Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Langkah Startup dan Pemerintah Korsel Dorong Inovasi Saat Pandemi

0 96

Korea Selatan adalah salah satu negara yang bergerak cepat menghadapi pandemi Covid-19 melalui sejumlah langkah strategis. Meski sampai sekarang belum juga reda, mereka berupaya untuk menghasilkan berbagai solusi.

Salah satunya dilakukan oleh Kementerian Perekonomian dan Keuangan Korea Selatan yang bakal menggelar Digital Economy Forum 2020 pada 11 September 2020 mendatang. Melalui acara yang digagas bersama Forum Startup Korea tersebut, pemerintah Korsel berharap bisa mendorong inovasi pasca-pandemi.

Menandai edisi ke-3 tahun ini, Digital Economy Forum 2020 akan membahas tentang perubahan yang mungkin terjadi dan percepatan inovasi di tengah pandemi Covid-19. Hal tersebut secara khusus dibahas dalam diskusi bertajuk  “Post-Corona Digital Economy – Accelerating Digital Transformation for Genuine Innovation”.

“Pemerintah Korea berencana untuk secara aktif merespons perubahan ekonomi dan sosial di era pasca-virus Corona melalui ‘Kesepakatan Baru Korea’ yang mencakup Digital New Deal. Saya berharap forum ini dapat menjadi kesempatan untuk berdialog secara mendalam dan memulai diskusi kebijakan tentang arah ekonomi digital ke depan setelah pandemi Covid-19,” kata Wakil Perdana Menteri dan Menteri Ekonomi dan Keuangan Korea Selatan, Hong Nam-Ki, dalam siaran pers yang diterima Gizmologi (7/9).

Baca juga: Gojek, Halodoc, dan East Ventures Ungkap Strategi Startup Bertahan di Masa Pandemi

Digital Economy Forum 2020

Digital Economy Forum 2020
Suasana DEF 2019

Digital Economy Forum 2020 akan diisi beberapa sesi, termasuk Keynote Speech, diskusi panel. Juga ada presentasi studi kasus para startup inovatif mengenai Kebijakan Transformasi Digital, Media dan Hiburan, Kerja dan Pekerjaan, serta layanan kesehatan. Kementerian sengaja membahas tema tersebut karena banyak menjadi perhatian saat ini dan juga perubahan cepat usai era virus Corona. Lebih dari 20 pemimpin opini dan ahli global akan menjadi pembicara dalam forum tersebut. Latar belakang para pembicaranya pun beragam, dari startup, pemerintah, dan akademisi yang mempelopori ekonomi digital.

Pembicara utama pertama adalah Peter Diamandis, seorang inovator dan pengusaha, yang mendirikan XPrize Foundation dan Singularity University. Pembicara utama lainnya adalah Andrew Wyckoff, Direktur Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Inovasi di Organisasi Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD). Ia akan membahas tentang solusi dan strategi terkait ekonomi digital di era transformasi digital dan economi nir-kontak.

Menurut Seunggun Lee, Ketua Forum Startup Korea, calam situasi di mana lingkungan ekonomi global berubah secara liar dengan cara yang belum pernah terjadi sebelumnya karena pandemi Covid-19, sekarang adalah waktunya bagi para ahli ekonomi digital dengan berbagai perspektif untuk menggabungkan kebijaksanaan kolektif.

“Forum ini akan menjadi panggung di mana kita dapat meninjau perubahan dalam kehidupan dan industri di era transformasi digital, dan menemukan wawasan yang dapat mempercepat inovasi,” pungkas Seunggun.