Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

OPPO Reno3 A Kantongi Sertifikasi IP68 Serta Sensor NFC

0 13.735

Meski sudah perkenalkan lini Reno4 series, OPPO masih memperbarui seri lamanya. Sebelumnya telah dikabarkan jika produsen elektronik asal Dongguan ini bakal merilis smartphone 4G kelas menengah di India. Namun pada akhirnya, OPPO Reno3 A malah dirilis secara resmi di negara sakura, Jepang. Smartphone tersebut miliki desain yang sangat identik dengan OPPO Reno3, yang sudah hadir resmi di Indonesia.

Dengan imbuhan abjad huruf pertama di belakangnya, OPPO Reno3 A menjadi varian Reno3 series yang paling minimalis atau terjangkau. Tanpa peluncuran, OPPO Reno3 A langsung tersedia di Jepang dengan harga jual di kisaran Rp5 jutaan.

Baca juga: OPPO A11k Diluncurkan di India, Smartphone Sejutaan dengan Helio P35

Spesifikasi OPPO Reno3 A, Gunakan Chipset Snapdragon

OPPO Reno3 A

Sama seperti Reno3, OPPO Reno3 A mengusung bahasa desain yang sama mulai dari bagian depan dan belakangnya. Di sisi depan, layar 6,44 inci sudah menggunakan panel AMOLED, sehingga sensor sidik jari sudah bisa disematkan di baliknya. Meski masih gunakan desain waterdrop notch, tepian atas dan bawahnya terlihat ramping, hasilkan rasio bodi ke layar sebesar 89,9%. Kacanya juga sudah berlapis Corning Gorilla Glass 5.

Bila kamu kurang suka dengan chipset MediaTek Helio P90 yang digunakan pada OPPO Reno3, maka OPPO Reno3 A bisa menjadi alternatif. Smartphone ini gunakan chipset yang cukup melegenda, yaitu Qualcomm Snapdragon 665 octa-core. Chipset tersebut dipadukan dengan RAM 6GB dan memori penyimpanan 128GB. Jika dirasa kurang, terdapat slot kartu microSD terdedikasi hingga kapasitas 256GB.

Di bagian belakang, terdapat empat kamera dengan peletakan yang serupa. Sensor utama OPPO Reno3 A beresolusi 48MP f/1.7, bersebelahan dengan kamera 8MP f/2.2 ultra wide-angle dan dua kamera 2MP untuk depth-sensor dan makro. Kamera ini dilengkapi dengan beragam fitur seperti Ultra Night Mode serta stabilisasi EIS pada saat merekam video. Sementara kamera depannya beresolusi 16MP f/2.0.

Punya Sensor NFC Untuk Metode Pembayaran Jepang

Warna OPPO Reno3 A

Di dekat modul kamera, terdapat sebuah logo yang cukup umum untuk smartphone rilisan Jepang. Hal itu menandakan bahwa smartphone ini mendukung sistem pembayaran dengan protokol NFC. OPPO Reno3 A mendukung “Osafu-Keitai” yaitu standar sistem dompet digital yang diterapkan sebagai metode pembayaran di Jepang. Dukungan sistem RFID milik Sony, FeliCa juga hadir.

Dan yang cukup spesial, seperti pada gambar paling atas, smartphone ini mengantongin sertifikasi IP68 alias tahan air hingga kedalaman 1,5 meter dalam waktu 30 menit. Menjalankan ColorOS 7.1 berbasis Android 10, OPPO Reno3 A punya baterai berkapasitas 4,025 mAh.

Perangkat ini sudah mendukung Quick Charge lewat port USB-C, meski situs resminya tak menuliskan voltase yang didukung. Untuk tingkatkan pengalaman bermain gim, tersedia fitur Game Boost 2.0 yang bisa optimalkan touch sampling rate serta refresh rate supaya pengendalian lebih halus.

OPPO Reno3 A bakal hadir dalam dua pilihan warna, yaitu Black & White. Hanya satu varian memori saja yang dijual yaitu seharga 39,800 Yen atau sekitar Rp5,2 jutaan. Di Jepang, smartphone ini sudah dapat mulai dipesan dari beragam situs seperti Amazon dan Hikaritv. Sementara penjualan perdananya akan diadakan mulai 25 Juni mendatang.


Beli smartphone OPPO di:

BLIBLI SHOPEE BUKALAPAK ERASPACE LAZADA JD.ID