Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

OPPO A11k Diluncurkan di India, Smartphone Sejutaan dengan Helio P35

0 11.036

Hingga kuartal kedua tahun 2020 ini, seri smartphone paling terjangkau yang diluncurkan OPPO adalah seri OPPO A12. Seri tersebut diluncurkan untuk mereka pengguna feature phone yang ingin rasakan kecanggihan teknologi smartphone dengan harga terjangkau. Namun harganya masih berada di rentang Rp2 jutaan, alias bukan yang termurah di pasaran. Untuk itu, dihadirkan OPPO A11k.

OPPO A11k baru saja diresmikan di India, salah satu negara berkembang dimana jumlah penggunanya tak kalah banyak bila dibandingkan dengan Indonesia. Secara desain dan spesifikasi, OPPO A11k hadir mirip seperti A12. Hanya saja punya beberapa sisi hardware yang lebih rendah. Hal tersebut ditujukan agar smartphone ini bisa memiliki harga jual lebih terjangkau, yaitu kurang dari Rp2 juta.

Baca juga: OPPO A92 Edisi Disney & Pixar Toy Story Dapat Dipesan Mulai Hari Ini

Spesifikasi OPPO A11k Serupa dengan A12

OPPO A11k

Layar depan OPPO A11k punya dimensi 6,22 inci, gunakan panel IPS LCD dengan resolusi HD+ (720 x 1520 piksel). Aspek rasionya 19:9, dan berikan rasio bodi ke layar sebesar 89%. Belum gunakan desain punch-hole, kamera depannya diletakkan pada waterdrop notch di sisi tengah atas layar. Kamera tersebut punya resolusi 5 Megapiksel.

Sementara di sisi belakang terdapat dua kamera utama, masing-masing beresolusi 13 Megapiksel dan ditemani kamera 2 Megapiksel untuk menghasilkan efek bokeh yang lebih natural. Desain back covernya juga sama, gunakan 3D Flowing Blaze Design dan juga tetap hadir dengan sensor sidik jari. Selain menggunakan jari, juga tersedia opsi AI Face Unlock memanfaatkan kamera depannya.

Di segi performa, OPPO A11k gunakan chipset dari MediaTek, yaitu Helio P35. Chipset ini miliki prosesor octa-core dengan fabrikasi 12nm. Kapasitas RAM serta penyimpanan internalnya 50% lebih kecil dari OPPO A12, masing-masing yaitu 2GB & 32GB. Jika dirasa kurang, terdapat slot kartu microSD dedicated yang sanggup menampung kapasitas sampai 256GB.

Belum menggunakan Android 10, OPPO A11k menjalankan ColorOS 6.1 berbasis Android Pie. Walau begitu, OPPO berikan beberapa fitur menarik yang dapat memudahkan penggunaan sehari-hari. Seperti Smart Assistant yang dapat tampilkan informasi kalender, jumlah langkah serta pintasan aplikasi. Juga Smart Sidebar yang berfungsi sebagai pintasan untuk akses aplikasi, ambil tangkapan layar sampai merekam layar.

Harga OPPO A11k di India

OPPO A11k

Saat ini, OPPO A11k sudah mulai bisa dibeli secara daring di India, juga melalui toko daring Amazon India. Hadir dalam warna Flowing Silver dan Flowing Blue, OPPO menjualnya dengan harga INR8,990 atau sekitar Rp1,6 jutaan. Smartphone ini juga miliki kapasitas baterai cukup besar di 4.230 mAh. Meski kompetitornya di harga serupa sudah hadir dengan baterai 5.000 mAh.

Jika dihadirkan resmi di Indonesia, OPPO A11k bakal langsung bersaing dengan Redmi 8A series, Samsung Galaxy A01, Infinix Hot 9 serta realme C3. Beberapa seri tersebut miliki spesifikasi di atas kertas yang lebih menarik, kecuali milik Samsung yang lebih modis. Konsumen dapat memilih dengan lebih tepat jika pada akhirnya ada banyak opsi di pasaran.


Beli smartphone OPPO di:

BLIBLI SHOPEE BUKALAPAK ERASPACE LAZADA JD.ID