Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Tips Bersihkan Virus dan Bakteri pada Ponsel Ala Xiaomi & BBC

0 6.876

Untuk mencegah penularan virus corona (COVID-19), ada beberapa hal yang bisa kita lakukan, seperti bekerja dari rumah (work from home), social distancing (menjaga jarak/interaksi langsung dengan warga lain), serta menjaga kebersihan. Tak hanya kebersihan tangan, benda yang sering kita pegang dan gunakan juga harus bersih. Termasuk membersihkan ponsel.

Apalagi smartphone adalah benda yang selalu berada di tangan kita dari pagi hingga larut malam. Kurang efektif rasanya kalau kita hanya fokus membersihkan tangan saja. Kita harus lanjut dengan membersihkan ponsel yang kemungkinan menyimpan banyak kotoran tak terlihat di sekitar bodinya. Untuk itu, kamu bisa lakukan hal-hal berikut ini.

Baca juga: Tips Efektif Kerja di Rumah dengan Memanfaatkan Teknologi

Tips Membersihkan Ponsel Secara Mudah

membersihkan bodi ponsel redmi 8a

Kamu bisa menemukan informasi perihal membersihkan ponsel yang simpel dan tepat secara mudah di internet. Selain portal berita khusus, produsen ponsel juga ada yang merilis tutorial singkat untuk hal tersebut. Salah satunya adalah Xiaomi Indonesia, yang sudah memberi tips lewat video singkat berdurasi satu menit.

Bagi Xiaomi, kesehatan dan keselamatan dari karyawan dan fans adalah prioritas pertama,” kata Alvin Tse, Country Director Xiaomi Indonesia. “Saya mendorong Anda semua untuk menjaga keseharan dan kebersihan dengan rajin mencuci tangan menggunakan sabun, makan yang bernutrisi, cukup beristirahat, dan pastikan smartphone Anda bersih. Kalian dapat mengacu pada video PSA kami untuk membersihkan smartphone Anda”.

Cara yang ditunjukkan cukup mudah. Sebelumnya, pastikan kamu sudah mencuci tangan sampai bersih dan melepas case ponsel terlebih dahulu. Setelah itu, gunakan tisu antiseptik untuk membersihkan bagian layar depan dan bodi belakang ponsel hingga menyeluruh, kemudian keringkan menggunakan kain bersih atau micro fiber cloth.

Nah, untuk membersihkan lubang-lubang seperti speaker, port USB dan jack audio, diperlukan cotton bud yang sudah dibasahi dengan alcohol 70%. Setelah dibasahi, gunakan ujung cotton bud untuk membersihkan port atau lubang yang ada pada ponsel secara perlahan.

Serupa dengan tutorial dari Xiaomi Indonesia, BBC News juga merilis video untuk membersihkan ponsel secara aman. BBC menganjurkan untuk menggunakan sabun cuci tangan biasa yang ada di rumah, diteteskan secukupnya ke kain micro fiber, lalu bersihkan seluruh bodi ponsel kecuali area yang berlubang. Setelah itu, keringkan menggunakan kain yang masih kering.

Membersihkan Ponsel dengan Sabun, Seberapa Efektif?

Dr Lena Ciric, seorang mikrobiologis dari University College London yang memandu dalam video di atas, mengatakan jika metode ini sudah cukup efektif untuk menghilangkan bakteri dan virus pada ponsel. Setelah dideteksi menggunakan sebuah alat, kadar nilai RLU (Relative Light Units) turun secara signifikan. Nilai yang baik adalah 50 ke bawah, sementara setelah dibersihkan, nilai RLU pada beberapa perangkat turun dari rentang 300 ke 7-12.

Cara yang sama juga bisa diterapkan untuk membersihkan case atau aksesoris ponsel. Ada juga perangkat seperti kotak UV (UVC radiation) yang bisa digunakan untuk membersihkan bakteri, namun menggunakan alat ini berisiko memudarkan warna bodi atau case ponsel dalam jangka panjang.

Dr Lena juga mengingatkan untuk terus rajin membersihkan tangan meski ponsel sudah terbebas dari virus dan bakteri, karena kotoran akan selalu bertambah seiring waktu. Jadi jangan lupa untuk membersihkan ponselmu juga ya. Kalau case-nya sudah kotor, yuk segera diganti.