alexa
Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Xiaomi Mi 11 Ultra Tampil dengan Kamera 120X Zoom & Layar Sekunder

Dalam perilisan globalnya kemarin, Xiaomi hanya perkenalkan satu varian dari Mi 11. Sementara sepanjang 2020, secara total ada lebih dari tiga varian mulai dari varian Ultra hingga Mi 10T series yang lebih terjangkau. Apakah ke depannya bakal ada Mi 11 Ultra? Tanda-tandanya sudah muncul.

Saat kompetitor berlomba rilis flagship dengan sensor periskop yang pembesarannya lebih tinggi seperti Galaxy S21 Ultra, Mi 11 hadir dengan tiga sensor tanpa telefoto. Tentu bakal terasa kurang gahar, meski harganya memang lebih murah. Nah, seorang YouTuber asal Filipina baru saja mengunggah sebuah video di mana ia memegang Xiaomi Mi 11 Ultra.

Kemunculan Mi 11 Ultra sangat tidak diduga, belum ada informasi yang jelas sebelumnya, dan tiba-tiba kini sudah ada video hands-on yang cukup lengkap dari sebuah channel YouTube Tech Buff PH. Dikutip dari XDA Developers, selang beberapa jam, video tersebut dikunci. Namun tenang saja, mirror-nya bisa Gizmo friends lihat di sini.

Baca juga: Hands-on Review Xiaomi Mi 11: Pertama dengan Snapdragon 888

Tiga Sensor Kamera Mi 11 Ultra Beresolusi Tinggi

Kamera Mi 11 Ultra

Sebelum membahas apa-apa saja yang bisa ditemukan di dalam video, tentunya kemunculan Mi 11 Ultra kali ini belum bisa dikonfirmasi penuh untuk keasliannya. Namun ada beberapa poin yang menjadikan perangkat di dalam video adalah orisinil. Nomor seri yang ada di bodi belakangnya sesuai dengan yang muncul di situs sertifikasi India dan Eropa, “M2102K1G”.

Yang menjadi bintang dalam video dari Tech Buff PH adalah modul kamera belakangnya. Modul ini sangat besar, menonjol seperti Mi 10T series, namun lebarnya penuh mulai dari kiri hingga kanan. Terlihat ada tiga sensor kamera yang berukuran besar, LED flash, dan panel ekstra di bagian kanan.

Mi 11 Ultra

Tech Buff sebutkan bila Mi 11 Ultra bakal mengusung tiga sensor kamera beresolusi tinggi. Sensor utamanya 50MP, dan dua sensor lainnya seperti ultra-wide dan periskop sama-sama 48MP. Dari dua unit yang ditampilkan, tulisan di bawah teks “120X” memang nampak berbeda, di mana yang putih tertuliskan “Ultra Pixel AI Camera”.

Hal tersebut sangat mungkin akibat masih dalam wujud purwarupa (prototype). Dari jumlah pembesaran yang ditawarkan, kemungkinan Xiaomi sudah meningkatkan kemampuan sensor periskopnya, dari 5x optical di Mi 10 Ultra menjadi 10X optical supaya setara dengan Galaxy S21 Ultra. Supaya bisa hasilkan foto yang tetap berkualitas sampai digital zoom maksimum 120x.

Punya Layar Tambahan di Belakang

Mi 11 Ultra

Selain kamera, di sisi paling kanan terlihat ada sebuah bagian layar ekstra. Tech Buff sendiri sempat menyalakan layar tersebut, yang bisa tampilkan homescreen dari Mi 11 Ultra. Belum ada spesifikasi dan fungsi terkait dari layar sekunder di modul kamera ini. Diduga, layar ini bakal punya fungsi untuk membantu proses selfie lewat kamera belakang.

Untuk spesifikasi lainnya, Tech Buff sebutkan bila flagship Xiaomi satu ini bakal punya layar 6,8 ini OLED quad-curved, alias melengkung di keempat sisi hingga atas dan bawahnya. Resolusinya mencapai WQHD+ dengan refresh rate 120Hz. Kamera depannya 20MP, dilindungi oleh lapisan Gorilla Glass Victus.

Mi 11 Ultra

Selain chipset Snapdragon 888, yang ditingkatkan dari varian Mi 11 biasa adalah sertifikasi IP68 tahan air dan debu. Baterainya juga lebih besar di 5,000 mAh, ditambah pengisian daya hingga 67W baik lewat kabel dan nirkabel (wireless). Audionya sama-sama ditingkatkan dengan Harman Kardon.

Banyaknya peningkatan yang dibawa pastinya bakal membuat harga Mi 11 Ultra lebih mahal. Belum ada informasi maupun kabar tanggal perilisannya. Menurut Gizmo friends sendiri, bagaimana dengan tampilan dari modul kamera belakang kamera Xiaomi satu ini?

Tinggalkan komen