Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Nokia 5.4 Lolos TKDN, Bakal Segera Rilis di Indonesia

0 2.359

Tidak hanya produsen smartphone saja yang berlomba rilis produk baru di awal tahun 2021, bahkan chipset pun juga banyak yang baru. Namun semangat ini sepertinya tidak sejalan dengan merk asal Finlandia, Nokia. Peluncuran terakhirnya, Nokia 5.4 diadakan pada pertengahan Desember 2020 lalu.

Dalam sebuah sesi webinar yang diadakan secara daring (15/12), HMD Global selaku pemegang lisensi tunggal merk smartphone Nokia, mengundang beberapa rekan media termasuk Gizmologi untuk mengupas spesifikasi dari Nokia 5.4. Hal tersebut sekaligus beri pernyataan bila smartphone kelas menengah ini bakal dihadirkan resmi di Tanah Air, meneruskan seri Nokia 5.3 yang sudah rilis sejak Juni lalu.

Smartphone tersebut tentunya sudah dinanti-nanti, terutama oleh mereka yang memang gemari merk Nokia sejak dulu. Bagi Gizmo friends yang juga menunggu, kali ini ada kabar baik terkait Nokia 5.4. Android Nokia terbaru ini baru saja lolos dari sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).
Baca juga: Review Nokia Power Earbuds Lite: TWS Pertama, Baterai Prima

Nokia 5.4 Sudah Lolos TKDN 20 Januari

Nokia 5.4 - TKDN

Informasi tersebut kami kutip dari Nokianesia, yang menginfokan bila Nokia 5.4 sudah lolos uji TKDN per tanggal 20 Januari 2021 kemarin. Sertifikasi tersebut bisa dilihat langsung di situs Kementrian Perindustrian Indonesia atau Kemenperin. TKDN harus dilalui sebagai syarat smartphone 4G yang bakal dijual resmi di Indonesia.

Nokia 5.4 yang memiliki kodenama Nokia TA-1337 tersebut hadir resmi melalui PT. Halo Mobile Device Indonesia. Meraih nilai TKDN 30,73%, sudah lolos dan tinggal memenuhi uji lainnya, seperti melalui lembaga Postel dari Ditjen Postel Indonesia. Hingga saat ini, informasi terkait masih belum tersedia di halaman resminya.

Sebelumnya, HMD Global mengatakan bila Nokia 5.4 bakal hadir di beberapa wilayah Asia, termasuk Indonesia pada akhir kuartal pertama 2021. Itu artinya, batas akhir adalah bulan Maret 2021 mendatang. Apakah bakal hadir di awal atau akhir bulan, kami masih belum mendapat informasinya.

Produk aksesorinya sendiri, Nokia Power Earbuds Lite yang sudah kami ulas saja tak kunjung diresmikan sampai saat ini. Semoga tidak lama, atau setidaknya bersamaan dengan kehadiran Nokia 5.4 nanti ya. Supaya tidak terlewat momennya, atau bahkan disalip oleh produsen lain yang selalu tancap gas tiap bulannya.

Spesifikasi Nokia 5.4

Nokia 5.4

Sesuai dengan penamaannya, Nokia 5.4 bakal hadir sebagai penerus dari seri Nokia 5.3. Meski sebenarnya tak sepenuhnya naik, karena ada penyesuaian spesifikasi di sana-sini. Sebut saja penggunaan layarnya yang kini beresolusi HD+, meski sudah lebih modern dengan desain punch-hole 6,39 inci.

Setidaknya, Nokia 5.4 tampil menarik dengan dua warna yang terinspirasi dari Nokia 8.3 5G, yaitu Dusk dan Polar Night yang punya efek gradien. Jalankan chipset Snapdragon 662, kapasitas RAM-nya 6GB dengan penyimpanan internal 64GB. Juga masih miliki baterai 4,000 mAh tanpa dukungan fast charging.

Peningkatan paling menonjol ada pada bagian kameranya. Gunakan sensor utama 48MP, Nokia 5.4 bisa rekam video dengan format sinematik rasio 21:9 24fps, plus opsi 60fps. Meski belum gunakan lensa dari ZEISS, disematkan teknologi OZO Spatial Audio untuk efek suara 360 derajat, plus peredam suara angin.

Saat diluncurkan akhir tahun lalu, HMD Global memasang harga ritel global 189 Euro, atau sekitar Rp3,2 jutaan. Dengan harga tersebut, HMD bakal kesusahan untuk melawan brand lain, terutama bila dibandingkan secara spesifikasi. Semoga harganya bisa lebih terjangkau, ya.