alexa

Ini 10 Manfaat Main Game Mobile Legends: Bang Bang!

Tak diragukan lagi, Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) adalah game Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) nomor satu di dunia. Menurut laporan Business World November 2020, Game besutan Moonton ini telah diunduh lebih dari 1 miliar dan dimainkan 100 juta pengguna aktif bulanan.

Pertumbuhannya sangat pesat terutama di Timur Tengah, India dan Asia Tenggara, termasuk Indonesia tentu saja. Secara keseluruhan, Mobile Legends: Bang Bang tersedia di 135 negara/wilayah, tersedia dalam 25 bahasa, dan beroperasi melalui lebih dari 700 server untuk memastikan game berfungsi dengan baik.

Nah, jika kamu suka banget dengan game Mobile Legends tapi sering dapat nyinyiran keluarga dan orang-orang di sekitar? Coba tunjukkan saja kepada mereka tulisan ini. Soalnya, di balik game yang sedang naik daun ini, tersimpan manfaat bagi yang memainkannya.

Mau tahu apa saja manfaat main game Mobile Legends bagi yang menggemarinya? Simak selengkapnya kelebihan atau manfaat bermain Mobile Legends berikut ini.

fanny

1. Membuat Pemainnya Mengasah Otak

Jangan kaget jika main game Mobile Legends itu sangat mengasah otak. Sebab kamu tahu sendiri, Mobile Legends adalah salah satu contoh dari jenis game Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) yang semua pemainnya dituntut untuk memutar otak dalam membuat strategi. Baik untuk menyerang atau pun mempertahankan diri dari musuh supaya menang.

Selain strategi, kamu juga akan ‘dipaksa’ untuk belajar mengerti bahasa asing, misalnya Bahasa Inggris. Baik itu settingan game atau pun istilah-istilah dalam game-nya, kebanyakan menggunakan bahasa asing.

2. Jadi Betah di Rumah Saja

Sebelum pandemi, banyak dari kamu yang memilih ke luar rumah di saat senggang. Nah sekarang ini kita semua dituntut untuk di rumah terus. Segala macam kebutuhan, sebisa mungkin dipenuhi dengan cara online.

Bermain game Mobile Legends bisa jadi salah satu cara kamu untuk betah dan tidak jenuh di rumah terus dan tak terpikir untuk jalan-jalan ke luar. Secara tidak langsung, ini juga jadi cara kamu untuk menghindari penularan virus corona penyebab Covid-19 dengan main game di rumah.

Mobile Legends Bang Bang

3. Melatih Kesabaran

Tujuan yang harus dicapai di hampir semua game, termasuk Mobile Legends adalah mendapat kemenangan. Untuk bisa sampai menang, kamu tentu harus melewati berbagai macam tantangan. Kamu harus kalah, maju, mundur, kehilangan senjata, atau yang lainnya.

Jelas, hingga kemenangan bisa diraih, kamu harus banyak bersabar dibarengi menggunakan skill yang tepat dalam permainan. Tanpa sabar, misalnya dengan marah-marah, hanya akan membuat otak buntu. Jadinya rank kamu mungkin bisa turun terus menerus.

4. Melatih Kemampuan Berkomunikasi

Game Mobile Legends memang dilakukan secara online, sehingga bisa bikin pemainnya cenderung pasif. Tapi karena ini merupakan game multiplayer, di mana dalam sekali permainan dibutuhkan 5 player untuk melawan 5 player lainnya, maka pemainnya tetap saling berkomunikasi.

Ya, 5 player dalam 1 tim ini harus saling berkomunikasi dalam strateginya melawan musuh supaya menang.  Nah, hal ini tentu dapat melatih kemampuan berkomunikasi yang baik bukan?

5. Melatih Kerjasama dalam Tim Mobile Legends

mobile legends bang bangIni sih pasti. Tujuan game Mobile Legends kan supaya bisa menang. Semua player dalam satu tim harus saling kerja sama. Saling berkomunikasi dalam strategi yang sudah dibuat bersama. Jika tidak, permainan bisa kacau balau, kamu dan timmu bisa kalah.

6. Melatih Mental Saat Berkompetisi

Ini manfaat yang dirasakan para pemain yang gemar ikut berkompetisi. Ya, melatih mental. Di mana saat kalah berkompetisi, kamu akan belajar mengenai mental tahan baja yang tak gampang menyerah. Nah di saat menang, mentalmu dilatih untuk tidak sombong. Beda tipis ya dengan melatih kesabaran.

7. Ajang Mencari Teman untuk Bersosialisasi

Game Mobile Legends memang sering dilakukan dengan cara mabar bersama teman-teman di dunia nyata yang sudah kamu kenal. Tapi, ada kalanya kamu juga bermain bersama dengan player yang sama sekali tak dikenal di dunia nyata.

Karena kamu dan dia saling berkomunikasi, misalnya saat menentukan strategi tim, akhirnya kamu jadi dekat dan cocok. Bukan mustahil, kamu akhirnya ketemuan di dunia nyata, dan akhirnya menjadi sahabat.

8. Membuat Otak Berpikir Kritis

Selain mengasah otak, game Mobile Legends juga membuatmu belajar berpikir kritis. Misalnya saja saat ada serangan musuh, dan strategi yang kamu rencanakan bareng timmu gak berhasil, maka dalam waktu yang cepat otakmu akan membuat keputusan, supaya bisa bertahan dan tak kalah.

Jika hal ini dilakukan terus menerus, otakmu jadi terbiasa berpikir kritis. Pandai mengambil kesimpulan atau langkah tepat saat dalam keadaan terjepit.

Infinix Mobile Legends9. Mobile Legends Melatih Bertanggung Jawab

Ya, ini terkait dengan game Mobile Legends yang merupakan jenis game MOBA. Kamu dan semua anggota tim saling bekerja sama. Setiap anggota punya peran tertentu yang dibebankan kepada masing-masing.

Supaya bisa menang, kamu tentu harus bertanggung jawab dengan peran yang kamu pegang. Jika tidak, kamu bisa merepotkan anggota lain yang lain. Dan mungkin, kamu bisa jadi pemicu kekalahan.

10. Melatih Reflek Motorik

Ini jelas ya, bermain Mobile Legends akan membuat tanganmu terampil dalam bergerak. Sebab kamu harus menggerakkan tangan secara cepat supaya bisa melawan musuh, menyerang, atau bahkan mundur. Jika tidak, kamu bisa kalah.

Itu dia 10 manfaat yang bisa kamu dapatkan dalam bermain Mobile Legends. Tapi tentu, meskipun banyak manfaatnya, kamu harus bisa mengatur waktu antara bermain game dengan aktivitas sehari-hari.

Tak baik juga jika main terus menerus tak kenal waktu. Sampai lupa belajar, bekerja, bahkan makan atau tidur. Nah, untuk kamu yang perlu top up ml, bisa langsung aja beli di Blibli. Praktis, cepat dan tak perlu keluar rumah. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan komen