alexa

OnePlus Watch Ramaikan Pasar Smartwatch Harga Rp3 Jutaan

Ketika saudara satu induknya yang lain sudah hadirkan beragam jenis perangkat wearable, OnePlus menjadi yang paling akhir. Pada 2020 lalu, terhitung hanya ada satu perangkat smartband, OnePlus Band yang hadir dengan spesifikasi kurang menarik. Kali ini, dengan hadirnya OnePlus Watch, situasinya sudah jauh lebih baik.

OnePlus Watch adalah smartwatch pertama dari OnePlus, setelah dirumorkan bakal hadirkan jam tangan pintar sejak lama. Perangkat ini diklaim hadirkan fitur yang kaya, dalam segmen harga yang tergolong murah. Membawa pendekatan desain lebih stylish, tak mencoba untuk tampilkan bodi rugged. Sehingga lebih cocok untuk beragam keperluan.

Smartwatch ini hadir dalam satu dimensi saja, yaitu 46mm. Diameter tersebut bakal sedikit kebesaran terutama untuk pengguna wanita, meski OnePlus mengklaim bila bakal cocok-cocok saja. Berkat desain OnePlus Watch yang dibuat tipis dan ringan, hadir dalam opsi strap karet serta kulit hijau dengan warna bodi stainless steel yang berbeda-beda.

Baca juga: OnePlus 9 & 9 Pro, Flagship Mewah Berkamera Hasselblad

Keunggulan Jam Tangan Pintar OnePlus Watch

OnePlus Watch

Tampilan depan dari OnePlus Watch terlihat sangat mirip Galaxy Watch Active 2. Kualitasnya pun cukup baik—layarnya punya diameter ukuran 1,39 inci, gunakan panel OLED dengan kerapatan piksel 326ppi. Proteksinya bukan sekadar Gorilla Glass, namun menggunakan material dari batu safir.

Dengan bantuan pintasan dua tombol pada bodi sebelah kanan, tentunya layar tersebut mendukung input sentuh. Jalankan RTOS alias sistem operasi custom, ada banyak yang bisa dilakukan di dalamnya. Konektivitasnya lengkap, mulai dari Wi-Fi, Bluetooth dan GPS.

Tidak hanya meneruskan notifikasi dari smartphone saja, panggilan telepon pun bisa dilakukan langsung dari OnePlus Watch, selain kemampuan untuk mengontrol musik tentunya. Bahkan jika penggunanya memiliki OnePlus TV, bisa dikendalikan secara penuh dari layar smartwatch.

Sementara untuk mendukung aktivitas maupun kegiatan olahraga, OnePlus Watch didukung oleh pendeteksian lebih dari 110 jenis olahraga. Termasuk berenang, karena sudah mendukung standar 50 ATM & IP68 yang juga membuatnya tahan debu. Tentunya, fitur seperti pencatat denyut jantung dan kadar SpO2 juga hadir.

OnePlus juga hadirkan fitur kesehatan tambahan seperti monitor tingkat stress, serta cara untuk melakukan latihan pernapasan. Terdapat RAM 1GB dengan memori 4GB pada OnePlus Watch, di mana setengah kapasitasnya bisa dimanfaatkan untuk menyimpan lagu.

Punya Daya Tahan Baterai 2 Minggu Penggunaan

OnePlus Watch

Bukan perangkat OnePlus namanya bila tidak disertakan dengan teknologi pengisian daya instan. OnePlus Watch sendiri memiliki kapasitas baterai yang cukup untuk penggunaan hingga 14 hari. Sementara ketika habis, cukup isi 20 menit untuk penggunaan satu minggu.

Metode pengisiannya menggunakan pogo charger, lebih praktis daripada gunakan docking khusus dengan magnet. Untuk seluruh fitur kesehatan lengkap yang dikemas dalam tampilan stylish, OnePlus Watch bakal tersedia dalam opsi warna standar hitam dan putih.

Harganya mencapai INR6,999 di India, atau sekitar Rp3,3 jutaan. Penjualan pertamanya bakal dimulai pada minggu kedua bulan April mendatang. Sementara untuk varian khusus dengan strap berwarna hijau, OnePlus belum bisa menyampaikan kapan dan berapa harganya, setidaknya pada tahun ini.

Tinggalkan komen