alexa
Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Nokia 1.4 Diresmikan dengan Layar Besar & Dua Kamera Belakang

Ketika smartphone kelas menengah hadir membawa fitur dari lini flagship, seri entry level atau smartphone terjangkau juga semakin canggih dan lengkap fiturnya. Dimensi layarnya tak kalah besar, kemampuan fotografinya juga meningkat. Seperti Nokia 1.4 yang baru saja dirilis secara diam-diam oleh HMD Global, pemegang lisensi tunggal smartphone Nokia.

Tampil jauh lebih keren dari sebelumnya, Nokia 1.4 adalah sebuah smartphone yang dirilis untuk memenuhi kebutuhan keluarga atau masyarakat di masa pandemi. Fokus utamanya adalah hadir sebagai perangkat multifungsi, untuk nikmati konten hiburanm sekolah daring, sampai keperluan pekerjaan orang tua di rumah.

“Desainer kami menemukan fakta bila jutaan keluarga di seluruh dunia menghabiskan waktunya lebih banyak di rumah. Menanggapi itu, kami tingkatkan ukuran layar Nokia 1.4 semaksimal mungkin, sehingga orang tua, pengasuh dan anak bisa tetap terhubung dan produktif,” terang Juho Sarvikas, CPO dan VP HMD Global untuk Amerika Utara. Kemampuan kameranya juga meningkat berkat bantuan kecerdasan buatan dari Google.

Menggunakan material plastik bertekstur, desain Nokia 1.4 sangat mirip dengan Nokia 3.4, gunakan modul kamera melingkar dengan sensor sidik jari yang disematkan di bagian bawahnya. Ada tiga opsi warna menarik yang bisa dipilih, yaitu Fjord, Charcoal dan Dusk. Bobotnya tergolong ringan, hanya 178 gram saja.

Baca juga: Nokia 5.4 Lolos TKDN, Bakal Segera Rilis di Indonesia

Nokia 1.4 Punya Sensor Kamera Makro dengan Bantuan AI

Nokia 1.4

Punya layar paling besar di generasi 1 series, Nokia 1.4 dilengkapi dengan layar waterdrop notch, berdimensi 6,517 inci dengan resolusi HD+. Dimensi layar tersebut dinilai pas untuk kebutuhan seperti sekolah daring maupun panggilan video dengan teman dan anggota keluarga lain.

Menjalankan system operasi Android 10 Go edition, HMD bakal segera siapkan pembaruan ke Android 11 ketika Nokia 1.4 tersedia di pasaran. Penggunaan versi Android ini cukup penting, karena chipset-nya sendiri tergolong minimalis, yaitu Qualcomm Snapdragon 215 rilisan 2019 dengan CPU quad-core Cortex-A53 1,3GHz. Dipadukan dengan kapasitas RAM 1/2/3GB, bergantung dari masing-masing regional.

Selain memori RAM yang beragam, pilihan penyimpanan internalnya juga tersedia mulai 16GB hingga 64GB, dengan slot kartu microSD yang bisa menampung sampai 128GB. Meski bukan termasuk bagian dari Android One, Nokia 1.4 bakal mendapat jaminan pembaruan keamanan hingga tiga tahun mendatang, memastikan perangkat terbebas dari risiko-risiko keamanan di internet.

Menariknya, Nokia 1.4 dilengkapi dengan dua sensor kamera belakang. Sensor utamanya beresolusi 8MP, sementara sensor sekunder yang diusung berjenis kamera makro 2MP. Selain bisa ambil foto objek kecil atau jarak dekat, smartphone murah Nokia ini juga bisa hasilkan foto potret dan mode malam khusus, memanfaatkan AI dari aplikasi Google Camera Go. Untuk swafoto, disiapkan kamera 5MP di bagian depan.

Dengan kapasitas baterai 4,000 mAh, HMD Global janjikan penggunaan hingga dua hari pemakaian pada Nokia 1.4. Tentunya, karena ini adalah perangkat terjangkau, masih gunakan port micro-USB tanpa fast charging. Setidaknya, ada jack audio 3,5mm untuk gunakan earphone kabel favorit.

Ketersediaan & Harga Nokia 1.4

Nokia 1.4

Nokia 1.4 bakal mulai tersedia secara global mulai hari ini (3/2), secara bertahap untuk masing-masing regional. Smartphone ini hadir dengan harga yang dirasa pas untuk masyarakat yang inginkan perangkat multifungsi berkualitas, tanpa perlu merogoh kocek dalam-dalam.

Harga resminya sendiri dibanderol 99 Euro, atau sekitar Rp1,6 jutaan. Umumnya, harga untuk pasar Asia bakal lebih murah, dan HMD juga belum sebutkan apakah harga tersebut untuk varian termurahnya, atau untuk kapasitas 3/64GB. Dari spesifikasi yang ditawarkan, apakah layak untuk smartphone Rp1 jutaan bagi Gizmo friends?

Tinggalkan komen