Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

4 Tips Sederhana Jaga Privasi Data Selama Physical Distancing

1 1.354

Tidak terasa kita semua sudah memasuki minggu kelima karantina diri (self quarantine) selama masa wabah pandemi Covid-19 berlangsung. Agar persebarannya tidak meluas, saran untuk melakukan physical distancing terus disuarakan, membuat kita lebih banyak menghabiskan waktu #DiRumahAja.

Selama melakukan physical distancing, cara yang paling umum dan sering digunakan untuk berkomunikasi dengan teman, rekan kerja dan keluarga adalah lewat internet, baik secara teks hingga konferensi video. Nah, yang penting dan tak boleh dilewatkan adalah menjaga privasi data di internet.

Baca juga: Privasi Lemah, 13 Juta Data Pengguna Internet Indonesia Terjual

Dengan situasi saat ini, banyak orang yang pada akhirnya membuat akun baru di internet, membaca berita lebih sering, menonton lebih banyak video dan akses media sosial setiap saat. Hal-hal tersebut dilakukan untuk menghibur diri serta tetap terhubung, namun tak banyak yang menyadari risiko keamanan data pribadi akan aktivitas online mereka.

Tips Jaga Privasi Data Mudah dari Mozilla

Sebagai pengguna internet, kita harus selalu waspada akan privasi data dalam segala aktivitas yang dilakukan di internet. Mozilla sebagai pelopor dan advokasi untuk web, memberikan tips mudah untuk jaga privasi data kalian.

1. Pilih Kata Sandi Yang Unik dan Kuat
tips jaga privasi data dari mozilla
Cara membuat kata sandi yang tepat dari Mozilla.

Password kamu “qwertyuiop”, atau kode mudah lainnya? Nah, ganti sekarang juga. Kata sandi lemah mudah ditebak dan mudah dibobol oleh serangan dari jaringan internet. Gunakan password yang lebih kompleks, dan jangan samakan password satu akun dengan akun lainnya.

Pakai kombinasi huruf besar dan kecil, angka serta simbol. Gunakan kata-kata tidak umum yang familiar buat kamu, serta manfaatkan otentikasi dua tahap (2FA) jika memungkinkan. Kamu juga bisa gunakan password manager terpercaya untuk membuatkan password unik tiap akun.

2. Berhenti Jika Ada Sesuatu Yang Mencurigakan

Phising atau penipuan lewat surel (e-mail) kini sudah semakin canggih, menirukan surel resmi yang sudah dibedakan. Ada juga yang dilakukan lewat telepon, atau link yang tidak jelas. Modus-modusnya bisa seperti ada aktivitas mencurigakan, tagihan yang harus dibayar, hasil tes dan lainnya.

Ketika mendapatkan email atau informasi tersebut, jangan buat keputusan secara mendadak. Berhenti, dan amati email atau link yang didapat, pastikan apakah hal tersebut benar-benar asli atau tidak. Email yang mencurigakan biasanya menampilkan kesalahan tata bahasa atau ejaan, serta pengirim yang tak lazim.

3. Cek Ulang Berita Tentang Covid-19

tips cek informasi berita covid-19

Dengan banyaknya kebutuhan berita terutama masa pandemi saat ini, lebih banyak ditemukan misinformasi serta berita hoax yang beredar di internet. International Federation of Library Associations memberikan infografis menarik untuk bantu pembaca kritisi pemberitaan.

Selain saran-saran di atas, pelajari pemahaman dasar dari penyakit tersebut dari sumber yang terpercaya. Hindari untuk membagikan metode pencegahan atau pengobatan tanpa bukti kesembuhan dari sumber resmi.

4. Rutin Perbarui Software dan Aplikasi

Masa-masa beraktivitas di rumah adalah waktu yang cocok untuk memperbarui software atau aplikasi di semua gadget yang kamu pakai. Tak hanya agar mendapatkan fitur-fitur baru, pembaruan software juga meningkatkan keamanan serta kerentanan perangkat lunak.

Baik perangkat lunak seperti sistem operasi komputer, smartphone maupun aplikasi sebatas browser, semuanya disarankan untuk diperbarui. Kamu dapat membuat pembaruan ini terpasang secara otomatis, agar tak perlu melakukan proses update secara manual.

Itu adalah tips jaga privasi data sederhana dari Mozilla yang cukup penting untuk dilakukan, demi menjaga privasi data kita selama mengakses dunia digital. Selain kesehatan fisik, jangan lupa untuk menjaga keamanan data di internet ya.