Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Nokia Professional TWS P3600 Hadir dengan Fitur Active Noise Cancellation

0 554

Selain dikabarkan sedang persiapkan banyak portofolio smartphone untuk mengisi tahun 2021, sepertinya juga bakal ada beberapa true wireless earphones (TWS) yang bakal rilis dengan merek Nokia. Salah satu yang baru muncul adalah Nokia Professional TWS (True Wireless Earphones) P3600.

Ya, nama yang sangat panjang memang, lebih panjang dari Nokia Power Earbuds Lite yang sudah kami ulas sebelumnya. Dari kedua earphone TWS ini, ada yang sedikit berbeda. Kalau yang sudah kami ulas merupakan rilisan dari HMD Global, yang satu ini hadir lewat kerjasama brand licensing bersama pihak ketiga.

Seperti yang kita tahu, di India, misalnya, sudah ada Nokia Smart TV, laptop bahkan pendingin udara rumah yang dijual dan diproduksi oleh Flipkart. Untuk Nokia Professional TWS, perangkat ini diproduksi sepenuhnya oleh RichGo, hadir sebagai pemegang lisensi Nokia untuk perangkat audio serta pengisian daya.

Baca juga: Review Nokia Power Earbuds Lite: TWS Pertama, Baterai Prima

Nokia Professional TWS Utamakan Desain & Kualitas Audio

Nokia Professional TWS

Jadi selain TWS, juga bakal ada powerbank sampai adaptor pengisi daya yang bakal hadir dengan merk Nokia, namun juga tak sepenuhnya dibuat dari Nokia. Meski begitu, standar kualitas serta fitur-fitur yang dihadirkan seharusnya sudah memenuhi standar yang ditetapkan oleh perusahaan asal Finlandia tersebut.

Kembali ke Nokia Professional TWS P3600. Mengapa ada embel-embel “profesional” di namanya? Karena ini adalah TWS bermerek Nokia dengan fitur terlengkap. Selain mencoba hadirkan kualitas audio premium, juga dilengkapi fitur kekinian seperti active noise cancellation. Dari material casing pengisi dayanya juga sudah terlihat mahal, gunakan bahan metal yang dibuat mengkilap.

Perangkai ini juga didesain ringan, memiliki bobot sekitar 63 gram untuk kotak pengisi dayanya, dan 4,6 gram untuk tiap earbud. Kalau warna luarnya berwarna silver menyerupai kaca, bagian dalamnya didesain dominan warna hitam. Bentuk earbud Nokia Professional TWS P3600 mirip dengan Power Earbuds Lite, tanpa wingtip dan memiliki eartip yang bisa diganti.

Sama dengan TWS premium lainnya, perangkat ini dilengkapi dengan sistem dual driver di masing-masing earbud. Satu driver fokus untuk berikan suara mid dan high, sementara satunya lagi fokus untuk hadirkan dentuman bass yang maksimum. Keduanya bekerja bersamaan, berikan suara yang lebih seimbang.

Dilengkapi Gaming Mode & Daya Tahan 24 Jam

Nokia Professional True Wireless Earphones P3600

Selain fitur ANC, juga ada fitur Ambient Mode untuk membiarkan suara luar masuk ke dalam pendengaran tanpa perlu copot perangkat dari telinga. Juga sebuah fitur bernama Clear Voice Capture yang bakal tingkatkan suara pengguna saat lakukan panggilan, penting di era konferensi virtual saat ini.

Gaming Mode juga hadir untuk kurangi delay saat bermain gim FPS dari smartphone. Sementara untuk daya tahan baterainya, bisa digunakan sampai enam jam dalam sekali pemakaian. Charging case yang memiliki baterai 400 mAh bisa mengisi ulang Nokia Professional TWS sampai tiga kali, sehingga total penggunaan mencapai 24 jam.

Perangkat yang sudah mendukung format audio Qualcomm AptX adaptive lewat Bluetooth 5.2 ini baru diresmikan lewat halaman produknya saja. Hingga saat ini, pihak Nokia belum sebutkan kisaran harga dan kapan perangkat ini bakal diluncurkan. Semoga harganya bisa bersaing dengan yang lebih dulu rilis TWS premium ya.