Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Firefox Lite, Browser Ringan yang Dirancang Khusus Pengguna Indonesia

0 5.092

Sebuah peramban atau browser memiliki andil besar dalam kegiatan ‘berselancar’ kita sehari-hari. Terutama di masa pandemi, ketika lebih banyak hal dilakukan secara daring. Sebentar-sebentar, akses situs ini itu melalui peramban dari smartphone. Peramban yang tepat tentunya dapat menjaga keamanan data kita, serta memberikan akses cepat tanpa membuat smartphone terasa berat saat menjalankannya.

Untuk smartphone Android, terdapat banyak sekali peramban yang dapat dipilih di Google Play Store. Namun tak banyak yang hadir dengan fokus untuk meringankan data serta memori smartphone. Salah satunya adalah Firefox Lite, peramban sederhana rilisan Mozilla, sebuah organisasi nirlaba pelopor dan pendukung konsep Open Web.

Mungkin Gizmo friends lebih mengenal akan peramban desktop-nya yang memang telah hadir sejak lama. Namun pada 5 Agustus kemarin, mereka telah meresmikan sebuah peramban baru, dirilis khusus untuk Indonesia. Firefox Lite hadir dengan mengutamakan kecepatan, keringanan serta efisiensi. Meski begitu, tampilannya dibuat menarik dengan fitur cerdas “Awesome Bar”.

Baca juga: 4 Tips Sederhana Jaga Privasi Data Selama Physical Distancing

Dua Fitur Unggulan Firefox Lite

Firefox Lite

Untuk pengalaman menjelajah atau browsing yang lebih baik, tim internal dari Mozilla telah melakukan sejumlah penelitian khusus, guna dapat memahami kebutuhan pengguna internet. Atas penelitian tersebut, Firefox Lite hadir dengan dua fitur unggulan. Selain Awesome Bar, terdapat fitur Home Customization untuk tampilan awal yang lebih personal.

Yang dimaksud dari Awesome Bar adalah hasil pencarian yang lebih personal. Ketika pengguna mengetik sebuah keyword dalam kolom pencarian, akan lebih efisien jika saran yang dimunculkan sesuai dengan preferensi pribadi. Awesome Bar bakal otomatis menampilkan saran seusia dengan riwayat pencarian, bookmark sampai tab yang sedang terbuka. Mempercepat temuan informasi pengguna serta dapat menghemat waktu tentunya.

Meski dinamakan “Firefox Lite”, bukan berarti tampilan aplikasinya hanya polos atau sederhana dong. Dengan ukuran aplikasi hanya 7MB saja, Firefox Lite dilengkapi fitur Home Customization. Tampilan depannya dapat disesuaikan dengan selera pengguna, termasuk tema atau warna latar belakang sesuai preferensi. Pintasan konten juga dapat ditentukan, termasuk menyematkan situs favorit ataupun layanan berita seperti Games, News dan Travel.

Juga Dilengkapi dengan Mode Turbo

Firefox Lite

Dengan ukuran aplikasi yang kecil, Gizmo friends yang menggunakan smartphone Android bermemori internal cekak tak perlu khawatir kehabisan penyimpanan, baik ketika mengunduh atau memperbarui aplikasi ini. Selain ringan, Firefox Lite juga didesain cepat lewat Mode Turbo.

Mode Turbo dapat memblokir pelacak pihak ketika, sehingga dapat mengurangi transmisi data dan situs akan terbuka lebih cepat. Tentunya, jadi lebih hemat kuota juga. Ingin mengambil screenshot atau tangkapan layar sebuah situs dengan utuh? Cukup sentuh ikon gunting di bagian menu, dan situs akan tersimpan dalam format gambar.

Mozilla juga tidak lupa untuk mengutamakan privasi, melengkapi aplikasi ini dengan perlindungan penelurusan dan pelacakan pribadi. Keduanya hadir untuk bantu pengguna menjelajah tanpa jejak, serta cegah situs untuk mengumpulkan data dan pasang iklan bertarget. Aplikasi ini sudah dapat diunduh di Google Play Store.