MediaTek Dimensity 920 & Dimensity 810 5G Rilis dengan Fabrikasi 6nm

Jakarta, Gizmologi – Setelah sempat merilis chipset baru yang dirancang khusus untuk tablet Android premium, kini giliran MediaTek untuk kembali perbarui seri chipset smartphone. Tak hanya satu, digulirkan langsung MediaTek Dimensity 920 & Dimensity 810. Cip kelas menengah yang sudah mendukung konektivitas 5G.

Sesuai penamaannya, masing-masing merupakan versi pembaruan dari seri Dimensity 900 & Dimensity 800. Dulu keduanya dikenal sebagai penawaran terbaik dari MediaTek, namun kemudian sekarang lebih banyak digunakan pada smartphone 5G terjangkau. Mengingat seri empat digit sudah tersedia dan digunakan pada rilisan Android baru yang memang punya spesifikasi tinggi.

Baca juga: MediaTek Kompanio 1300T Hadir Untuk Tablet 5G Premium

Supaya lebih relevan untuk smartphone rilisan 2021, baik MediaTek Dimensity 920 & Dimensity 810 sama-sama dirancang lebih efisien daya. “Dengan perluasan seri chipset Dimensity, MediaTek menghadirkan inovasi terbaru kepada para produsen perangkat dan pengguna smartphone dengan harga lebih terjangkau untuk pasar mainstream,” jelas Dr. JC Hsu, Corporate VP & GM, Wireless Communications Business Unit pada MediaTek.

Ia menambahkan, kedua serti ini berikan peningkatan performa, kecerdasan tampilan serta gambar yang lebih cemerlang. Bakal menambah pengalaman pengguna dan hadirkan fitur serta kapabilitas smartphone 5G. Penasaran apa saja yang baru?

MediaTek Dimensity 920 5G Bisa Proses Kamera 108MP

MediaTek Dimensity 810

Dari kedua chipset yang diluncurkan, MediaTek Dimensity 920 jadi penawaran yang paling mewah. Sudah gunakan proses manufaktur 6nm hemat daya, konsumen bakal merasakan 9% peningkatan performa gaming bila dibandingkan seri 900. CPU-nya sendiri gunakan arsitektur 8 inti, dengan cip baik ARM Cortex-A78 yang berjalan pada clockspeed 2,5GHz.

MediaTek Dimensity 920 juga sudah mendukung konfigurasi RAM terbaru LPDDR5 serta penyimpanan internal berjenis UFS 3.1. Lalu untuk menghasilkan gambar lebih baik, ISP milik cip ini mendukung 4K HDR, setup empat kamera yang lebih kompleks serta pengambilan foto resolusi 108MP tanpa lag.

Selain GPU Mali-G68 MC4, juga terdapat dukungan Dual 5G plus layanan VoNR (Voice over New Radio), Wi-Fi 6 serta Bluetooth 5.2 menjadi pelengkap bagian konektivitasnya. Untuk menghemat daya, Smart Adaptive Display bisa mengatur refresh rate 120Hz agar adaptif mengikuti konten, plus 5G UltraSave seperti seri sebelumnya.

MediaTek Dimensity 810 5G Dikabarkan Bakal Hadir di realme

MediaTek Dimensity 920

Varian kedua, MediaTek Dimensity 810 juga bawa peningkatan yang cukup menyeluruh, meski secara performa tak jauh berbeda. CPU-nya punya arsitektur 4x Cortex-A76 2,4GHz dan 4x Cortex-A55 di 2GHz. RAM-nya mendukung jenis LPDDR4x, penyimpanan UFS, serta refresh rate 120Hz pada resolusi full HD.

Sama-sama lewat proses fabrikasi 6nm, Dimensity 810 juga dilengkapi ISP yang mendukung kamera beresolusi 64MP serta efek kamera bokeh maupun warna AI secara real-time, hasil kolaborasi MediaTek dengan ArcSoft.

Baik MediaTek Dimensity 920 & Dimensity 810 bakal digunakan pada smartphone Android terbaru yang rilis di kuartal ketiga (Juli – September) 2021. Kabarnya, realme bakal jadi salah satu yang pertama, gunakan Dimensity 810 pada seri realme 8s. Benar atau tidaknya, kita nantikan saja ya.

Tinggalkan komen