alexa

Review MSI GS66 Stealth: Laptop Gaming Elegan Bertenaga

Berbicara mengenai laptop gaming, seolah tidak ada batasan yang jelas berapakah harga yang bisa dibilang “mahal” untuk jenis perangkat yang satu ini, karena memang rentangnya sangat lebar. Mulai dari Rp10 jutaan. Sampai lebih dari lima kalinya. Salah satunya seperti MSI GS66 Stealth yang bakal saya ulas kali ini.

Iya, Gizmo friends nggak salah baca. Harga laptop gaming MSI satu ini mencapai hampir Rp60 juta. Otomatis saat mengetahui harganya yang mahal, ekspektasi yang terbangun sangat tinggi, seolah-olah laptop dengan harga tersebut tak boleh memiliki sedikit kekurangan sekalipun. Dan memang benar, spesifikasi yang dibawa top-notch alias yang terbaik.

Penasaran dengan performa laptop gaming elegan yang satu ini secara keseluruhan? Berikut ulasan MSI GS66 Stealth 10UH 252-ID.

Desain

MSI GS66 Stealth

Bukan tanpa alasan bila laptop ini dinamakan MSI GS66 Stealth, karena kata terakhir memang benar-benar merepresentasikan desainnya secara keseluruhan. Menurut saya, ini adalah laptop gaming paling nyaman di pandangan mata. Terlihat sangat kalem dan elegan, premium tanpa berusaha terlihat mencolok.

Sasis bodinya terbuat dari bahan metal berwarna hitam pekat. Bahkan logo MSI yang ada di belakang layar pun dibuat berwarna hitam mengkilap gunakan teknik laser. Terasa sangat halus dan kokoh di tangan, sedikit mudah kotor namun mudah pula dibersihkan.

MSI GS66 Stealth

Tidak banyak lekukan-lekukan ekstrim layaknya beberapa seri laptop lain, dan dengan seluruh performa yang diusungnya, bobot serta ketebalannya tergolong baik. Ketebalannya kurang dari 2cm, sementara beratnya 2,1 kilogram saja. Hanya memang, kalau dilihat dari sisi samping, benar-benar lurus alias tak ada sudut yang dibuat lebih ramping. Kalau suka dengan desain yang lebih boxy atau mengkotak, tentu bakal terlihat lebih menarik.

Dengan bobot relatif ringan, membuatnya masih nyaman untuk dibawa ke mana-mana sebagai perangkat yang portabel. Desain yang minimalis juga membuat MSI GS66 Stealth cocok untuk banyak environment atau lingkungan kerja, dengan mudah ‘membaur’ bersama laptop bisnis di dalam ruangan kantor, misalnya. Menjadi keunggulan tersendiri.

Layar

MSI GS66 Stealth

Selain performa serta dukungan olah grafis tinggi, yang tak kalah penting dalam berikan pengalaman bermain gim terbaik adalah tampilan layarnya. Tentu saja, bagian ini tak dikesampingkan. SKU yang saya ulas memiliki layar 15,6 inci dengan resolusi full HD. Ada juga yang lebih tinggi di UHD, namun di resolusi full HD, justru lebih spesial karena kehadiran refresh rate 300Hz.

Kalau saja 144Hz di mata saya sudah terasa sangat halus, 300Hz berikan pengalaman yang jauh lebih baik lagi. Terutama kegiatan yang memerlukan scrolling, benar-benar memanjakan mata. Tentunya, dengan mengaktifkan fitur ini, layar jadi lebih boros daya—tersedia opsi untuk menurunkannya ke 60Hz bila diperlukan.

MSI GS66 Stealth

Panel yang digunakan oleh MSI GS66 Stealth adalah IPS Level, dengan cakupan warna hampir mencapai 100% sRGB, sehingga mungkin bukan yang terbaik bagi kamu yang cari laptop dengan tingkat akurasi warna paling tinggi. Kecerahan layarnya pun masih ada di rentang 250 – 300 nits. Sehingga menggunakan laptop ini memang baiknya di dalam ruangan saja.

Bezel bagian atas, kiri dan kanan sudah dibuat cukup tipis, padahal pada bagian atas terdapat webcam dan sensor tambahan untuk hadirkan fitur Windows Hello face recognition. Layarnya bisa dibuka dengan satu tangan hingga hampir 180 derajat. Permukaan matte anti-glare juga membuatnya tidak reflektif terhadap cahaya, sedikit membantu penggunaan luar ruangan atau dekat jendela luar di siang hari.

Port & Konektivitas

MSI GS66 Stealth

Karena dimensinya yang memang tidak setipis laptop ultra-thin, tentunya tidak sulit bagi MSI untuk berikan kelengkapan port pada laptop premiumnya satu ini. Selain lubang pembuangan angin, di sebelah kiri bodi MSI GS66 Stealth dapat ditemukan port pengisian daya, 1 USB-C 3.2 Gen 2 yang mendukung Thunderbolt 3 serta USB Power Delivery, HDMI (up to 4K 60Hz) serta 1 USB-A 3.2 Gen 2.

Sementara di sebelah kanan terdapat 2 port USB-A dengan spesifikasi sama, 1 USB-C 3.2 Gen 2, port RJ-45 serta audio combo jack. Ada yang terlewat? Kalau bukan kreator konten sih bakal tidak terasa. Namun sayangnya MSI tak menyematkan slot kartu SD atau pun microSD. Di bawah papan ketik, terdapat touchpad yang sangat lebar dan nyaman digunakan. Halus dengan rasa klik yang mantab.

Sektor konektivitasnya juga ikut diunggulkan. Sudah mendukung Bluetooth 5.2, antena WiFi-nya juga sudah standar 802.11 ax alias Wi-Fi 6E, berikan kemampuan penangkapan sinyal nirkabel terbaik.

Performa

MSI GS66 Stealth

Unit yang sedang diulas adalah varian MSI GS66 Stealth 10UH 252ID. Laptop ini ditenagai NVIDIA RTX3080 Laptop GPU dengan 16GB GDDR6, CPU Intel Comet Lake (10th-gen) i7-10870H+HM470, RAM 32GB (16×2) DDR4 3200MHz serta penyimpanan 2TB berjenis NVMe PCIe Gen3x4 SSD. Secara spesifikasi, sangat powerful, meski prosesornya tertinggal satu generasi karena memang laptop ini telah dirilis tahun lalu.

Simpelnya, laptop ini bisa jalankan apa pun yang Gizmo friends inginkan secara lancar—as expected atau sesuai ekspektasi, mengingat harganya yang memang premium. Gim-gim FPS maupun jenis lain dengan visual tinggi juga bisa dimainkan lewat setting grafis rata kanan, meski memang framerate belum bisa menyentuh maksimal yang didukung. Setidaknya rata-rata sudah 120fps, dari beberapa pengujian yang saya coba.

Kalau memang inginkan performa paling tinggi, kamu bisa mengaturnya lewat aplikasi MSI Dragon Center. Opsi “Extreme Performance” bisa diaktifkan dengan opsi overclock baik pada CPU maupun VRAM, berkat teknologi Resizable Bar. Plus maksimalkan perputaran kipas pendinginnya. Bila mengaktifkan fitur Cooler Boost—suara kipas MSI GS66 Stealth ini bakal berbunyi sangat kencang.

Namun efeknya positif, karena laptop ini punya suhu yang terjaga. Di dalamnya terdapat tiga kipas dengan bilah yang sangat tipis (0,1mm) dan total 67 bilah, diklaim tingkatkan airflow hingga 15%. Dipadukan dengan total tujuh pipa penyalur panas, tak heran bila pendinginannya optimal.

Fitur Gaming & Lainnya

MSI GS66 Stealth

Selain bisa digunakan untuk monitor dan atur performa, MSI Dragon Center juga bisa difungsikan untuk beragam fitur lainnya. Contohnya, di era yang serba virtual, kamu dapat mengaktifkan fitur speaker dan mic noise cancellation, hasil pengolahahan 500 juta data yang dirancang menjadi AI dengan deep neural network. Bakal membantu panggilan Zoom atau sesi bermain live tanpa terdistraksi suara sekitar.

Sementara untuk fitur webcam, resolusinya di HD 720p, sudah cukup untuk keperluan panggilan video daring bila diperlukan. Dipadukan dengan sensor inframerah, webcam MSI GS66 Stealth juga dimanfaatkan untuk login via Windows Hello.

Terdapat pula fitur Duet Display dimana pengguna bisa tampilkan porsi layar tertentu ke layar sekunder, seperti melalui HDMI atau lighting cable (untuk perangkat Apple). Solusi praktis bila kamu ingin memanfaatkan layar iPad untuk tampilkan informasi proses gim kepada layar eksternal atau bahkan iPad.

MSI GS66 Stealth

Lantas mengapa tidak ditemukan cara untuk mengganti lampu RGB pada MSI Dragon Center? Rupanya harus lewat aplikasi terpisah, yaitu SteelSeries Engine 3. Kamu bisa atur se-personal mungkin mulai dari tiap tombolnya, hingga efek warna pelangi. Saya sendiri suka dengan keyboard MSI GS66 Stealth, masih sangat nyaman untuk ketik-ketik meski bukan laptop bisnis.

Peletakan kedua speaker stereonya cukup cerdas, karena berada di bagian yang dekat ke pengguna, alias di sebelah kiri dan kanan touchpad. Speaker tersebut juga ditingkatkan dengan Dynaudio, sebuah produsen yang memang sudah dikenal sangat reputable untuk urusan perangkat audio. Dan untuk pengaturan lebih lanjut, disediakan software Nahimic untuk melakukan fine-tuning sesuai selera masing-masing.

Baterai

Apa yang bisa didapat dari sebuah laptop harga sangat premium? Kapasitas baterai maksimal. Kalau biasanya sebuah laptop gaming punya daya tahan baterai kurang, maka baterai 99,9WHr pada MSI GS66 Stealth masih bisa berikan kamu sedikit napas lega ketika harus membawanya ke luar rumah. Laptop gaming paling irit yang pernah saya pakai.

Kapasitas tersebut adalah kapasitas maksimum untuk sebuah laptop boleh dibawa ke dalam sebuah pesawat. Dan saya bisa menggunakan laptop ini hingga lebih dari 6 jam penggunaan—non gaming ya, alias akses aplikasi Office dengan Microsoft Edge yang membuka belasan tab, brightness hampir maksimum, lampu RGB pada keyboard menyala dan mode performa silent. Kalau buat main gim, bisa mencapai hampir 2 jam. Namun juga sangat bergantung dengan beban CPU & GPU ya.

Lantas butuh waktu berapa lama untuk mengisi daya baterai dengan kapasitas besar tersebut? Sekitar dua jam saja, karena adapter bawaan dapat berikan arus hingga 230 watt. Karenanya, dimensi adapter tergolong besar dan berat, mencapai kisaran 800 gram. Ditambah dengan laptop-nya, otomatis bobot total mendekati 3 kilogram.

Kesimpulan

MSI GS66 Stealth

Kombinasi yang pas untuk laptop gaming premium sesuai dengan kelasnya. Performanya yang sangat tinggi masih bisa dibalut dalam kemasan yang elegan, ringan dan terlihat profesional. Namun di saat yang sama, para gamer yang tetap ingin menonjolkan kesan gaming, bisa dimunculkan dengan sistem lampu RGB individualnya. MSI GS66 Stealth cocok untuk segmen lain dan tak hanya pemain gim saja.

Termasuk kreator konten, maupun penggunaan kantoran pun bisa (kalau memang perlu olah data kompleks) berkat keyboard yang nyaman serta baterai tahan lama. Yang pasti, bila kamu mencari performa terbaik dalam sebuah paket ringkas dan elegan, bisa banget jadi yang terbaik. MSI GS66 Stealth tersedia resmi di situs e-dagang Tokopedia maupun Shopee.

[rwp_box id=”0″]


Spesifikasi MSI GS66 Stealth 10UH-252ID

MSI GS66 Stealth 10UH 252ID
Klik pada gambar untuk spesifikasi lebih lanjut.

General

Device Type Laptop Gaming
Model / Series MSI GS66 Stealth 10UH 252ID
Released 16 April, 2020
Status Available
Price 58.999.000

Platform

Processor Intel Core i7-10870H Comet Lake (10th gen)
VGA (Graphic Card) NVIDIA RTX3080 Laptop GPU GDDR6 16GB
RAM (Memory) 16GB x 2 GB DDR4 3200MHz
Storage 2TB NVMe PCIe Gen3
Operating System Windows 10 Home

Body

Dimensions 358.3 x 248 x 18.3-19.8 mm, berat 2,1 kg
Display 15.6" FHD (1920x1080), 300Hz, IPS-Level
Battery 99.9 Battery (Whr)
230W Slim adapter

Connectivity

Webcam IR HD type ([email protected])
Bluetooth Bluetooth 5.2
Wi-fi Killer Gb LAN (Up to 2.5G) 802.11 ax Wi-Fi 6E + Bluetooth v5.2
NFC
I/O Interface 1x Type-C (USB3.2 Gen2 / DP / Thunderbolt™3) with PD charging
1x Type-C USB3.2 Gen2
3x Type-A USB3.2 Gen2
1x RJ45
1x (4K @ 60Hz) HDMI
1x Mic-in/Headphone-out Combo Jack

Other

Audio Stereo Speakers w/ Dynaudio
Features Per-Key RGB Backlight Keyboard
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.