Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

OPPO A15, Smartphone Tiga Kamera Terjangkau

0 1.567

Terus perkuat daya tarik konsumen, OPPO telah hadirkan beragam smartphone dengan spesifikasi yang menarik di tiap segmen harganya. Mulai dari flagship, sampai yang terjangkau seperti OPPO A series yang kini sudah usung layar refresh rate 90Hz.

Untuk segmen harga yang lebih murah lagi, OPPO telah menyiapkan smartphone baru dengan tiga kamera. Diperkenalkan pertama kali di India, OPPO A15 hadir dengan desain yang familiar. Bingkai kamera utamanya menyerupai seri OPPO Reno4 F, sementara bagian depannya mirip A series sebelumnya yang masih gunakan desain waterdrop notch.

Baca juga: OPPO Reno4 F Resmi Masuk Indonesia, Ini Spesifikasi dan Harganya

Spesifikasi OPPO A15, Gunakan Chipset MediaTek

OPPO A15

Menyasar kelas menengah ke bawah, maka wajar bila spesifikasinya kurang spesial. Layar depannya punya resolusi HD+ tanpa refresh rate tinggi, dengan dimensi yang cukup luas di 6,52 inci. Dilengkapi AI Brightness, cara kerjanya sama seperti adaptive brightness bawaan Android 10, sesuaikan kecerahan layar dari kebiasaan dan preferensi penggunanya.

Sudut kiri dan kanan bodi belakangnya dibuat sedikit melengkung, dan dirilis dalam dua varian warna; Mystery Blue & Dynamic Black. Sensor sidik jarinya diletakkan di bawah kamera, sementara port pengisian dayanya masih gunakan micro-USB, sejajar dengan mono speaker dan jack audio 3,5mm. OPPO A15 miliki ketebalan 7,9mm dengan bobot 175 gram.

Tiga kamera belakangnya dilengkapi fitur AI Scene Enhancement, mampu tingkatkan hasil foto sesuai dengan objek yang ditangkap. Selain sensor utama 13MP f/2.2, ada dua sensor tambahan beresolusi 2MP, masing-masing untuk hasilkan efek bokeh serta foto objek jarak dekat (makro). Kamera depan 5MP-nya juga dilengkapi fitur AI Beautification, untuk hasil swafoto yang lebih natural.

Chipset yang dipilih OPPO untuk mentenagai OPPO A15 cukup lawas, yaitu MediaTek Helio P35 rilisan 2016. Chipset ini punya CPU octa-core dengan arsitektur ARM Cortex A53, ditambah GPU IMG PowerVR GE8320. Menjalankan ColorOS 7.2, OPPO berikan teknologi Hyper Boost 2.1 yang diklaim dapat tingkatkan performa gaming dan responsivitas sentuhan layar.

Kapasitas RAM-nya cukup besar di 3GB, dengan penyimpanan internal 32GB yang masih bisa ditambah lewat slot kartu microSD dedicated, sampai 256GB. Sementara baterainya tergolong standar di 4,320 mAh, hadir tanpa dukungan fast charging. Dengan Super Nighttime Standby, OPPO A15 bisa menghemat daya saat standby di jam tidur.

Harga OPPO A15 di India

OPPO A15

Dengan spesifikasi yang tergolong sederhana, OPPO A15 bakal dijual secara resmi lewat Amazon India dengan harga INR10,990, atau sekitar Rp2,2 jutaan. Masih belum bisa dipesan, meski spesifikasi sudah ditampilkan semuanya.

Harga tersebut tergolong nanggung, terutama jika dibandingkan dengan harga smartphone OPPO di Indonesia. Salah satu smartphone terbaru OPPO, yaitu OPPO A33 dijual seharga Rp2,299 juta, sudah membawa layar Neo Display 90Hz, kapasitas baterai 5,000 mAh dan mendukung fast charging 18 watt.