Netflix Hadirkan Video Streaming AV1 di TV dan PS4 Pro, Seperti Apa?

California, Gizmologi – Demi memperbaiki kualitas tayangan, mulai Rabu (10/11), Netflix menghadirkan layanan video streaming AV1 (AOMedia Video 1) kepada para pelanggan setia lewat perangkat televisi dan PS4 Pro.

Sejauh ini Netflix masih terus melakukan pengujian A/B test. Dengan membandingkan kedua format yang diterapkan dalam layanan streaming video. Dalam beberapa poin pengujian, seperti drop quality dan play delay mengalami penurunan.

Apabila hal tersebut terus terjadi, maka ada kemungkinan layanan ini akan terus dipertahankan hingga peralihan secara menyeluruh dari format sebelumnya.

Baca juga: Netflix Games Resmi Hadir di Android, Bawa 5 Judul Game Gratis

Kelebihan Format Video Streaming AV1

NetflixHadirnya format video baru ini memungkinkan pelanggan untuk menikmati sajian video terbaik hingga resolusi 4K dan 8K dengan mudah. Sebab layanan streaming AV1 memiliki kemampuan kompresi tinggi agar lajut bit lebih rendah dan mereduksi penggunaan data internet.

Layanan streaming AV1 sebelumnya sudah digunakan Netflix untuk perangkat Android sejak Februari lalu. Menurut mereka penggunaan format tersebut meningkatkan kualitas tayangan hingga 20% dibandingkan dengan format VP9. Seiring kesadaran bahwa lebih banyak pelanggan yang memakai perangkat televisi untuk streaming, maka format AV1 pun akhirnya kini diaplikasikan ke perangkat tersebut.

Streaming AV1 Menggunakan PS4 Pro

streaming AV1
Pelanggan bisa memanfaatkan PS4 Pro untuk menikmati layanan video streaming AV1.

Netflix menyadari bahwa layanan streaming AV1 masih terbatas pada kompatibilitas TV pintar yang dimiliki pelanggan. Pelanggan perlu menyesuaikan kemampuan TV-nya apabila hendak mengadopsi format ini. Televisi yang memiliki kemampuan decoding AV1 ditemukan pada model TV berteknologi 4K dan 8K, beberapa dengan chipset dari Mediatek.

Menariknya Netflix melirik penggunaan Playstation 4 Pro untuk digunakan dalam menikmati layanan streaming AV1 ini. Perangkat konsol tersebut diketahui memiliki dekoder dengan kemampuan mengolah format AV1. Sehingga ada kemungkinan pemilik PS4 Pro juga dapat menikmati kualitas serupa meskipun belum memiliki TV kelas atas.

Tinggalkan komen