masyarakat yang terdampak pandemi.

Dan sebagai bentuk apresiasi, GoFood telah berikan total hadiah Rp60 juta kepada 16 mitra usaha dan 1 kota dengan kelompok KOMPAG terbaik. Mereka yang terpilih telah mampu terapkan inovasi untuk beradaptasi dan tumbuh, sekaligus menjadi inspirasi kelompok lainnya akan solidaritas yang tinggi.

Dodi Sandra, Mitra Juara Gojek Bagikan Kiat Sukses

Dodi Sandra, KOMPAG

Pada kesempatan yang sama, turut hadir Dodi Sandra, salah satu mitra usaha GoFood yang berdomisili di Bandung. Pemilik Pempek Pistel Kiarin ini berhasil merintis usaha kuliner, mengembangkannya menjadi 3 outlet dalam waktu singkat.

Sebelumnya, Dodi rutin mengikuti pelatihan dan diskusi di KOMPAG, membuatnya mendapat banyak dukungan ilmu dan jejaring untuk berkembang. Kini ia merambah jenis kuliner lainnya, seperti Ayam Black Sweet dan Cireng Isi Mercon.

Bagi Dodi, ilmu yang terpenting yang ia dapat adalah strategi promosi. “Sekarang nggak perlu khawatir resto kita kalah saing, karena GoFood punya banyak program promosi yang bisa kita ikuti, dan hal ini memberi kesempatan baik untuk para UMKM.”

Sementara menurutnya, kunci utama dalam merintis sebuah usaha, selain jeli melihat peluang, adalah nama resto yang dipakai. Harus sesuai dengan menu utama yang disediakan, tak hanya sekadar unik. Ilmu tersebut hanya ia dapatkan dari KOMPAG.