OPPO CineFinders Rilis 3 Film Pendek, Sepenuhnya dari Kamera OPPO Find X3 Pro

Jakarta, Gizmologi – OPPO selalu bekerja sama dengan pihak ketiga yang benar-benar mampu maksimalkan kemampuan terbaik dari lini flagship-nya, yaitu OPPO Find series. Setelah sebelumnya bekerja sama dengan para fotografer untuk ciptakan hasil karya artistik, kini bersama OPPO CineFinders, menghasilkan karya film pendek eksklusif.

OPPO CineFinders sendiri terdiri dari tiga sutradara film ternama, yaitu Garin Nugroho, Jay Subiyakto dan Riri Riza. Menggunakan kemampuan kamera utama dari OPPO Find X3 Pro 5G, dipersembahkan sebuah hasil karya yang menghasilkan tiga film pendek, seluruhnya diambil dari kamera smartphone yang pakai sensor Sony IMX766—baik sensor wide maupun ultra-wide.

Baca juga: Uji Hasil Kamera OPPO Find X3 Pro

Ketiga film pendek tersebut berdurasi kurang lebih 7 sampai 15 menit, dan masing-masing karya OPPO CineFinders mampu tampilkan bagaimana kamera OPPO Find X3 Pro 5G bisa menangkap warna yang kaya dan akurat—sesuai dengan slogan 1 Billion Colour. Ketiganya bakal ditampilkan di kanal YouTube resmi OPPO Indonesia pada 27 Oktober mendatang.

Tunjukkan Kualitas Kamera Find X3 Pro

OPPO CineFinders
Tangkapan layar dari film pendek “Dedari” milik Jay Subiyakto

Lewat sebuah acara private premiere yang diadakan di kawasan SCBD (22/10), Patrick Owen selaku Chief Creative Officer OPPO Indonesia mengatakan bila pihaknya sangat bangga dapat menggandeng tiga sutradara andal Indonesia tersebut. “Bagi amta pembuat film, kemampuan perangkat dalam menangkap detail gambar dan menampilkan warna yang kaya memegang peranan penting dalam menerjemahkan esensi cerita yang ingin disampaikan.”

Ketiganya sendiri juga menyampaikan beberapa tantangan yang dialami masing-masing, terutama proses pembuatan film yang benar-benar tepat ketika angka positif COVID-19 sedang naik. Salah satu OPPO CineFinders, Garin Nugroho, menampilkan film pendeknya yang cukup unik, yaitu “Siklus”. Gunakan format potret, alih-alih landscape.

Ketika ditanya alasan memilih format tersebut, Garin menyebutkan bila kini masyarakat lebih banyak melihat layar dalam tampilan potret, karena hal tersebut natural saat memegang smartphone. Dalam film-nya, ditampilkan bagaimana kamera wide dan ultra-wide pada OPPO Find X3 Pro 5G bisa dimanfaatkan untuk ambil beragam sudut pandang, baik di dalam maupun luar ruangan. Serta microlens untuk tampilkan detail ekstra yang tak bisa dilihat langsung oleh mata manusia.

Kurang lebih mirip dengan Jay Subiyakto, yang mengatakan bila ia lebih menyukai proses pengambilan gambar tanpa banyak alat maupun kru. Dalam merekam momen tarian sakral pada film “Dedari”, digunakan lima unit OPPO Find X3 Pro 5G sekaligus untuk mengambil stok gambar.

Dimensi Kompak Permudah OPPO CineFinders Ambil Gambar

OPPO CineFinders
Tangkapan layar “You and Me in Low Angle” karya Riri Riza

“Figur smartphone yang kecil dan ringan, beserta fitur-fitur andalannya membantu saya dalam menangkap obyek bergerak dengan fokus yang cepat, dan memungkinkan mengambil gambar dari sudut pandang yang lebih beragam,” jelas Jay. Ia juga mengapresiasi bagaimana kamera smartphone terbaik OPPO bisa tangkap warna yang kaya, meski cuaca sedang berawan sampai kondisi hujan—tetap aman berkat adanya sertifikasi IP68.

Sementara untuk Riri Riza, OPPO CineFinders yang membuat karya berjudul “You and Me in Low Angle” di kota Jogjakarta, menyamakan kamera dari OPPO Find X3 Pro 5G seperti kamera profesional, sehingga memanfaatkan seluruh sensor baik wide, ultra-wide dan telefoto yang dimilikinya. “Dari banyaknya tangkapan gambar pada film pendek ini, tentu memungkinkan untuk gunakan smartphone sebagai kamera film berdurasi panjang.”

Ketiga film pendek hasil karya OPPO CineFinders nantinya bisa ditonton secara gratis langsung di YouTube OPPO Indonesia. Dimulai dari “Siklus” pada 27 Oktober, “Dedari” di 29 Oktober, dan “You and Me in Low Angle” pada 31 Oktober 2021.

Tinggalkan komen