Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Begini Cara Sembunyikan Lagu pada Playlist Spotify

1 7.421

Salah satu penyedia layanan streaming musik digital, Spotify terus meluncurkan fitur baru agar pendengarnya tetap setia menggunakan aplikasi mereka. Mulai dari tampilan yang terus diperbarui, penambahan fitur lirik yang sempat hilang dan kembali, hingga kini mereka memberikan fitur baru untuk kendali playlist Spotify.

Layanan streaming musik terbesar di dunia ini dikenal dengan koleksi playlist yang sangat beragam. Menjadikan salah satu alasan utama pengguna memilih penyedia yang satu ini dibandingkan Apple Music atau YouTube Music. Mereka juga menyediakan beragam playlist Spotify setiap hari dan minggu, dikurasi secara akurat khusus sesuai selera musik pemilik akun.

Nah, ketika mendengarkan sebuah playlist, pasti ada dong momen di mana kamu menyukai hampir semua lagu yang ada kecuali satu dua yang mungkin agak kurang cocok. Sebagai contoh, playlist Spotify mingguan All New Indie dipenuhi dengan jajaran lagu terbaru dari artis indie yang kamu ikuti, tapi kamu kurang suka dengan satu lagu remix yang ada.

Baca juga: Paket IM3 Unlimited Kini Dilengkapi Streaming Musik Spotify & JOOX

Sebelumnya, ketika memutar playlist di Spotify, kamu harus skip lagu tersebut alias tidak bisa otomatis skip ke lagu berikutnya. Kini tidak lagi, berkat fitur hide songs dari Spotify. Opsi ini diberikan khusus untuk pengguna Spotify Premium, dan saat ini hanya tersedia lewat aplikasi Android dan iOS. Lewat fitur baru ini, kamu bisa pilih lagu mana saja yang ingin disembunyikan agar tidak terputar ketika ingin mendengarkan playlist.

Cara Sembunyikan Lagu pada Playlist Spotify

Sembunyikan lagu playlist Spotify
Cara sembunyikan lagu tertentu dalam sebuah playlist Spotify.

Caranya sangat mudah. Buka playlist favorit yang ingin kamu dengarkan, pilih lagu yang ingin kamu sembunyikan, lalu pilih “Hide song”. Selesai, lagu tersebut akan ter-skip otomatis nantinya. Sebagai tanda, lagu tersebut akan menjadi abu-abu, dan hanya tersembunyi pada playlist tersebut alias masih tetap ada di playlist lain maupun hasil pencarian.

Wajar saja bila fitur kendali playlist ini hanya hadir untuk pengguna Spotify Premium, mengingat itu adalah sumber dana utama selain dari pihak pengiklan. Sebelumnya, Spotify juga telah mengakuisisi Anchor, platform podcast yang cukup banyak digunakan oleh podcaster untuk menyebarkan hasil karyanya. Semenjak itu, Spotify lebih memperjelas pintasan untuk mendengarkan podcast pada aplikasi mobile mereka, serta rilis konten-konten podcast khusus.

Spotify lyrics
Fitur lirik kembali hadir di Spotify.

Fitur lirik juga kini sudah kembali hadir di Spotify. Beberapa tahun lalu, Spotify telah bekerja sama dengan Musixmatch untuk menampilkan lirik lagu yang ada di Spotify. Tak lama kemudian, fitur tersebut hilang dan digantikan oleh Genius, menampilkan fakta-fakta lagu menarik serta potongan lirik pada lagu tertentu. Selang beberapa tahun lagi, kembali dihilangkan, dan Spotify kembali gandeng Musixmatch selama beberapa minggu terakhir ini.

Tampilan liriknya kini sudah bisa otomatis mengikuti lagu, baris per baris seperti pada JOOX maupun Apple Music. Hanya saja, Musixmatch juga bersifat crowd-source, alias lirik yang ada sebagian merupakan kontribusi dari komunitas. Jadi harus bisa dimaklumi ketika dalam sebuah lagu, menampilkan potongan lirik yang kurang tepat.