alexa

10 Game Android Paling Diantisipasi Tahun 2021

Tahun  2021 sudah memasuki bulan kelima, namun dunia gaming masih diliputi antusiasme menyambut rilisnya judul game baru terutama game Android. Judul yang kebanyakan tidak asing, karena berangkat dari platform lain, seperti Playstation, Xbox, maupun PC. Sekaligus memperlihatkan bahwa industri ini di masa depan mengarah pada pemanfaatan perangkat mobile seperti smartphone maupun tablet PC.

Mobile gaming, khususnya game android, memang semakin mendapat tempat dalam industri. Banyak perusahaan besar membentuk tim dan studio khusus. Seperti Microsoft yang menggandeng Tencent dalam menyusun visi gaming masa mendatang. Atau Sega dengan rilisan seri Sonic di Play Store. Serta banyak contoh lain yang panjang jika disebutkan satu per satu.

Kembali soal antusiasme rilisan judul game baru, terutama untuk android. Kali ini kami coba menuliskan daftar 10 Game Android Paling Diantisipasi Tahun 2021. Daftar pilihan yang kami buat mengacu pada judul game itu sendiri, studio pembuat, serta potensi booming di pasaran. Dan meski sudah jelang tengah tahun begini, sebagian besar judul dalam daftar belum lagi memasuki masa rilis dan masih tahap beta.

So, check it out!

1 1. Doctor Who: The Lonely Assasins (Rilis Maret 2021)

1. Doctor Who: The Lonely Assasins (Rilis Maret 2021)

Sebagai sebuah game berbayar, tidak semua orang cocok memainkannya. Jadi pikirkan dahulu sebelum membeli game seharga Rp 80.000 ini, yang rilis pada Maret 2021 lalu. Tapi jika memang penasaran dengan karakter Doctor Who, yang banyak diangkat dalam kisah televisi di Inggris, tak ada salahnya mencoba.

Doctor Who: The Lonely Assasins memuat gameplay petualangan naratif berpadu puzzle misteri. Gamer akan banyak membaca dan mendengarkan testimoni dari orang-orang yang terkait kasus dalam permainan. Klimaks cerita dibangun jika gamer konsisten memerhatikan setiap clue dari tiap orang. Gameplay semacam ini bisa sangat menjemukan bagi mereka yang tak suka permainan bertele-tele atau bahkan pencari aksi.

2 2. Project Cars Go (Rilis Maret 2021)

2. Project Cars Go (Rilis Maret 2021)

Apa yang membuat Project Cars masuk dalam salah satu judul paling diantisipasi tentu saja karena kekuatan judulnya. Game ini berangkat dari permainan konsol sukses berjudul sama (minus kata Go) dan berasal dari pengembang yang sama, Slightly Mad Studio. Rilis pada Maret 2021, game android ini disambut antusias karena dilepas gratis di Play Store.

Sebagai sebuah game Android genre balap, Project Cars Go justru tampil berbeda dan melepaskan elemen balap itu sendiri. Gamer hanya perlu memencet satu tombol untuk berpacu di lintasan. Hal tersebut membuatnya memiliki keunikan tersendiri. Kami pun sempat membuat review Project Cars Go untuk kamu.

3 3. Castlevania: Moonlight Rapshody (TBA)

3. Castlevania: Moonlight Rapshody (TBA)

Jika belum tahu Castlevania, ada kemungkinan kamu masih di bawah umur. Game ini merupakan game klasik yang sudah malang melintang dalam industri sejak tahun 80-an. Dengan deretan seri yang membentang dari tiap generasi konsol. Terakhir seri Castlevania:  Symphony Of The Night dari Playstation, dirilis ulang dalam bentuk mobile di Play Store seharga Rp 49.000.

Castlevania: Moonlight Rapshody akan berbeda dari pendahulunya di Android itu. Meski memilik konsep petulangan platformer, namun Konami hanya memberi lisensi pada Shengqu Game asal Tiongkok sebagai pengembang. Untuk seri satu ini belum mendapat tanggal rilis pasti. Ada juga kemungkinan akan rilis di Tiongkok terlebih dulu sebelum perilisan globalnya.

4 4. Crash Bandicoot: On The Run (Rilis April 2021)

4. Crash Bandicoot: On The Run (Rilis April 2021)

Ada banyak permainan bergenre endless run di Android. Sebagian menarik, sisanya hanya seperti pelengkap saja. Bagaimana dengan Crash Bandicoot: On The Run? Ya, permainan yang dikembangkan developer King ini memiliki konsep seperti Temple Run. Bedanya Crash hadir sebagai karakter dengan branding kuat di industri game.

Sebagai pengembang di bawah lisensi Activision, King tetap mempertahankan elemen-elemen dalam game Crash Bandicoot versi konsol. Seperti item, lokasi serta lawan dalam N.Sane Trilogy dapat ditemukan dalam permainan ini. Dan itu jadi modal kuat untuk menggaet banyak pemain yang telah mengenal dunia Crash Bandicoot. Tinggal strategi pengaturan monetisasi yang perlu diperhatikan agar tidak terlalu menguras kantong. Apalagi asalnya ini dirilis gratisan.

5 5. Game Android Diablo Immortal (TBA)

5. Game Android Diablo Immortal (TBA)

Blizzard terus melebarkan potensi bisnis mereka ke ranah mobile. Salah satunya melalui franchise yang akan segera rilis Diablo Immortal. Saat ini Blizzard sudah membuka registrasi game di halaman Play Store (sebagian orang diberi peluang memainkan close test alpha). Sehingga data Diablo Immortal akan otomatis ter-install saat game rilis. Masalahnya belum ada kepastian tentang tanggal rilis itu sendiri.

Diablo Immortal akan menjadi game free-to-play dan menjadi bagian dari Diablo series yang khusus didesain untuk perangkat mobile. Seri ini mengambil waktu di antara Diablo II dan Diablo III. Game ini sengaja dibuat lebih sederhana dari versi konsol, dengan ragam pilihan karakter dan skill yang dipermudah. Cocok bagi gamer yang belum pernah memainkan seri ini sebelumnya.

6 6. Total War Battles: Warhammer (Rilis Mei 2021)

6. Total War Battles: Warhammer (Rilis Mei 2021)

Jika kamu mencari seri Total War Battles di Play Store, akan didapati KINGDOM-Medieval Strategy di sana. Kehadiran seri Warhammer kurang lebih akan memiliki konsep permainan sama dengan game tersebut. Apalagi keduanya memang berada di bawah satu bendara Sega sebagai Publisher dan Creative Assembly selaku developer.

Total War Battles: Warhammer menampilkan seluruh karakter dari dunia Warhammer berupa monster dan titan. Mengusung konsep real-time-strategy, gamer akan melakukan grinding terlebih dulu untuk menyusun kekuatan sebelum menyerang musuhnya. Jika tertarik dengan konsep tersebut, kamu dapat mengunduh game ini secara gratis di Play Store.

7 7. Final Fantasy VII The First Soldier (Rilis Juni 2021)

7. Final Fantasy VII The First Soldier (Rilis Juni 2021)

Game android ini bisa dibilang jadi urutan paling atas sebagai judul paling dinantikan tahun 2021. Menyusul banyak seri lain dari Square Enix yang telah ada lebih dulu di Play Store. Menariknya game yang tengah memasuki masa pre-register ini akan dirilis gratis. Sehingga jika kamu hendak mencoba-coba pun bisa melakukannya segera. Dan tak perlu riskan menghapusnya jika tidak cocok.

Final Fantasy VII The First Soldier mengambil tempat yang sama seperti seri FF VII. Dan terdapat tiga kelas karakter yang dapat dimainkan, yakni Warrior, Monk, dan Sorcerer. Dalam konsep pertarungan battle-royale, gamer akan menghadapi monster dibawah bendera perusahaan Shinra.

8 8. Nier Reincarnation (TBA-November 2021)

8. Nier Reincarnation (TBA-November 2021)

Satu lagi game di bawah bendera Square Enix akan rilis dalam format mobile. Sebelumnya judul Nier sendiri sudah memiliki nama besar dalam bisnis gaming konsol Playstation. Keputusan membawanya ke ranah mobile menjadi bagian dari strategi bisnis Square Enix yang melihatnya sebagai masa depan potensial. Neir Reincarnation akan membuka kesempatan testing close beta pada 25 Mei – 1 Juni 2021.

Nier Reincarnation menceritakan kisah seorang gadis yang terbangun di tempat bernama The Cage. Dibimbing oleh sosok misterius yang dipanggil Mama, gadis tersebut memulai perjalanan dan petualangan yang baru. Game ini kemungkinan besar akan memasukan unsur gacha dalam permainan bergenre Role-Playing.

9 9. Biphase (Rilis Maret 2021)

9. Biphase (Rilis Maret 2021)

Satu lagi game dengan segmentasi sempit, dihadirkan oleh Seasun Game, berjudul Biphase. Menilik genrenya, ini merupakan gamer berbasis puzzle. Namun mengacu pada kategorinya, Seasun menjadikannya sebagai game horror dengan rating umur 12+ sehingga aman dimainkan remaja. Menariknya, Biphase dikembangkan oleh pelajar di berbagai universitas, lho.

Biphase hadir dalam visual dua dimensi menyayat mata. Bagaimana tidak, hanya ada warna dominan hitam dan merah dalam permainan. Sementara sang tokoh diminta untuk terbebas dari rintangan, sambil berusaha menyelesaikan level demi level. Sisi “horror” game ini berasal dari tujuannya yang hendak membuat gamer dapat merasakan dan berempati terhadap pasien bipolar. Tertarik?

10 10. Darkfire Heroes (Rilis April 2021)

10. Darkfire Heroes (Rilis April 2021)

Rovio Entertainmet memperoleh pengakuan dan nama sebagai developer setelah sukses membawa Angry Birds sebagai fenomena dunia gaming mobile. Saking sohornya karakter si burung pemarah, layar bioskop pun tidak ketinggalan memuatnya filmnya. Tapi itu dulu, setelah Angry Bird kehabisan bensin, Rovio berinovasi menghadirkan konsep game baru berbasis RPG dalam Darkfire Heroes.

Darkfire Heroes tampil sebagai sebuah game RPG sederhana, dan penuh warna khas Rovio. Gamer dapat memilih 75 heroes berbeda dari 6 faksi berbeda untuk dimainkan. Berbasis konsep role-playing, gamer perlu meningkatkan skill, alat tempurm dan strategi jika hendak memenangkan permaina. Oya, ini game gratis, jadi tidak ada salahnya dicoba.

So, itu tadi judul game android paling diantisipasi tahun 2021 versi Gizmologi. Tentu saja kamu boleh setuju atau mungkin punya versi berbeda. Coba tuliskan game android apa yang paling kamu nantikan tahun ini?

Tinggalkan komen