alexa

Review Project Cars Go: Game Balap Satu Sentuhan!

Project Cars bukanlah judul baru dalam dunia gaming. Nama tersebut lebih dulu menghampiri perangkat konsol Playstation. Game tersebut relatif sukses diterima pasar, bahkan sempat memperoleh penghargaan sebagai game simulasi terbaik. Sampai akhirnya kini seri lebih minimalis meluncur untuk perangkat mobile dengan membawa nama Project Cars Go.

Game Project Cars Go masih dikembangkan oleh Slightly Mad Studio, pembuat untuk versi konsol. Studio yang juga masih berada di bawah naungan Codemaster, perusahaan yang dikenal sebagai pembuat game balap simulasi. Seperti Need For Speed, Shift, Fast & Furious, dan tentu saja tiga seri Project Cars. Dengan kecenderungan mengusung konsep simulasi dalam setiap game yang dibuat.

Baca juga: Review MSI GS66 Stealth: Laptop Gaming Elegan Bertenaga

Desain Interface & Visual

project cars go
Menu dan visual tersaji dengan cukup baik, meski butuh waktu untuk memahami detailnya.

Project Cars Go menampilkan desain interface sederhana, mudah dipahami melalui nama menu penyerta. Hanya saja icon pada setiap menu terasa terlalu bertumpuk sehingga agak sulit memahami konten ketika pertama kali dimainkan. Game ini juga menyediakan menu News berisikan update konten terbaru serta event yang dapat diikuti oleh gamer.

Tutorial permaian menyertakan sosok mekanik atau manajer, dibuat seolah bicara langsung dengan gamer. Dibarengi teks pentunjuk serta animasi visual untuk memudahkan gamer memahami permainan maupun event yang diselenggarakan di dalam game.

Sementara itu dari sisi visual maupun desain kendaraan dalam game. Pengalaman Slightly Mad Studio tertuang dalam versi mobile. Detail tiap mobil, mulai dari versi standar maupun versi racing, dituangkan dengan cukup apik. Keadaan lingkungan dan pencahayaan juga diperhatikan dengan baik sehingga masih bisa dinikmati sambil memacu mobil di kecepatan tinggi.

Gameplay  

project cars go
Gerbang penentu apakah balapanmu berhasil atau tidak.

Pertama kali melihat game bergenre racing seperti ini, tentu terbayang memainkan gas, rem, dan setir mobil saling balap dengan mobil lain. Sayangnya hal tersebut buyar dikala memainkan Project Cars Go. Sesuai tagline game ini “One-Touch Racing” maka tidak ada pula tombol-tombol fungsi itu, tidak pula membutuhkan sensor gesture/gerak dari smartphone kita.

One-touch racing artinya gamer hanya beberapa satu dua kali menyentuh layar dalam proses balapan. Aktivitas taping atau menyentuh layar itu pun akan mengikuti petunjuk gerbang yang ditemukan sepanjang lintasan balap.

Di Project Cars Go, mobil akan melewati gerbang sensor untuk akselerasi dan rem. Apabila gamer berhasil taping layar sesuai dengan momen ketika mobil melewati dua gerbang tersebut, maka mobil akan melaju lebih cepat. Sementara ketika hendak mengerem lebih presisi cukup menekan layar lebih lama. Saat balapan multiplayer, proses overtaking dilakukan secara otomatis tanpa perlu menggeser mobil secara manual.

Memang ada kepuasan tersendiri ketika kita berhasil melakukan taping secara presisi. Namun di sisi lain dan utama, game ini seperti kehilangan ruh dan konsep tentang sebuah game balap. Hal inilah yang membuat Project Cars Go mendapat kritikan pedas dari para gamer.

Monetisasi Game Cukup Fair

Project Cars GoPada sebuah game bertema balap, ada banyak mobil, lintasan, part untuk upgrade yang tersedia. Cara paling murah untuk mendapatkan itu semua lewat cara memainkan game secara berkala sehingga mendapatkan bonus serta item tambahan. Termasuk mendapatkan uang digital dan item diamond sebagai jual-beli. Bagusnya, game ini memberi kesempatan gamer untuk langsung melakukan pembelian mobil maupun upgrade mumpuni sejak awal permainan.

Monetisasi Project Cars Go pun cukup fair dan lebih menyasar pada sisi pembelian uang digital serta diamond saja. Tersedia pula opsi pembelian mobil pada tier level tinggi, dengan membayarkan sejumlah uang cash. Namun itu tidak dijual secara jor-joran dan masih menempatkan sisi kejutan melalui penawaran random box pack.

Harga transaksi item pun terhitung “murah”, tidak mencapai angka jutaan rupiah. Juga tidak ada iklan yang ditemukan pada sesi peralihan event dari balapan kembali ke menu. Hal itu memberi kenyamanan dalam memainkan game ini.

Kesimpulan

project cars goSecara umum, Project Cars Go tampil menarik dari desain visual, maupun kemudahan gameplay. Namun bagi penggemar game balap yang lebih proper, jelas game ini tidak layak masuk hitungan untuk diunduh walau gratis, apalagi dibeli item-itemnya.

Catatan:
Game Project Cars Go ini diuji coba menggunakan Realme 6 Pro

[rwp_box id=”0″]

Spesifikasi Project Cars Go (versi 1.4.0)

Publisher: Gamevil
Developer: Slightly Mad Studio
Platform: Android, iOS
Genre: Racing Arcade
Memori: 1 GB
Tinggalkan komen