Update Watch Dogs: Legion, Gamer Xbox Series S Hadapi Isu Kapasitas Memori

Jakarta – Gizmologi – Watch Dogs Legion baru saja memberikan update patch terbaru untuk seluruh platform, termasuk Xbox series S. Update untuk game online seperti ini wajar diberikan developer untuk menjaga ekosistem gamer. Namun ternyata hal itu dapat menjadi masalah tersendiri untuk gamer pengguna Xbox series S. Ukuran file update besar membuat kapasitas memori data dalam perangkat keluaran Microsoft semakin terjepit.

Sebagai developer, Ubisoft memberikan update patch 5.6  Legion untuk konsol old-gen dan current-gen sejak 14 September lalu. Masing-masing dengan besaran memori berbeda. Di antaranya Playstation 4 (26,6 GB), Playstation 5 (3,2 GB), Xbox One (23,8 GB), Xbox series S|X (40,2 GB), dan terakhir PC/Stadia (25,98 GB). Dalam urutan terlihat bahwa kebutuhan memori untuk update patch terbaru untuk Xbox jadi paling besar.

Apabila gamer Xbox series S meng-install unduhan update terbaru ke dalam konsol. Itu sama seperti menyimpan data seukuran game Watch Dogs Legion itu sendiri. Padahal update yang diberikan memiliki poin yang hampir sama untuk setiap platform. Sehingga perbedaan ukuran hingga lebih dari 30 GB dengan PS 5 yang sesama current gen, jadi cukup ironis juga.

Checklist update yang diberikan pun berkutat pada perbaikan bugs dari seri terdahulu. Ditambah isu game crash dan input controller khusus pada perangkat Xbox series S dan X. Dengan kapasitas memori bawaan sebesar 512 GB milik series S dan 1 TB milik series X. Pengurangan kapasitas memori hanya untuk Watch Dogs Legion saja bisa cukup meresahkan.

Menyiasati Kapasitas Minim Memori Xbox series S

Watch Dogs Legion

Kapasitas memori eksternal pada sebuah konsol memang menjadi isu yang terus bergulir seiring dengan berkembangnya kualitas game masa kini. Konsep online yang diusung mendorong developer untuk terus melakukan update  secara berkala agar game kreasi mereka dapat terus relevan. Gamer pun didorong meng-install data baru agar dapat terus bermain bersama. Data yang pada akhirnya menggerus kapasitas dasar yang dimiliki tiap konsol.

Xbox series S jadi salah satu perangkat dengan kapasitas memori terbatas 512 GB. Dengan model game setingkat Watch Dogs Legion atau lebih kompleks lagi, dibutuhkan kebutuhan memori hingga 70 – 150 GB per game. Belum lagi Xbox series S mengusung model tanpa disc alias full digital. Tentu segala sesuatunya bergantung pada perangkat memori yang mumpuni. Solusi paling dekat diaplikasikan pada model perangkat konsol seperti ini ialah dengan upgrade kapasitas memori. Atau dapat juga menggunakan memori eksternal yang kapasitasnya bisa jauh lebih besar.

Microsoft sebenarnya sudah mempersiapkan opsi upgrade untuk dapat dilakukan para gamer. Salah satu yang direkomendasikan berasal dari Seagate hingga kapasitas 2 TB.

 

Tinggalkan komen