Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Konsol Xbox X/S Gaib di Pasaran, Bos Gaming Microsoft Minta Maaf

1 353

Bukan hanya smartphone laris aja yang bisa gaib, konsol gaming pun demikian. Phil Spencer, Wakil Presiden Eksekutif Gaming di Microsoft sekaligus yang mengepalai Xbox akhirnya buka suara. Ia menyampaikan permintaan maaf soal sulitnya mendapatkan produk konsol Xbox X/S di pasaran.

Meski konsol next-gen dari Microsoft baru saja rilis pada 10 November lalu, namun kini justru seakan sudah raib di pasaran. Memang sih dari mulai masa pre-order sampai hari peluncurannya, keberadaan Xbox X/S dapat dikatakan sangat terbatas.

“Kami membutuhkan lebih banyak konsol,” ujar Spencer saat tampil di GlitchCon, dikutip dari Gamespot.com. “Permintaan yang saya dapatkan terus menerus ialah sulitnya mendapatkan konsol untuk saat ini. Dan saya benar-benar meminta maaf untuk hal itu. Kami telah membangunnya (menyiapkan stok konsol ,-Red.) selama hampir dua bulan sampai saat ini dan berusaha memasukannya ke toko sebanyak kami bisa, tapi permintaannya memang sangat tinggi.”

Sepertinya pandemi Covid-19 di seluruh dunia menjadi salah satu sebab sulitnya menyediakan stok produk yang sesuai dengan permintaan pasar. Berbanding terbalik dengan kondisi orang-orang yang berdiam di rumah, sehingga butuh hiburan, dan jadi sebab tingginya permintaan terhadap media hiburan seperti konsol Xbox.

Meski begitu, Spencer tetap mengungkapkan rasa bangganya terhadap seluruh tim dan semua komponen yang terlibat dalam perilisan konsol dan game baru selama masa liburan akhir 2020.

Baca juga: The Nioh Collection untuk PS5 Siap Buka Pre-Order 20 November

Xbox X/S menjadi Rilisan Terbesar dalam Sejarah

Xbox X/S
Sumber: News.xbox.com

Liz Harmen, CVP Xbox pernah mengungkapkan minggu lalu (13/11) bahwa pihak Xbox tahu tidak semua orang berkesempatan menikmati Xbox X/S di awal perilisan. Pihak Xbox pun sudah bekerja tak kenal lelah bersama dengan partner di seluruh dunia untuk membawa konsol terbaru itu ke ruang-ruang keluarga secepat mungkin. Meski pada akhirnya kini, kita semua akhirnya mengetahui bahwa memenuhi permintaan tinggi bukanlah hal mudah.

Xbox X/S sendiri mencatatkan angka penjualan fantastis mencapai 1,4 juta unit di seluruh dunia. Amerika Serikat masih menjadi pasar terbesar kemudian disusul Eropa. Dan itu menjadikan rilisan konsol ini sebagai yang terbesar dari sejarah seri Xbox. Dirilis secara global di 40 negara yang sedang dilanda pandemi, memang menghadirkan kejutan tersendiri.

Menariknya, di antara dua model konsol yang beredar di pasaran, konsumen lebih memilih Xbox seri X daripada seri S. Meski memiliki harga lebih murah, konsumen ternyata rela berinvestasi pada seri konsol yang lebih powerful. Padahal Xbox juga menjajakan konsep Game Pass kepada para konsumen untuk dapat menikmati game streaming sehingga tidak perlu lagi membeli rilisan game fisik. Tapi tampaknya memang sensasi menjalankan game fisik belum mudah digeser begitu saja.

Di tengah sulitnya mendapatkan Xbox X/S di pasaran resmi tersebut, Indonesia masih belum juga mendapat kepastian apakah Microsoft akan membawa konsol ini ke tanah air lewat jalur resmi. Padahal bila melihat keberhasilan Sony yang tetap langgeng menjual produk resmi Playstation dan jajaran gamenya di sini, Microsoft tentu paham betapa besarnya potensi gamer tanah air.

Apakah kamu termasuk orang yang berharap Xbox akan rilis lewat jalur resmi di Indonesia?