Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Tips Agar Tampil Maksimal Saat Live

0 1.819

Sajian serba live sudah mulai banyak dilakukan pengguna media sosial di Tanah Air. Sebuah tayangan yang mengedepankan visualisasi nyata dan spontan. Apalagi dalam aktivitas live streaming terkadang talent juga membuka kolom komentar bagi para penontonnya. Membuat jarak dengan pemirsanya jadi lebih erat. Terkadang talent juga memberikan tanggapan secara langsung. Hal itu tanpa disadari justru bisa membangun engagement dengan audiens.

Untuk bisa mencapai kualitas yang sempurna saat melakukan aktivitas live, tentu perlu persiapan maksimal. Kecuali kamu adalah seorang public figure, di mana sosok lebih utama dibanding kualitas tayangan. Namun bagi yang hendak mulai membangun audiensinya sendiri, tentu dibutuhkan persiapan yang lebih baik agar hasilnya bisa dinikmati.

Nah, kami coba memberikan beberapa tips yang perlu kamu perhatikan sebelum live. Bukan untuk mempersulit aktivitas mengekspresikan dirimu. Sekadar untuk membantu agar tayanganmu jadi lebih baik. So, check this out!

Ide

Penting untuk menentukan ide dari sebuah konten live untuk dibawakan. Karena ide awal nantinya akan jadi tema besar yang menentukan akan seperti apa aktivitas live kamu dieksekusi. Seperti membuat sebuah mind map, mengawalinya dengan sebuah gagasan mendasar yang jelas dapat membuat tahapan selanjutnya jadi lebih mudah.

Kamu bisa menemukan ide dalam membuat konten dari berbagai kejadian atau keadaan lingkungan di sekitarmu. Bila kamu kesulitan menemukannya, maka coba awali dari hal yang paling kamu sukai. Karena itu akan membuat proses kreatif berjalan lebih natural dan effortless.

Baca juga: Begini Pemanfaatan Smartphone di Kalangan Pelajar dan Mahasiswa

Indoor / Outdoor

Live streaming memang dapat dilakukan di mana saja. Indoor maupun outdoor. Namun ketika kamu sudah menentukan tema yang tepat, hal tersebut bisa dengan mudah dilakukan. Ada efek berbeda yang dihasilkan dari dua lokasi tersebut.

Konsep indoor sangat baik untuk membuat konten yang berkaitan dengan pembahasan gadget, gaming, maupun diskusi bersama orang lain.

Sound

Audio menjadi faktor utama dalam kenyamanan pemirsa mengikuti live streaming yang kamu lakukan. Bila dibandingkan dengan kondisi visual, konsistensi audio yang jernih harus lebih diperhatikan demi kenyamanan informasi yang kamu sampaikan.

Maka alat-alat penunjang seperti microphone tambahan perlu untuk dipakai, tak hanya mengandalkan mic bawaan pada smartphone kamu. Ada beberapa brand mic yang lumayan bagus dengan harga murah seperti Boya atau Samson.

Modal mic tambahan juga memungkinkan kamu saat hendak menggabungkan tayangan live streaming-mu dengan sajian di media podcast, yang lebih mengedepankan kejernihan audio.

Background

Seberapa penting sebuah background? Lumayan penting apabila kamu sedang live streaming. Dalam lokasi indoor, setting background minimalis bisa diatur sedemikian rupa. Lampu pada latar dapat membantu pencahayaan ruang lebih baik. Sementara lampu shooting LED bisa membuat dirimu jadi lebih jelas terlihat di lensa kamera.

Apabila kamu melakukan live streaming di luar ruang, maka perhatikan kepadatan area tempat kamu mengambil gambar. Dalam live streaming, dirimu adalah fokus utama, maka pastikan layar bisa menangkap ekspresi dan suaramu dengan baik. Namun bila keramaian yang memang ingin dihadirkan dalam layar, ambil jarak yang agak jauh untuk syuting agar tidak terjadi kebocoran dalam audio maupun visual. Oh iya, jangan lupakan microphone tambahan agar suara bisa tertangkap jelas meski sekitarmu dalam keadaan ramai.

Smartphone

Setelah semua hal di atas, perangkat utama yang dibutuhkan tentu adalah smartphone. Samsung Galaxy A series telah dibekali dengan fitur-fitur yang mendukung aktivitas membuat konten live dengan kualitas mumpuni. Hanya perlu menambahkan modal kuota data yang cukup kamu bisa melakukan live streaming di manapun dan kapanpun.

Dukungan kamera mumpuni untuk merekam foto dan video, serta punya sensitivitas microphone dengan filter yang jernih. Kemampuan tersebut sangat membantu sajian live streaming yang kamu buat.

Baca juga:Ini Fitur Galaxy A untuk Dukung Aktivitas Live Kamu

Kombinasi ide, suasana lingkungan, kualitas audio maupun visual mumpuni bisa menjadi pamungkas dalam sajian live streaming yang kamu buat. Bila kamu ingin meraih follower, cukup lakukan hal tersebut secara konsisten. Namun jika pun hanya sebagian sajian selingan untuk hiburan, minimal bisa mendatangkan kesenangan bagi siapa pun yang melihatnya. Oke, selamat mencoba!


Disclaimer: artikel ini merupakan kerja sama dengan Samsung Indonesia

Tinggalkan Balasan