Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Tiga Seri Lenovo Legion Terbaru Hadir dengan AMD Ryzen 5000 H-Series

Untuk perkuat lini laptop gaming mereka di tahun 2021, Lenovo kali ini memutuskan untuk secara total rilis seri Lenovo Legion menggunakan prosesor dari AMD. Peluncurannya menandakan Lenovo sebagai salah satu produsen laptop gaming yang gunakan AMD Ryzen 5000 H-series untuk pertama kalinya.

Dalam sebuah rilis resmi, Lenovo menyebutkan bila jajaran laptop terbarunya—Lenovo Legion 7, Legion Slim 7 dan Legion 5 hadir dengan bantuan kecerdasan buatan atau AI, yang bisa berikan pengalaman seamless gaming. Lenovo juga tingkatkan sistem pendinginannya, berikan aliran suhu 18% lebih baik untuk performa yang terjaga dan daya tahan baterai lebih maksimal.

Lenovo juga tingkatkan perangkat lunak Lenovo Vantage Legion Edge mereka, dengan dukungan overclock baik pada CPU dan GPU dalam sekali klik. Juga terdapat AI Engine yang bisa sinkronkan CPU serta GPU untuk berikan FPS tertinggi saat bermain gim. Memastikan kedua hardware bekerja maksimal satu dengan yang lain memanfaatkan machine learning.

Baca juga: Lenovo Tab P11, Tablet Layar Besar Khusus Work From Home

Lenovo Legion 7, Flagship Gaming dengan Ryzen 9 5900H

Lenovo Legion 7

Dari tiga seri laptop gaming yang diluncurkan Lenovo pada CES 2021, Lenovo Legion 7 hadir menjadi lini flagship-nya. Meski punya layar lebih besar di 16 inci, dimensinya tetap terjaga berkat keempat bezel yang didesain setipis ultrabook konvensional. Layar tersebut mendukung warna 100% sRGB, dan rasio 16:10 untuk tingkatkan field-of-view saat bermain gim.

Opsi tertinggi dari Lenovo Legion 7 hadir dengan layar QHD, sertifikasi VESA DisplayHDR dengan kecerahan hingga 500 nits sampai refresh rate 165Hz, plus dukungan Dolby Vision. Untuk kustomisasi visual, Lenovo sediakan kustomisasi lampu RGB yang ada di keyboard, logo bagian luar, bahkan sampai lubang pembuangan angin.

Lenovo Legion 7 hadir dengan opsi CPU hingga AMD Ryzen 9 5900H, plus GPU NVIDIA GeForce RTX. Dukungan Wi-Fi 6 juga hadir secara opsional, dan dilengkapi dengan baterai besar berkapasitas 80WHr, mendukung teknologi Rapid Charge Boost. Untuk keamanan, webcam HD di atas layarnya juga sudah dilengkapi dengan e-shutter.

Lenovo Legion Slim 7 Jadi yang Paling Ringan

Lenovo Legion Slim 7

Untuk opsi yang lebih portabel, Lenovo siapkan Legion Slim 7 yang menjadi laptop gaming paling tipis dan ringan dari Lenovo. Bobotnya sendiri hanya 1,9 kilogram, terhitung ringan untuk sebuah laptop yang punya performa sangat tinggi. Dimensi layarnya 15,6 inci dengan opsi panel 4K IPS 60Hz atau FHD IPS 165Hz.

Agar tetap tangguh, Lenovo Legion Slim 7 terbuat dari campuran magnesium serta aluminum dalam dua pilihan warna (Shadow Black, Storm Grey). Opsi CPU tertingginya yaitu AMD Ryzen 7 5900H, dengan kapasitas baterai 71WHr yang mendukung fast charging.

Dengan pencahayaan keyboard berwarna putih, konsumen juga bisa tambahkan opsi Corsair iCUE RGB untuk personalisasi lebih tinggi. Untuk tambahan fitur keamanan, selain penutup webcam terintegrasi, Lenovo Legion Slim 7 juga punya sensor fingerprint yang menyatu dengan tombol power.

Lenovo Legion 5 & 5 Pro Untuk Harga Terjangkau

Lenovo Legion 5

Untuk konsumen yang inginkan performa maskimal dengan harga yang lebih terjangkau, dihadirkan Lenovo Legion 5 & Legion 5 Pro. Varian Pro hadir dengan opsi layar IPS QHD, refresh rate 165Hz dan CPU AMD Ryzen 7 5800H. Ditambah GPU NVIDIA GeForce RTX yang tak kalah bertenaga dari seri Lenovo Legion 7.

Sementara Lenovo Legion 5 jadi yang paling murah, punya tampilan yang lebih minimalis dari seri lainnya. Namun Lenovo berikan dua opsi ukuran layar; 15,6 inci dan 17,3 inci. Bobotnya sendiri masih tergolong standar di 2,4 kilogram (untuk varain 15,6 inci), ditambah 4 zona RGB pada keyboard dan opsi layar 165Hz.

Dari ketiga seri laptop gaming terbaru yang diperkenalkan di CES 2021, hanya Lenovo Legion 7 & Legion 5 series saja yang sudah diumumkan banderol harganya. Sementara Lenovo Legion Slim 7 belum, dan baru dijual mulai Mei 2021 mendatang.

Untuk Lenovo Legion 7, harganya mulai dari USD1,670 atau Rp23 jutaan. Laptop ini bakal hadir paling terlambat, yaitu di bulan Juni 2021. Sementara untuk Legion 5 series yang paling awal di bulan Maret, dengan harga mulai USD770 (Rp10,8 jutaan) untuk Legion 5 dan USD999 (Rp14 jutaan) untuk Legion 5 Pro.

Tinggalkan komen