Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Ajak Masyarakat #MudikOnline, Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Gandeng TikTok

Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19  bekerja sama dengan aplikasi TikTok meluncurkan kampanye #MudikOnline yang dimulai sejak tanggal 15 Mei 2020. Kampanye ini merupakan bentuk dukungan terhadap kebijakan pemerintah mengenai larangan mudik tahun 2020.

Sejak adanya pandemi COVID-19, pemerintah memberikan himbauan bagi masyarakat untuk tidak mudik di Hari Raya Idul Fitri untuk mengurangi penyebaran virus COVID-19 di Indonesia. Doni Monardo, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, mengatakan dalam menghadapi pandemi ini, berbagai pihak perlu bekerjasama untuk dapat menyebarkan pesan larangan mudik secara lebih luas, dan memberikan solusi alternatif kepada masyarakat.

“Program #MudikOnline dengan TikTok merupakan salah satu upaya dalam memberikan solusi yang kreatif, sehingga masyarakat tetap bisa terhubung dengan keluarganya di kampung halamannya dan merayakan hari raya Idul Fitri, meskipun tetap melakukan physical distancing,” kata Doni di Jakarta (18/05).

Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 sendiri telah memiliki akun TikTok yakni @lawancovid19_id. Salah satu kontennya diisi oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang memberi pesan untuk tidak mudik demi mencegah kematian dan penularan Covid-19.

Kampanye #MudikOnline TikTok

#MudikOnlineBerdasarkan data “Digital 2020: Indonesia” dari Hootsuite, terdapat 171 juta pengguna mobile internet dan jumlah ini cenderung meningkat selama pandemi COVID-19 berlangsung. Dengan tren ini, sejumlah kepala daerah turut memberikan dukungan atas program #MudikOnline ini.

Kampanye ini meliputi berbagai kegiatan yang mengajak pengguna untuk tetap berbahagia dan bersemangat dalam menyambut hari raya Idul Fitri dan merasakan suasana mudik secara online.

Menurut Donny Eryastha, Kepala Kebijakan Publik TikTok Indonesia, Malaysia dan Filipina, di tengah pandemi COVID-19, ia melihat jika TikTok  tidak hanya memberikan inspirasi tetapi juga menjadi ajang bagi keluarga berkumpul dan berkreasi bersama. Banyak pengguna mengajak kakek dan nenek atau orang tua mereka untuk kolaborasi dalam video kreatif.

“Kami berharap #MudikOnline dapat membantu mendekatkan orang-orang tercinta yang jauh dan dapat memberikan kita semangat dalam menghadapi pandemi ini,” ujar Donny.

“Jika ada dua pilihan antara membawa kebaikan dengan silaturahmi, dan mencegah kematian dengan tidak mudik, maka pilihlah yang kedua dan tidak memberikan penularan. Selamat mudik digital, selamat mudik melalui teknologi,” ujar Ridwan Kamil, Gubernur Provinsi Jawa Barat, melalui videonya di akun TikTok milik Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, @lawancovid19_id.

Untuk mengikuti kampanye #mudikonline, pengguna dapat membuat video singkat berdurasi 15-60 detik, memanfaatkan fitur duet untuk berkolaborasi dengan keluarga yang tinggal berjauhan dalam membuat video yang menunjukkan bagaimana Anda dan keluarga akan menghabiskan waktu #mudikonline. Tambahkan juga musik #mudikonline untuk menambah suasana khas hari Idul Fitri.

#MudikOnline merupakan salah satu komitmen TikTok dalam mendukung pemerintah menanggulangi COVID-19 melalui keberagaman konten. Sebelumnya, TikTok juga menghadirkan kampanye #SamaSamadiRumah dengan 7,8 miliar views untuk mengajak masyarakat melakukan berbagai kegiatan produktif di rumah. Selain itu TikTok juga memberikan bantuan tunai sebesar 100 miliar rupiah bagi tenaga kesehatan yang disalurkan  melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 di Indonesia.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.