Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

RedDoorz Terjun ke Bisnis Kos-kosan di Indonesia

2 230

Bisnis indekos di Indonesia makin menggiurkan. Bukan hanya juragan yang memiliki tanah strategis untuk dibuatkan kos-kosan, bahkan perusahaan besar hingga startup pun meliriknya. Setelah sebelumnya ada RoomMe dan Oyo, kini RedDoorz pun tertarik merambah bisnis ini. Platform manajemen dan pemesanan hotel online tersebut meluncurkan KoolKost.

Sebagaimana yang ditawarkan RoomMe dan Oyo, KoolKost adalah sebuah layanan tempat tinggal atau kos yang terjangkau dan terkelola secara keseluruhan, di mana pelanggan menyewa kamar dengan skema penyewaan yang fleksibel. Hingga kini, KoolKost telah mengoperasikan lebih dari 100 jaringan properti kos di 14 kota di seluruh Indonesia.

Menurut Adil Mubarak, Vice President of Operations RedDoorz, beberapa tahun belakangan ini, peningkatan urbanisasi terjadi seiring dengan peningkatan harga rumah. Fenomena ini menyebabkan peningkatan permintaan terhadap hunian kos di Indonesia khususnya di kalangan milenial dan Gen Z yang tinggal di kota-kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Surabaya, dan Yogyakarta.

“Ini alasan kami dengan meluncurkan KoolKost, dengan lebih dari 100 properti yang tersebar di 14 kota di Indonesia. RedDoorz memanfaatkan pengalaman dalam bidang perhotelannya untuk memberikan pengalaman bertempat tinggal yang berkelas bagi pengguna kami. Dengan menggunakan solusi teknologi terdepan, kami ingin menyediakan alternatif tempat tinggal dengan kualitas tinggi, fleksibel, dan terjangkau yang dapat digunakan semua orang,” ujar Adil, saat meluncurkan RedDoorz di Jakarta (23/01).

Layanan Indekos KoolKost

KoolKostKoolKost yang dipersembahkan RedDoorz, hadir untuk mengatasi kesenjangan antara permintaan dan ketersediaan terhadap tempat tinggal sewa jangka panjang. Layanan kos-kosan ini disebut menyediakan tempat hunian bersama yang fleksibel dan berkualitas.

Layanan KoolKost berfokus pada pengalaman, kemudahan, dan kenyamanan tinggal untuk pekerja dan mahasiswa di kota-kota besar di Indonesia. Hunian ini dipilih dengan teliti berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Dengan menggunakan RedEagle, alat pendeteksi dan pengakuisisi properti, perusahaan dapat mengidentifikasi properti yang tepat untuk KoolKost, sesuai dengan parameter pencarian yang spesifik.

Pelanggan tidak perlu membayar deposit yang besar, serta tidak perlu memikirkan kerumitan seperti kesepakatan kontrak, atau tekanan akan kondisi tempat tinggal yang tidak terprediksi. Layanan baru yang dioperasikan RedDoorz ini menyediakan layanan pelanggan 24 jam, WiFi berkecepatan tinggi, jasa pembersihan kamar, dan air isi ulang.

Semua kamar KoolKost dilengkapi dengan kamar mandi dalam, serta perabotan dan perlengkapan  berkualitas tinggi termasuk tempat tidur premium dengan matras yang nyaman, bersih, dan lemari pakaian dengan tempat penyimpanan yang cukup luas.

Peningkatan Jumlah Hunian bagi Pemilik Kos

KoolKost diklaim dapat meningkatkan jumlah hunian kos bagi para mitra dan pemilik properti kos dengan memanfaatkan pengalaman manajemen perhotelan, kehadiran brand yang sudah dikenal, jangkauan, dan solusi teknologi RedPartners.

Hanya dengan satu platform, pemilik properti dapat mengatur inventaris, melacak dan menggabungkan pesanan, mengelola dari awal sampai akhir, dan memberikan pengalaman tinggal jangka panjang yang baik untuk tamunya. Hal ini membawa mereka pada peningkatan keuntungan.

Melalui RedPartners, pemilik properti kos yang mengikuti program uji coba KoolKost melihat lonjakan hunian ruangan yang signifikan, dengan rata-rata kenaikan mencapai lebih dari 30%. Selain itu, RedDoorz juga kerap mengadakan berbagai pelatihan dan workshop yang berkualitas untuk membantu karyawan mitra properti meningkatkan dan memperbaiki kemampuan mereka, untuk menjamin kualitas kenyamanan penghuni.

RedDoorz sendiri telah melakukan uji coba terhadap KoolKost sejak 2019. Setelah sukses dengan program uji coba tersebut, KoolKost meluncurkan lebih dari 100 properti yang tersebar di 14 kota besar di Indonesia.  Layanan ini sudah dapat dipesan pada situs resmi dan aplikasi RedDoorz. Sementara situs resmi atas nama KoolKost sendiri baru tersedia pada Maret 2020 mendantang.