Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Lima Alasan Kenapa Samsung Galaxy Note20 Series Patut Ditunggu

0 3.007

Seri smartphone terbaik Samsung yang unggulkan produktivitas serta performa terbaik, baru saja diluncurkan secara global pada 5 Agustus kemarin. Samsung Galaxy Note20 series hadir dengan peningkatan yang hampir menyeluruh, miliki opsi warna baru serta ketahanan yang juga ditingkatkan. Tentu saja, keduanya bakal hadir resmi di Indonesia. Bahkan pre-ordernya juga sudah dibuka hingga pertengahan bulan mendatang.

Berbeda dengan smartphone kelas menengah yang mungkin hanya unggul pada 1-2 fitur kunci, Samsung Galaxy Note20 series tidak hanya mampu mendukung produktivitas. Baik Galaxy Note20 & Galaxy Note20 Ultra juga cocok untuk gaming, punya kamera canggih dan fitur multimedia lainnya. Berikut 5 alasan kenapa Gizmo friends wajib menantikan flagship terbaru dari Samsung yang satu ini.

Desain Terbaru Lebih Kokoh

Galaxy Note20 Ultra

Premium, netral dan simpel. Itulah beberapa keunggulan desain yang ingin ditunjukkan oleh Samsung lewat Galaxy Note20 series. Setelah sebelumnya bereksperimen dengan warna Aura Glow, kali ini Samsung mencoba untuk gunakan warna lebih netral. Warna Mystic Bronze dipilih sebagai hero color, menjadi warna yang netral, namun tetap terlihat mahal.

Keempat sudut smartphone masih dibuat tajam seperti generasi sebelumnya, dengan permukaan doff untuk menyembunyikan bekas sidik jari. Hanya saja, kini tonjolan kameranya dibuat lebih terlihat. Alasannya karena peningkatan yang dibawa memang cukup jauh, terutama pada seri Galaxy Note20 Ultra, yang miliki sensor besar 108MP plus kamera periskop 50x zoom.

Material yang digunakan juga lebih baik dari generasi sebelumnya. Samsung telah memberikan proteksi kaca Gorilla Glass Victus, yang diklaim sanggup untuk bertahan dari ketinggian mencapai 2 meter sekalipun. Hal ini cukup krusial untuk penggunaan tanpa case, terutama layar Galaxy Note20 Ultra yang memiliki lengkungan di kedua sisi kiri dan kanannya.

Responsivitas S Pen yang Ditingkatkan

Apalagi yang dicari jika bukan stylus pada flagship Samsung yang satu ini? Samsung selalu berikan peningkatan menarik tiap kali S Pen pada Galaxy Note dirilis setiap tahunnya. Jika tahun lalu Samsung memperkenalkan pengendalian dengan gestur, pada Galaxy Note20 series, peningkatan yang dibawa lebih fokus terhadap pengalaman menulis secara digital.

Kombinasi sensor giroskop, akselerometer beserta kecerdasan buatan (AI) dimanfaatkan untuk penulisan yang lebih akurat. Meski dimensi fisiknya sama persis, latensi pada stylus S-Pen Galaxy Note20 Ultra berhasil dikurangi hingga 80% dari seri Galaxy Note10, kini hanya 8ms saja (26ms di Galaxy Note20). Responsivitas yang tinggi dengan latensi rendah membuat penulisan di layar kaca serasa seperti menulis di atas kertas.

Air gesture pada stylus-nya juga ditambah. Pengguna dapat melakukan gerakan sesuai dengan model tombol kapasitif seperti tanda “>” untuk masuk menu multitask, “^” untuk kembali ke menu, dan “<” untuk kembali ke menu sebelumnya. Sementara menggerakkan S Pen otomatis mengambil tangkapan layar dan memunculkan fitur untuk coret-coret gambar.

Pencatatan Lebih Mudah di Samsung Galaxy Note20

S Pen Galaxy Note20

Proses pencatatan dari beberapa generasi sebelumnya memang sudah dibuat jauh lebih mudah. Nggak perlu repot-repot buka kunci, akses aplikasi pencatatan tertentu baru mencatat. Pengguna hanya perlu mengeluarkan stylus dari slot penyimpanan dan bisa langsung menuliskan catatan cepat lewat fitur Screen off memo. Namun yang tidak kalah penting adalah kemudahan aksesnya.

Samsung Notes di Galaxy Note20 series kini telah disempurnakan. Semua catatan yang tersimpan bisa diakses dari beragam perangkat lain, baik itu tablet maupun PC sekalipun. Tak hanya itu, kerja sama yang dijalin antara Samsung dan Microsoft nantinya memungkinkan seluruh catatan di Samsung Notes tersinkron pada OneNote, mudahkan pengguna Office 365.

Kurang handal dalam menulis tangan? Fitur auto straigthen dapat secara otomatis membuat pencatatan tersusun rapi, termasuk mengubahnya menjadi teks yang bisa di-copy & paste. Pengguna juga bisa memanfaatkan fitur Audio Bookmark, untuk merekam proses penulisan sembari berikan catatan suara, yang nantinya bisa diputar kembali untuk referensi atau kebutuhan lainnya.

Kamera Video 8K Hingga 50x Zoom

Kamera Galaxy Note20

Menjadi seri yang lebih fokus pada fitur produktivitas, bukan berarti kurang unggul dalam sektor kamera. Samsung Galaxy Note20 Ultra punya konfigurasi kamera utama serupa Galaxy S20 Ultra, yang bahkan lebih ditingkatkan. Meski kemampuan perbesaran digitalnya hanya mencapai 50x zoom, kamera telefoto 12MP-nya punya diafragma yang lebih besar di f/3.0.

Sementara untuk sensor utamanya, masih gunakan resolusi 108MP f/1.8 dengan PDAF dan OIS. Hanya khusus pada seri ini, terdapat sebuah sensor tambahan yaitu laser auto focus system, untuk percepat waktu pengambilan fokus di segala kondisi. Sementara kamera Galaxy Note20 gunakan setup serupa Galaxy S20+, dengan 12MP Dual Pixel AF dan telephoto 64MP hingga 30x zoom.

Samsung Galaxy Note20 Hadir dalam Dua Pilihan Ukuran

Samsung Galaxy Note20 series

Jadi yang terbaik, Galaxy Note20 Ultra seolah gunakan basis yang sama seperti Galaxy S20 Ultra. Layar edge screen punya dimensi 6,9 inci, dengan bezel yang sangat ramping. Panel Dynamic AMOLED 2X Infinity-O Display punya kecerahan mencapai 1500 nits, dengan refresh rate 120Hz.

Sementara Galaxy Note20 hadir lebih sederhana, dengan resolusi FHD+ 60Hz. Layarnya dibuat flat dan tetap mendukung konten HDR10+. Jika Galaxy Note10 punya layar 6,3 inci, Galaxy Note20 lebih besar di 6,7 inci. Gunakan material polikarbonat, bobotnya tetap terjaga alias tak sampai 200 gram.

Pre-order Samsung Galaxy Note20 series di Indonesia sedang berlangsung hingga 16 Agustus mendatang. Tersedia promo cashback dari bank yang bekerja sama hingga Rp1 juta, dengan penawaran cicilan 0% hingga 24 bulan. Galaxy Note20 8/256GB dijual seharga Rp14,499 juta, sementara Galaxy Note20 Ultra mulai dari Rp17,999 juta & Rp19,999 juta untuk kapasitas 256GB & 512GB.

Sebagai bonus tambahan, pembelian Galaxy Note20 akan disertai dengan e-voucher untuk membeli Galaxy Buds Plus secara gratis. Sedangkan Galaxy Note20 Ultra mendapat Galaxy Buds Live, TWS terbaru Samsung yang dilengkapi dengan ANC.


Cek harga Smartphone Samsung di:

ERASPACE.com Lazada.co.id Shopee.co.id Blibli JD.ID Tokopedia.com


Disclosure: artikel ini merupakan kerja sama dengan Samsung Electronics Indonesia