Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Mi Smart Band 4C, Smartband Terjangkau Xiaomi Harga Rp300 Ribuan

0 4.253

Selain smartphone, perangkat wearable rilisan Xiaomi juga terjual cukup laris di pasaran. Seri Mi Band memang terkenal berikan fungsi melimpah dengan harga yang relatif murah, jika dibandingkan dengan kompetitornya. Pertengahan Juni lalu, Xiaomi perkenalkan seri Mi Band 5, sebuah suksesor dengan layar lebih lebar dan sistem pengisian daya lebih praktis.

Membawa beberapa peningkatan, Mi Band 5 tentu dijual dengan harga lebih mahal. Nah, kalau Gizmo friends ingin memiliki smartband terbaru Xiaomi dengan harga murah, bisa melirik Mi Smart Band 4C yang baru aja diluncurkan di Malaysia kemarin (6/7). Gelang pintar ini masih memiliki fitur-fitur seperti heart-rate monitoring serta fitness tracking, dengan harga Rp300 ribuan.

Baca juga: Xiaomi Mi Band 5 Hadir dengan Layar Lebih Besar & Charger Magnetik

Spesifikasi Mi Smart Band 4C

Mi Smart Band 4C

Jika dilihat dari desainnya, mungkin tidak asing bagi Gizmo friends. Ya, Mi Smart Band 4C ini dikabarkan menjadi versi global dari Redmi Band yang sudah diperkenalkan di Tiongkok. Mungkin serupa dengan Redmi AirDots yang pada akhirnya dijual di Indonesia dengan nama Mi True Wireless Earbuds Basic. Secara fungsi sama, hanya berbeda di bahasa awal saja.

Tak seperti Mi Band 5 yang memiliki kaca membulat dengan panel AMOLED, Mi Smart Band 4C tampil lebih sederhana dengan layar datar 1,08 inci. Meski masih gunakan panel TFT, setidaknya sudah berwarna dan mendukung input sentuh, dengan resolusi 128 x 220 piksel dan kecerahan hingga 200 nits.

Kalau Mi Band 5 menggunakan charger magnetik untuk mengisi daya, maka Mi Smart Band 4C tak perlu gunakan kabel sama sekali. Yup, metode isi dayanya serupa dengan realme Band maupun Huawei Band 4, yang memiliki male USB port tersembunyi di bagian strap. Tinggal lepas strap, lalu colok ke port USB di charger maupun power bank. Sesimpel itu, tak perlu gunakan aksesori tambahan yang rentan hilang.

Kapasitas baterai Mi Smart Band 4C sedikit lebih besar dari Mi Band 4 & Mi Band 5 di 130 mAh, namun daya tahan baterainya hanya sampai dua minggu pemakaian. Mungkin karena teknologi layar yang tidak sehemat daya AMOLED, namun setidaknya 14 hari sudah sangat cukup.

Selain fitur dasar seperti penghitung langkah, jarak tempuh, kalori yang terbakar dan pencatat detak jantung 24/7, Mi Smart Band 4C punya lima mode olahraga utama. Masing-masing adalah olahraga bebas, lari luar ruangan, bersepeda, treadmill dan jalan cepat atau jogging. Meski memiliki rating 5ATM hingga kedalaman air 50 meter, perangkat ini belum dilengkapi mode berenang.

Harga Mi Smart Band 4C di Malaysia

Mi Smart Band 4C

Miliki bobot hanya 13 gram, Mi Smart Band 4C dijual di Malaysia seharga 99 Ringgit, atau sekitar Rp330 ribuan. Perangkat ini sudah tersedia di e-commerce lokal Shopee Malaysia. Situs TizenHelp menyebutkan jika smartband murah ini juga bakal hadir di negara-negara lain dalam waktu dekat.

Dengan harga tersebut, Mi Smart Band 4C menjadi kompetitor utama realme Band. Meski belum dilengkapi layar sentuh, realme Band tawarkan empat mode olahraga tambahan, dengan desain layar yang sedikit melengkung. Namun desain adalah suatu hal yang subjektif, jadi sesuaikan dengan preferensi pribadi ya.


Beli produk Xiaomi secara online di:

SHOPEE Lazada Blibli Eraspace JD.ID