Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

OPPO Find X3 Pro, Flagship Kamera Mikroskop & 50 MP, Harga Rp19 Jutaan

0 5.924

Setelah cukup banyak bocoran yang telah tersebar di media daring, akhirnya OPPO telah umumkan smartphone terbaiknya untuk menyongsong tahun 2021. Ya, sesuai dugaan, OPPO Find X3 Pro hadir dengan tampilan yang cukup unik, membawa setup kamera gahar dengan sebuah sensor berbeda dari smartphone lain yang sudah ada.

Menjadi sebuah perangkat flagship, peningkatan yang dibawa ke OPPO Find X3 Pro tergolong menyeluruh. Tak hanya tampilan dan kamera saja, performanya pun ditingkatkan, dengan layar yang juga lebih superior. Tentunya, bakal ada yang berbeda dari seri Find X2 Pro sebelumnya, termasuk dari material bodi yang digunakan.

Tak seperti pendahulunya yang gunakan kulit vegan, OPPO Find X3 Pro gunakan sebuah kaca yang dilengkungkan pada bagian modul kamera belakang, terlihat memiliki lengkungan yang kontinyu. Bagian kerangkanya gunakan bahan aluminum, dengan bobot total 193 gram dan ketebalan 8,26mm, masih tergolong tipis dan ringan untuk sebuah flagship.

Baca juga: Prediksi Teknologi OPPO Find X3 Pro di Kalangan Profesional

Spesifikasi OPPO Find X3 Pro

OPPO Find X3 Pro

Di bagian depan, sekilas tak banyak yang berubah dari seri sebelumnya. Panelnya kini berukuran 6,7 inci, punya bezel sangat tipis, dengan resolusi maksimum QHD+ dan panel AMOLED LTPO hemat daya. Layar tersebut mendukung refresh rate 120Hz, touch sampling rate 240Hz, cakupan warna DCI-P3 100%, dan bisa menyala sampai 1,300 nits.

Selain sensor fingerprint, yang ada di balik layar OPPO Find X3 Pro adalah chipset Snapdragon 888 dengan RAM 12GB dan penyimpanan 256GB. Ditopang dengan baterai 4,500 mAh, sayangnya teknologi pengisian daya 125W belum digunakan. Meski 65W SuperVOOC 2.0 sudah sangat instan, mengisi penuh dalam waktu kurang lebih 30 menit.

Yang baru adalah hadirnya dukungan AirVOOC Wireless Flash Charge, dapat mengisi daya secara nirkabel hingga arus 30W, terisi penuh dalam 80 menit. Speaker smartphone ini stereo, dan sudah tersertifikasi oleh Dolby Atmos.

OPPO Find X3 Pro Dilengkapi Kamera Mikroskop

OPPO Find X3 Pro

Bukan flagship OPPO namanya kalau tidak membawa teknologi kamera superior. Pada OPPO Find X3 Pro, pendekatan yang dibawa cukup berbeda. Di mana yang menjadi bintang adalah dua sensor identik, Sony IMX766 di bodi belakang. Selain dimensi sensornya yang besar secara fisik, masing-masing digunakan sebagai sensor utama dan ultra wide-angle.

Untuk sensor utama, OPPO berikan tambahan OIS dengan diafragma f/1.8, sementara di sensor ultra-wide gunakan f/2.2 dengan EIS. Dengan begitu, kualitas foto keduanya bakal sangat mendekati—sebuah situasi yang jarang ditemui, karena sudah menjadi hal umum bila sensor ultra-wide punya kualitas yang signifikan kurang baik.

Selain sensor telefoto 13MP f/2.4 dengan 2x optical zoom (5x hybrid, 20x digital), ada satu sensor unik yaitu 3MP f/3.0. Jenisnya? Microlens, dengan pembesaran 60x dan dilengkapi lampu kilat di sekelilingnya. Berbeda dengan jenis kamera makro, detil yang bisa ditangkap lebih baik, dengan jarak jauh lebih dekat dengan objek.

Perekaman videonya maksimal ada di 4K 60fps, dan OPPO membawa beberapa fitur dari OPPO Reno5 termasuk AI Highlight Video. Fitur tambahan lainnya adalah mode perekaman manual dengan rasio sinematik, AI Palettes, serta RAW+ yang bisa ambil foto HDR dalam format RAW. Di depan, disiapkan kamera 32MP Sony IMX615.

Find X3 Pro juga menjadi yang pertama untuk menjalankan ColorOS 11.2. Pembaruan minor ini hadirkan fitur eksklusif seperti nada notifikasi yang dibuat langsung oleh Hans Zimmer, seorang composer kenamaan yang sudah mendapatkan sejumlah penghargaan bergengsi.

Ketersediaan & Harga OPPO Find X3 Pro

OPPO Find X3 Pro

OPPO Find X3 Pro bakal tersedia dalam dua opsi warna berbeda untuk versi globalnya; Gloss Black dan Gloss Blue. Sementara di China, varian warna sama sekali berbeda; Condensed White, Mist Blue, Mirror Black dan Cosmic Mocha.

Di negara asalnya, smartphone terbaik OPPO di 2021 ini bakal bisa dipesan mulai dari 19 Maret mendatang. Sementara jadwal kehadiran globalnya baru di penghujung akhir Maret, alias tanggal 30. Di Inggris sendiri baru bakal tersedia mulai 4 April, dan belum ada informasi terkait ketersediaan di Indonesia.

Untuk harganya sendiri, varian global dengan memori 12/256GB bakal dijual seharga 1,149 Euro, atau sekitar Rp19,7 jutaan. Lebih mahal dari versi China di CNY6,999 atau Rp15 jutaan. Kira-kira, sesampainya di Indonesia, bakal ngikutin harga yang mana ya?

Tinggalkan komen