Kuota Kemendikbud Oktober 2021 Cair, Begini Cara Cek di Telkomsel, XL, Indosat dan Smartfren

Jakarta, Gizmologi – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan dan Riset Teknologi (Kemendibudristek) kembali mencairkan paket kuota internet gratis di bulan ini. Kuota Kemendikbud Oktober 2021 ini untuk mendukung proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau belajar online.

Adapun bantuan Kuota Kemendikbud Oktober 2021 ini merupakan kelanjutan dari tahun sebelumnya, bagi para siswa, mahasiswa, guru, dan dosen di seluruh Indonesia. Penyaluran Kuota Kemendikbud Oktober 2021 berlangsung tanggal 11-15.

Hal itu tertuang dalam Peraturan Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 14 Tahun 2021 tentang Perubahan atas Peraturan Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2021 tentang Petunjuk Teknis Penyaluran Bantuan Pemerintah Paket Kuota Data Internet Tahun 2021.

Baca Juga: Kemendikbud Salurkan Kuota Internet, Tak Boleh Dipakai Buat Game dan Medsos

Jumlah Kuota Kemendikbud Oktober 2021

 

Kuota Kemendikbud

Sebagai informasi, bantuan Kuota Kemendikbud Oktober 2021 merupakan kuota umum yang dapat digunakan untuk mengakses seluruh laman dan aplikasi. Berikut rincian kuota internet Kemendikbud Ristek berdasarkan jenjang pendidikan:

1. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD): 7 GB/bulan
2. Pendidikan dasar dan menengah: 10 GB/bulan
3. Mahasiswa dan Dosen: 15 GB/bulan
4. Pendidik: 12 GB/bulan

Perlu diingat, bantuan paket kuota data internet tidak dapat digunakan untuk mengakses situs yang diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika situs dan aplikasi lain yang tercantum pada https://kuota-belajar.kemdikbud.go.id.

Para pelajar yang memperoleh bantuan Kuota Kemendikbud Oktober 2021 tidak bisa menggunakannya untuk bermain media sosial, game, dan aplikasi video. Beberapa di antaranya untuk media sosial adalah Instagram, Periscope, Snackvideo, Facebook, Snapchat, Tinder, Tumblr, Twitter, Vive, Vkontakte, dan YY.

Kemudian game yang diblokir dari program bantuan ini adalah 8 Ball Pool, Candy Crush, Clash of Clans, Clash of Kings, Clash Royale, Crisis Action, Fifa Mobile Football, Garena, Garena AOV, Garena Free Fire, Growtopia, Lineage Revolution, Lords Mobile : Battle of the Empires, Mobile Legends, PUBG, Roblox, dan Steam.

Sedangkan untuk aplikasi video on demand, yang tidak bisa diakses adalah Dailymotion, JWPlayer, Likee, Netflix
QQVideo, Tiktok, TVUNetworks, Viu. Untungnya, YouTube masih bisa diakses.

Cara Mengecek Kuota Kemendikbud Oktober 2021

Bantuan Kuota Internet Kemendikbud Telkomsel

1. Telkomsel
Bagi pengguna kartu Telkomsel, kamu bisa akses melalui UMB dengan tekan *888# > pilih “Cek Pulsa & Kuota” > pilih “Cek Kuota”. Informasi sisa kuota akan dikirim via SMS. Sedangkan jika melalui aplikasi myTelkomsel, akses pada Beranda > internet

2. Indosat Ooredoo
Buat kamu pengguna IM3 Ooredoo, silakan cek melalui UMB dengan tekan *123*075# > Status & Cek Kuota. Informasi sisa kuota akan dikirim via SMS. Bisa juga mengaksesnya melalui aplikasi myIM3 > beranda > data

3. Tri
Tekan *123*10*3#, lalu informasi kuota akan dikirim via SMS. SMS: ketik “INFO KUOTA” kirim ke 234
Aplikasi Bima+, informasi akan muncul di beranda

4. XL Axiata & Axis
Tekan *123*7*1# > “Cek Kuota” Informasi akan dikirim via SMS Aplikasi myXL (XL) Aplikasi AxisNet (Axis)

5. Smartfren
Tekan *995#, lalu informasi akan dikirim via SMS. SMS dengan format “Cek”, kirim ke 995

Tinggalkan komen