Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Motorola Moto E7, Android Kelas Entri dengan Dua Kamera 48MP

1 5.368

Meski sudah absen di pasar Tanah Air, Motorola masih rutin untuk merilis smartphone baru di beberapa negara lainya seperti Eropa dan India. Selain layar lipat futuristik Moto RAZR, mereka juga merilis perangkat di segmen harga lainnya, termasuk kelas entri seperti Moto E7 terbaru yang satu ini.

Meski hadir untuk penuhi segmen low-end, Motorola berikan fitur kunci yang cukup menarik pada smartphone Android murah yang hadir dalam tiga warna ini; Aqua blue, Satin Coral dan Mineral grey. Bodinya terbuat dari plastik, namun dengan tekstur bergaris yang terlihat seperti bodi dan warna dari realme C11.

Dengan bobot 180 gram dan ketebalan 8,9mm, Motorola berikan lapisan tahan air di Moto E7, meski tidak seutuhnya memiliki IP rating. Di bagian belakang, hanya ada bingkai kamera kotak yang diletakkan pada bagian tengah. Di bawahnya terdapat logo Motorola yang juga berfungsi sebagai sensor sidik jari, menjadi aksen tambahan menarik.

Moto E7 Punya Layar Besar & Kamera 48MP

Kamera Moto E7

Bila dibalik ke depan, terdapat layar besar dengan dimensi 6,5 inci. Bentuk layarnya masih gunakan desain waterdrop notch, untuk menyematkan kamera 5MP f/2.2. Layar tersebut gunakan panel IPS dengan resolusi HD+, sangat wajar untuk smartphone kelas entri.

Untuk urusan dapur pacunya, Moto E7 jalankan chipset MediaTek Helio G25 octa-core. Kapasitas RAM-nya cukup minimalis di 2GB, dengan penyimpanan internal 32GB. Chipset tersebut digabungkan dengan dimensi baterai modis. 4,000 mAh, dan belum didukung teknologi fast charging. Sehingga perlu menunggu waktu sedikit lama dengan charger 10 watt.

Meski begitu, Motorola berani mengklaim bila daya tahannya bisa mencapai 36 jam, alias 1,5 hari penggunaan. Selain performa, Moto E7 juga unggulkan sektor kameranya. Meski sensor utamanya hanya dua, sensor utamanya punya resolusi tinggi di 48MP, dengan diafragma lebar f/1.7 dan ukuran piksel besar lewat teknologi piksel binning. Kombinasikan empat piksel menjadi satu inti, hasilkan foto 12MP.

Sensor sekundernya juga unik, bukan depth sensor melainkan kamera makro 2MP. Kamera belakang tersebut mampu rekam video hingga resolusi full HD 30 fps. Sayangnya, slot kartu SIM pada smartphone ini berjenis hybrid. Sehingga pilihannya hanya gunakan dua kartu SIM atau satu kartu SIM dengan microSD hingga 512GB.

Punya Antena Radio Built-in, Moto E7 Dijual Rp1 Jutaan

Moto E7

Moto E7 jalankan sistem operasi Android 10 tanpa banyak kustomisasi, mendekati stock Android. Urusan konektivitas, terdapat jack audio 3,5mm di atas, port USB-C di bawah (yang jadi keunggulan di kelasnya), serta antena radio FM yang sudah built-in. sehingga mendengarkan radio tidak perlu lagi gunakan earphone tambahan.

Motorola bakal menjual smartphone terjangkaunya pertama kali di Eropa dan Inggris pada bulan Desember mendatang, menyusul di region lainnya. Bergantung regional, Moto E7 bakal dilengkapi dengan earphone dan casing tambahan. Harganya 99 Poundsterling, atau sekitar Rp1,8 jutaan.