OnePlus 9 & 9 Pro, Flagship Mewah Berkamera Hasselblad

Pabrikan smartphone yang masih satu induk dengan OPPO dan vivo, OnePlus baru saja merilis tiga seri smartphone flagship terbarunya. Selain OnePlus 9 & 9 Pro, dihadirkan juga OnePlus 9R yang menyasar negara tertentu. Namun fokus acara peluncuran tentu lebih kepada dua seri pertama, yang usung setup kamera mewah.

Mengapa disebut mewah? Pasalnya, Hasselblad sendiri adalah merek pembuat kamera legendaris dengan produknya yang rilis harga selangit. Kerja sama yang dijalin oleh kedua pihak tersebut juga tak sebatas saat ini saja—setelah OnePlus 9 & 9 Pro, OnePlus bakal tetap bekerja sama hingga tiga tahun ke depan, berinvestasi dengan nilai mencapai USD 150 juta.

Kalau kamera Hasselblad sebelumnya berhasil terbang ke bulan, kali ini bagian dari teknologinya hadir ke dalam sebuah smartphone Android flagship terbaru dari OnePlus. Keduanya hadir dengan desain yang cukup mirip, dengan perbedaan di sana sini. Mulai dari OnePlus 9 Pro yang hadir sebagai produk unggulannya.

Lantas teknologi kamera seperti apa yang sebenarnya dihadirkan oleh kedua pihak tersebut? Dalam mengembangkan kemampuan fotografinya, Hasselblad berfokus untuk tingkatkan color science, atau bagaimana kamera smartphone hasilkan warna terbaik. Sensornya sendiri dirancang oleh Sony, gunakan IMX789 beresolusi 48MP.

Baca juga: Lepas dari OnePlus, Carl Pei Dirikan Nothing & Akuisisi Essential

Keunggulan Spesifikasi Kamera OnePlus 9 Pro

OnePlus 9 Pro

Tak mencapai 108MP, memang, namun dimensi sensornya sangat besar di 1/1.43 inci, sehingga ukuran piksel individunya tergolong besar, mampu tangkap cahaya lebih banyak. Mendukung OIS, dual native ISO, DOL-HDR dan on-chip lens (OCL) 2×2. Sensor tersebut bisa ambil foto 12-bit RAW, dan dilengkapi mode profesional dengan embel-embel Hasselblad, lengkap dengan tombol shutter oranye.

Serupa dengan OPPO Find X3 Pro, sensor kamera ultra wide-anglenya juga tak kalah superior. Masih gunakan sensor Sony, kali ini IMX766 50MP berjenis freeform lens. Jenis lensa tersebut mungkinkan distorsi pada ujung frame sangat minim hingga 1% saja. Punya kemampuan autofokus untuk foto makro atau jarak dekat hingga 4cm.

Selain itu, ada sensor B&W 2MP dan telefoto 3,3x optical zoom yang hanya beresolusi 8MP saja, meski dibantu dengan OIS. Perekaman videonya mencapai 8K 30fps dan 4K 120fps. Dan konten dapat ditampilkan lewat layar 6,7 inci LTPO dengan adaptive refresh rate 120Hz, beresolusi tinggi mencapai QHD+.

Serupa dengan Mi 11, layar OnePlus 9 Pro telah mengantongi nilai A+ dari DisplayMate, jaminan kualitas tinggi. Selain fotografi, kemampuan gamingnya juga diunggulkan berkat penggunaan cip Snapdragon 888 serta sistem pendingin yang ditingkatkan. Punya dimensi vapor chamber lebih luas, serta lapisan grafit lebih tebal dari seri sebelumnya.

Lewat teknologi Warp Charge 65T, mengisi daya baterai 4,500 mAh hanya membutuhkan waktu 29 menit. Sementara dukungan nirkabel Warp Charge 50W juga hadir, tak kalah kencang mencapai 43 menit hingga 100%. OnePlus juga hadirkan sertifikasi IP68, plus opsi warna Pine Green dengan lapisan kaca matte.

OnePlus 9 Hadir Lebih Sederhana

Oneplus 9

Sementara OnePlus 9 biasa hadir dengan sensor kamera utama yang dibawa dari seri sebelumnya, yaitu Sony IMX689. Tanpa OIS, mode perekaman 4K 120fps juga dihilangkan. Sementara sensor ultra-wide masih sama persis, namun sensor telefoto terpaksa absen.

Perbedaan lainnya ada pada teknologi layarnya. Selain penampang yang lebih kecil di 6,55 ini, permukaannya flat alias datar, beresolusi full HD+ saja. Meski begitu, masih mendapatkan nilai A+ dari lembaga uji layar DisplayMate.

Baik chipset, sistem pendingin dan kapasitas baterai masih sama. Fitur ekstra lain yang dipangkas adalah dukungan pengisian daya cepat secara nirkabel, alias maksimal hanya 15W saja (dan khusus unit versi Amerika Utara serta Eropa). Keduanya sama-sama punya speaker stereo, dukungan Dolby Atmos dan kamera depan Sony IMX471 16MP.

Harga OnePlus 9 & 9 Pro

OnePlus 9 Pro

Baik OnePlus 9 dan OnePlus 9 Pro bakal hadir di tiga wilayah utama terlebih dahulu; Amerika Serikat, Eropa dan India. Negara terakhir cukup menarik, di mana hingga saat ini peminat akan smartphone OnePlus masih tinggi, meski harganya semakin hari semakin naik.

Untuk varian termurah OnePlus 9 dengan opsi memori 8/128GB, bakal dibanderol seharga INR49,999 atau sekitar Rp9,9 jutaan. Sementara untuk OnePlus 9 Pro, dengan memori yang sama, dijual INR64,999 atau mencapai Rp13 juta. Sudah jauh dari smartphone terjangkau, namun melihat desain dan kerja sama yang dijalin, tentu membuatnya lebih layak.

Tinggalkan komen