Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Xiaomi Mi 10T Lite, Smartphone 5G Pertama dengan Snapdragon 750G

0 8.443

Pada tanggal 22 September lalu, perusahaan semikonduktor asal AS yaitu Qualcomm telah perkenalkan sebuah chipset baru untuk smartphone. Snapdragon 750G diperkenalkan dengan dukungan jaringan 5G global, serta kemampuan gaming tinggi yang mendukung efek HDR. Saat itu, Qualcomm menyebutkan bila Xiaomi akan jadi yang pertama gunakan chipset ini.

Tak lama setelahnya, Xiaomi akhirnya meresmikan smartphone pertama di dunia yang jalankan chipset terbaru Qualcomm seri 7 tersebut. Adalah Xiaomi Mi 10T Lite, yang dirilis bersamaan dengan dua seri lainnya. Smartphone ini diperkenalkan sebagai opsi yang lebih terjangkau, namun tetap powerful dengan mendukung refresh rate tinggi.

Bila dilihat dari desainnya, mungkin akan terlihat sedikit familiar bagi Gizmo friends. Ya, Mi 10T Lite memiliki desain kamera utama yang mirip dengan Poco X3 NFC, hanya berbeda di peletakan lampu LED, serta opsi warna yang terlihat lebih elegan. Dan sama seperti Poco, smartphone 5G terjangkau Xiaomi yang satu ini punya sensor sidik jari di bodi samping.

Baca juga: Xiaomi Mi 10T & Mi 10T Pro, Flagship Terbaru dengan Layar 144Hz

Keunggulan Xiaomi Mi 10T Lite

Mi 10T Lite

Hal tersebut karena panel layarnya yang belum AMOLED. Dengan permukaan rata, layar milik Mi 10T Lite tetap bisa dibanggakan. Pasalnya sudah mendukung AdaptiveSync display dengan refresh rate mencapai 120Hz. Dimensinya 6,67 inci, beresolusi full HD+ dan sudah mendukung konten HDR10, dengan rasio kontrass 1500:1.

Smartphone yang memiliki bobot 214,5 gram dengan ketebalan 9mm ini juga dilengkapi dengan speaker stereo, serta dukungan Hi-Res Audio. Di bagian bawah, Xiaomi tetap menyediakan jack audio 3,5mm, satu fitur yang abse di Mi 10T maupun Mi 10T Pro. Mi 10T Lite bakal hadir dengan RAM 6GB, dan pilihan memori 64/128GB.

Diklaim tetap powerful, ini adalah smartphone pertama yang dirilis dengan chipset Qualcomm Snapdragon 750G. Prosesornya sudah melalui tahap fabrikasi 8nm, dan menawarkan peningkatan performa jika dibandingkan dengan Snapdragon 730G. Tepatnya, peningkatan 20% pada CPU dan 10% pada GPU. Serta sudah termasuk modem 5G X52 seperti yang ada di Snapdragon 765G.

Mi 10T Lite

Di depan, terdapat kamera punch hole (atau yang Xiaomi sebut dengan “in-display front camera”) beresolusi 16MP f/2.45. Sementara di belakang, ada empat sensor kamera dengan sensor utama 64MP f/1.89, serupa dengan Mi 10T biasa. Lalu ada sensor 8MP ultra-wide f/2.2, 2MP macro dan 2MP depth sensor.

Fitur-fitur seperti enam mode Long Exposure, Time-lapse selfie serta Dual Video (perekaman dengan dua sisi kamera depan dan belakang) tetap dibawa di versi paling murah Mi 10T satu ini. Dan untuk mentenagai fitur-fitur ini, disematkan baterai berkapasitas 4,820 mAh, didukung oleh 33W fast charger.

Selain Mi 10T Lite, Xiaomi Luncurkan GaN Charger 65 Watt

Mi 65W Fast Charger

Xiaomi Mi 10T Lite bakal hadir dengan tampilan antarmuka MIUI 12 berbasis Android 10. Ada tiga pilihan warna yang disediakan; Atlantic Blue, Pearl Gray dan Rose Gold Beach. Varian termurahnya dijual seharga 279 Euro, atau sekitar Rp4,8 jutaan.

Selain merilis tiga seri smartphone Mi 10T, Xiaomi juga merilis sebuah charger baru, dinamakan Mi 65W Fast Charger. Menggunakan standar teknologi GaN, charger ini bisa digunakan untuk isi daya smartphone, konsol gim portabel maupun laptop yang mendukung. Harga ritelnya 29 Euro, atau sekitar Rp500 ribuan.