Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Fitur Lirik Hadir untuk Pengguna Spotify di 26 Negara Termasuk Indonesia

0 558

Penyedia layanan streaming musik yang satu ini memang sudah sangat dikenal masyarakat, menjadi salah satu yang terbaik. Melalui Spotify, Gizmo friends bisa mendengarkan banyak sekali lagu secara legal dan gratis, menemukan playlist tertentu sampai eksplorasi genre lagu lewat saran otomatisnya. Nah, untuk menambahkan keseruan sambil mendengarkan musik, platform streaming tersebut mulai memberikan fitur tambahan yaitu lirik Spotify secara real-time.

Ya, apalagi yang lebih seru kalau bukan dengerin musik di Spotify sambil bacain lirik lagunya? Tanpa perlu aplikasi tambahan atau pihak ketiga, kamu bisa langsung mengecek bait-bait lagu yang lagi diputar. Utamanya lagu-lagu yang tidak menggunakan bahasa kelahiran, sehingga butuh bantuan lirik Spotify supaya bisa menyanyikan dengan benar.

Fitur lirik Spotify ini berjalan atas kerjasama Spotify dengan Musixmatch, sebuah player musik yang berfokus untuk mengumpulkan data lirik dari seluruh lagu yang ada. Mungkin beberapa dari Gizmo friends ada yang bertanya-tanya jika ini adalah fitur yang sudah tersedia sejak lama. Itu tandanya kamu termasuk segelintir pengguna yang beruntung.

Baca juga: Begini Cara Sembunyikan Lagu pada Playlist Spotify

Fitur Lirik Spotify Sempat Diuji Coba di Indonesia

lirik di Spotify
Fitur lirik kembali hadir di Spotify.

Perusahaan asal Swedia ini memulai untuk tes fitur lirik di Spotify secara real-time ini sejak beberapa bulan lalu di tiga negara, yaitu Kanada, Meksiko dan Indonesia. Tak semua orang mendapatkan fitur tersebut, yang bisa diakses langsung ketika sedang di dalam tampilan “Now Playing”, dengan cara menggeser layar ke bawah.

Akun saya pun sudah mendapatkannya sejak cukup lama, saya tunjukkan ketika umumkan fitur baru dari Spotify untuk mengontrol playlist agar lebih sesuai dengan selera musik penggunanya. Letaknya adalah sama dengan tampilan dimana Spotify berikan informasi latar lagu, yang sebelumnya bekerja sama dengan Genius sebagai penyedia informasinya.

Ada 26 Negara Dapat Nikmati Fitur Lirik Spotify

Dikonfirmasi kepada TechCrunch, fitur lirik di Spotify resmi diluncurkan untuk 26 negara sejak 30 Juni 2020 kemarin. Beberapa negara tersebut adalah Argentina, Brazil, Bolivia, Chile, Colombia, Costa Rica, Dominican Republic, Ecuador, El Savador, Guatemala, Honduras, Hong Kong, India, Indonesia, Malaysia, Mexico, Nicaragua, Panama, Paraguay, Peru, Phillipines, Singapore, Taiwan, Thailand, Uruguay dan Vietnam.

Yang unik, jika dilihat dari daftar lengkap di atas, Kanada justru tidak termasuk bagian, padahal menjadi salah satu negara uji coba. Oh ya, berbeda dari Apple Music dimana liriknya bersumber dari sang artis, fitur lirik di Spotify akan tampilkan data dari Musixmatch yang bersifat crowdsource. Alias juga berdasarkan input dari anggota Musixmatch.

Kelebihannya? Lirik bisa lebih lengkap. Ketika sang artis tak berikan informasi lengkap dengan lirik, pengguna atau penggemar suatu artis dapat berkontribusi untuk tuliskan dan sinkronkan liriknya. Supaya bisa dinikmati dengan pendengar lainnya, termasuk di Spotify. Namun kelemahannya, tingkat akurasi terkadang menjadi masalah. Jadi kalau kamu juga ingin berpartisipasi melengkapi lirik di Musixmatch, pastikan lirik sudah benar-benar tepat ya, Gizmo friends.