Nokia Bantah Tinggalkan Android demi HarmonyOS, Bakal Rilis Seri 5G Akhir 2021

Setelah bertahun-tahun gunakan sistem operasi Android untuk smartphone dan tabletnya, Huawei secara resmi memutuskan untuk pakai HarmonyOS, yang bakal diterapkan ke seluruh rangkaian ekosistem perangkatnya. Dengan begitu, seluruh perangkat dapat terhubung secara seamless, berikan kemampuan untuk kolaborasi satu sama lain lebih mendalam.

Seolah tidak ada angin dan hujan, tiba-tiba muncul bila HMD Global, selaku pemegang lisensi merek smartphone Nokia, merencakan untuk ikut gunakan HarmonyOS pada jajaran smartphone-nya. Rumor tersebut muncul bersamaan dengan spekulasi kehadiran Nokia X60 dan X60 Pro, dikabarkan pertama kali bakal hadir di China dengan spesifikasi setara flagship.

Baca juga: Nokia C1 2nd Edition, Smartphone Android 3G Harga Rp900 Ribuan

Smartphone Nokia sendiri secara konsisten hadir dengan Android, mulai dari pertama kali comeback alias kembali ke industri ponsel sejak 2017 hingga saat ini. Coba hadirkan diferensiasi, seluruh perangkatnya menjalankan versi Android yang clean dan minim bloatware. Lebih diutamakan bagi mereka yang inginkan fitur keamanan terbaik dan pembaruan berkala.

Dibantah Langsung Oleh Huawei dan HMD Global

harmony os

Lalu darimana rumor tersebut berasal? Pada akhir bulan lalu, tepatnya sekitar 30 Juni 2021, sebuah artikel dari situs ITHome menyebutkan bila sebuah media asal Taiwan kabarkan informasi yang kontroversial tersebut. Dikabarkan bila tahun ini Nokia X60 dan X60 Pro bakal hadir sebagai perangkat pertama dengan HarmonyOS milik Huawei.

Tak hanya itu, rumor tersebut hadir lengkap beserta spesifikasinya, yang mungkin terdengar seperti impian alias terlampau tinggi. Beberapa di antaranya seperti layar dengan sudut lengkung, baterai berkapasitas 6,000 mAh, sampai kamera dengan sensor utama 200MP.

Tidak membutuhkan waktu lama sampai masing-masing pihak melakukan klarifikasi atas rumor penggunaan HarmonyOS. Pada waktu yang sama, Huawei secara resmi menyampaikan bantahannya kepada media asal China, Global Times, terkait informasi kehadiran HarmonyOS di perangkat Nokia terbaru.

Sementara pihak Nokia melalui The Paper menyebutkan bila pihaknya telah memahami kalau kebanyakan penggunanya menginginkan smartphone Nokia menggunakan sistem operasi Android. Menambahkan kalau, “komitmen kami untuk memberikan pengalaman Android tetap teguh.”

Seperti yang kita tahu, kerja sama antara pihak HMD Global dengan Google memang cukup serius. Hampir seluruh serinya masuk ke dalam program Android One, mendapat jaminan pembaruan secara berkala. Tak sedikit pula seri smartphone yang dilengkapi dengan tombol khusus, sebagai pintasan untuk akses asisten suara Google.

Bakal Rilis Smartphone 5G Baru di Akhir 2021

Spesifikasi Nokia 8.3 5G
Nokia 8.3 5G

Apakah Gizmo friends menantikan seri flagship bermerek Nokia? Bila iya, ada secercah harapan yang baru saja muncul. Kabar ini tidak muncul dari sumber yang sembarangan, namun didapat dari salah satu karyawan HMD Global.

Adalah Yucheng Zhang, bekerja sebagai Marketing Specialist di HMD Global untuk wilayah China. Lewat akun media sosial Weibo pribadinya, Yucheng dikenal aktif dalam menjawab pertanyaan seputar Nokia. Salah satunya pertanyaan terkait kapan smartphone 5G terbaru bakal hadir.

Ia kemudian menjawab dengan “double 11”, yang merupakan terjemahan dari 11 November. Namun beberapa waktu kemudian, komentar tersebut diganti dengan “tahun ini”. Memang, Yucheng tak secara langsung menjawab pertanyaan terkait flagship.

Namun saat ini, Nokia X10 & Nokia X20 sudah hadir resmi sebagai smartphone 5G terjangkau kelas menengah. Sehingga kemungkinan untuk HMD rilis perangkat 5G dalam kelas lebih tinggi bisa saja terjadi. Selain itu, Yucheng juga membahas terkait penamaan smartphone Nokia terbaru.

Nokia C series hadir untuk menggabungkan seri C dan seri angka 1. Lanjut dengan Nokia G series untuk gantikan seri angka 2 sampai 5, dan Nokia X series untuk seri angka 6 ke atas. Peringkasan ini mirip seperti apa yang dilakukan oleh Samsung, di mana kini telah leburkan kelas entri, menengah sampai mendekati flagship lewat Galaxy A series.

Tinggalkan komen