Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Review Singkat OPPO A11k: Pilihan Baru di Segmen Entry Level

1 7.546

Sebagai salah satu penguasa pasar, OPPO Indonesia terus berupaya untuk memperkuat pengaruhnya di Tanah Air. Kali ini, produsen smartphone asal Shenzhen tersebut membidik segmen entry level melalui produk terbarunya OPPO A11k.

Meski bujetnya terbatas, kelas menengah ke bawah memang bepengaruh besar dalam penjualan ponsel. Terutama untuk pasar Indonesia, bentuk pasar smartphone masih seperti piramida, di mana segmen menengah ke bawah adalah yang paling besar.

Nah, dirilisnya OPPO A11k ini merupakan upaya perusahaan untuk memperkat segmen tersebut. Saat sedang berkunjung ke The Highland Park Resort di Bogor bareng OPPO, saya berkesempatan untuk mencoba perangkat ini dalam waktu singkat. Berikut ini impresi singkat saya terhadap OPPO A11k.

Desain

kFl4wosOxbyHDSCAB6pc77dwEJ9QYXZG3IMoNv4mGNLDHwQAk04a6FcIXuA4kejb13Dibuat untuk segmen entry level, tetapi OPPO A11k dirancang dengan desain yang cukup baik dan atraktif. Desainnya terinspirasi oleh pola potongan berlian pada bagian belakang. Tampil dengan variasi pola acak yang memberikan corak berbeda.

OPPO menyebut kalau konsep desain pada ponsel ini adalah 3D Diamond Blaze Design. Ada dua pilihan warna yakni hitam dan putih sesuai selera. Waktu itu saya kebagian yang warna biru yang terlihat memikat untuk anak muda.

Bagian depan dipenuhi dengan layar sentuh, kemudian di samping kiri terdapat tombol volume dan samping kanan tombol Power. Di bagian bawah, terdapat lubang speaker, port jack audio 3,5mm dan port micro USB. Desain ergonomis dan bodi lengkung yang elegan menawarkan pengalaman penggunaan satu tangan yang mudah. Disertai dengan bobot ringan yang nyaman hanya 165 gram. Secara umum, ponsel ini cukup nyaman di genggaman tangan dan juga ketika dimasukkan ke dalam kantong celana.

Meski kelasnya entry level yang sering kali dianggap sebelah mata, tapi tidak demikian dengan OPPO A11k. Pihak OPPO mengungkapkan bahwa seri A11k telah melalui berbagai standar pengujian produk untuk memastikan kualitas dan reliabilitasnya. Mulai dari 100.000 kali tes tombol volume, 200.000 kali tes tombol daya, 28.000 tes jatuh dari jarak 10cm. Jika konsumen memerlukan bantuan, jaringan nasional OPPO Indonesia yang terdiri dari 17 pusat layanan pelanggan dan 20.000+ lokasi penjualan, siap untuk mendukung.

Layar

kualitas layar OPPO A11kOPPO A11k memiliki layar  waterdrop 6,22 inci dengan resolusi HD+ 1520 × 720. Tentu saja kita tidak bisa mengharapkan kualitas layar yang ekstra tajam dan smooth seperti halnya di kelas flagship. Bagaimanapun, layar yang dihadirkan di OPPO A11k sudah mencukupi kebutuhan pengguna di kelasnya.

Antarmuka tang tampil di layar memang masih yang lama yakni ColorOS 6.1.2. Begitupun dengan sistem operasinya yang memakai Android 9. Meski demikian, OPPO membekalinya dengan teknologi perlindungan mata berjenis blue light shield. Kehadiran filter cahaya biru dapat mencegah ketegangan mata dan melindungi penglihatan ketika menonton video atau bermain game dalam waktu yang cukup lama.

Kamera

kamera OPPO A11kDi kelas apapun, kamera selalu menjadi perhatian. Karena memang sudah menjadi fitur utama pada sebuah ponsel. Terlebih di era media sosial di mana berbagai konten foto dan video sudah menjadi keniscayaan. Sehingga kualitas kamera yang mumpuni sudah menjadi keharusan.

Tapi tentu saja, kita harus lebih bijak dengan menurunkan ekspektasi. Menyadari sejak awal bahwa ini adalah ponsel kelas entry, sehingga dalam hal fitur maupun kualitas tidak bisa disejajarkan dengan ponsel kelas atas seperti Reno, lebih-lebih lagi seri Find.

OPPO A11k dilengkapi kamera belakang ganda dengan teknologi AI (artificial intelligence). Kamera utama sebesar 13MP yang mendukung mode burst dan 6x perbesaran digital. Sedangkan kamera portrait 2MP memberikan kesan kedalaman melalui efek bokeh untuk menghasilan foto terbaik.

Kemudian kamera depan 5MP didukung dengan AI Beautification yang dapat dengan cerdas mengoptimalkan foto selfie. AI Beautification dapat secara otomatis mendeteksi jenis kulit, usia, jenis kelamin, dan warna kulit, dan menciptakan solusi percantik wajah yang melalui tahapan penyesuaian.

Secara umum, kualitasnya sudah mencukupi kebutuhan untuk pengguna di kelasnya. Terlebih dengan beberapa fitur tambahan, termasuk yang menurut saya esensial adalah Soloop. Bagi yang ingin menjadi kreator TikTok ataupun Youtuber pemula, OPPO A11k hadir dengan Soloop Smart Video Editor yang dapat membantu menyunting video keren dengan filter sinematik dengan sangat mudah.

Hasil foto kamera OPPO A11k

ZFo3O6JeB2ylkIYCx64hotqekIexNnVn1 9zVNgM6U0qT4jPFvOV7QY6CyDsSI0JNZBcRlb8gre76kxlUjcREoRlKtH39BY5vQLy0wR9 7GLNXMz2V4ER 4HpBVXuDZElOJ5e3IF1g=w2400
Mode auto 1x zoom
PyIeGjxqdoBIJWWyAs1b1tLZpFHQN AXp6egH5dC5sGES7Jw85ebs8nHj E9snnEnz
Bunga
knuIO5JnkTgf4O lW8IqWsLKVJgXSP2jDzJSGXXcZG nKIwWhGh OLFpmKpQN 4O4z7FaVpCXo0KMAKIHsUo8 i3FVJ
Mode auto 1x zoom, kondisi berawan
aedXZNnjkoIjTOYw67EPcqTW4DcT5avlQD7lK9xKkcpPA6Df6qTRLRO5fzsnWKu32FgZ0568OMiuUg2R7DnfkPKTm0 EdPfd0lBVJimnr06miLUBKEKEvaeUmhZ7b K0Yh908TjoSg=w2400
Mode auto 2x zoom
2qhwqhDVNPxGvr228gIpJsRlqNlvamTqeJ8S6KMvHqo08MkZCyh8WVamsk58zIdQ7u76E8dk2GceB Pxdmw z3n3AHlk917kcdfIhHAC nMlICX jKO0jBKGb71
Mode auto 6x zoom
ZOOngo
Kamera depan, mode portrait
zzRhl0p15 yaiO8Kp4PUhPX8N3Gp00lVBrMWagX1TQRslLoXIyR6YRD2mtwg6rsVRQ4OLQ8L1fORDuvhFlQEL0SHDd4GYoDeGjgXQrplAn15s7CQShwC0vnEALgv1RIQLBBol8kdmA=w2400
Mode auto
XJp0VaHcUwAI2MmWIRUNflkMctvnlZPNVlnr8e8K
Mode portrait

Fitur pendukung

Sebagai produk besutan OPPO, ponsel ini tentu saja memiliki berbagai fitur dan layanan khas dari produsen ponsel asal Shenzhen tersebut. Sebagaimana telah saya singgung di atas, OPPO A11k memakai ColorOS 6 yang berbasis Android 9. Memang bukan yang paling baru, tapi masih cukup update karena hanya beda satu versi saja.

Ada beberapa fitur ColorOs yang menurut saya cukup berguna. Seperti halaman Smart Assistant yang memberikan gambaran berbagai aktivitas dalam satu layar. Fitur ini menampilkan aplikasi favorit. kalender, info olahraga terbaru, dan pantau kebuguaran di satu tempat.

Bagi para riders, terdapat Riding Mode yang membuat tetap fokus di jalan. Fitur ini memblokir panggilan dan notifikasi tidak penting agar nyaman dan lebih berkonsentrasi saat sedang di jalan.

Di sektor multimedia, terdapat OPPO A11k yang menghadirkan fitur Dirac Smart Sound Effects atau fitur pengoptimalan suara. Fitur ini secara otomatis dapat beralih ke pengaturan efek suara terbaik untuk game, audio, dan video untuk memberi keluaran suara yang imersif.

Tak kalah penting, ponsel ini juga diperkuat dengan fitur keamanan. Terdapat sensor pengenalan sidik jari tertanam di bagian belakang. Dikombinasikan dengan Facial Unlock, A11k membuka kunci layar dalam 0,08 detik.

Kinerja

Kinerja prosesor di OPPO A11kJujur saja, karena waktu yang sangat singkat, saya tidak sempat untuk menguji kinerja dari ponsel ini. Tapi dari spesifikasi OPPO A11k di atas kertas, kita bisa menerka seperti apa kinerja yang dihadirkan pada perangkat ini.

OPPO A11k dibekali dengan RAM 2GB dan memori internal sebesar 32GB. Jika dirasa masih kurang, terdapat opsi perluasan internal dengan kartu tambahan hingga 256GB. Memastikan pengalaman penggunaan perangkat harian yang lancar. Tapi tentu saja, untuk RAM kita tidak bisa melakukan penambahan kapasitas lagi. Harus terima apa adanya.

Untuk menunjang kinerja, otak dari OPPO A11k dipercayakan pada MediaTek yang membenamkan chipset Helio P35. Chipset ini memiliki prosesor octa-core kelas 12 nm dengan kecepatan hingga 2,3Ghz. Sudah mencukupi untuk digunakan bermain game online, media sosial, maupun belajar di rumah.

Bagian penting lainnya adalah baterai. OPPO A11k dilengkapi dengan baterai sebesar 4230mAh yang menawarkan durasi lebih lama, secara teori hingga 17 jam untuk streaming video secara nonstop. Jenis pengecasannya adalah menggunakan port micro USB dan belum mendukung fast charging. Perlu agak bersabar mengisinya hingga penuh.

Selain baterai besar, keberadaan prosesor 4 inti, MediaTek Helio P35, secara signifikan dapat melakukan penghematan penggunaan energi.

Kesimpulan

OPPO berupaya untuk menghadirkan teknologi ke berbagai tingkatan pengguna. Dengan OPPO A11k, mereka bertujuan untuk menyediakan paket lengkap perangkat smartphone dengan teknologi, konfigurasi perangkat keras, serta fitur yang dapat menjangkau pengguna tingkat awal perangkat smartphone android.

Jika dilihat dari apa yang dihadirkan pada OPPO A11k, tujuan dari perusahaan tersebut telah tercapai. OPPO A11k adalah paket lengkap yang terjangkau. Kinerjanya cukup baik dan harga masih ramah kantong. Meski demikian, di tingkatan ini banyak sekali produsen ponsel yang bermain. Seperti Infinix, Redmi series, Realme C series, bahkan Samsung Galaxy A01 dan A11.

Tentu saja, nama besar OPPO yang dikenal dengan kualitas produk dan layanan purna jual menjadi kelebihan tersendiri bagi perangkat ini.

Review OPPO A11k
7.6 / 10 Reviewer
{{ reviewsOverall }} / 10 Users (0 votes)
Design8
Display7.5
Camera7.5
Performance7
Battery8
Features7.5
Pros
- Desain atraktif
- Baterai berkapasitas besar
- Fitur cukup lengkap
Cons
- RAM cukup kecil
- Hasil foto kurang tajam
Summary
OPPO A11k adalah paket lengkap yang terjangkau. Kinerjanya cukup baik dan harga masih ramah kantong.
Review menurut pengguna Tulis review kamu
Order by:

Be the first to leave a review.

User AvatarUser Avatar
Verified
{{{ review.rating_title }}}
{{{review.rating_comment | nl2br}}}

This review has no replies yet.

Avatar
Show more
Show more
{{ pageNumber+1 }}
Tulis review kamu

Your browser does not support images upload. Please choose a modern one

Spesifikasi OPPO A11k

OPPO A11k
Klik pada gambar untuk spesifikasi lengkap

General

Device Type Smartphone
Model / Series OPPO A11k
Released 18 November, 2020
Status Available
Price Rp1.799.000

Platform

Chipset Mediatek MT6765 Helio P35
CPU Octa-core (4x2.35 GHz Cortex-A53 + 4x1.8 GHz Cortex-A53)
GPU PowerVR GE8320
RAM (Memory) 4 GB
Storage 32GB
External Storage Expandable up to 256GB
Operating System Android 9.0 (Pie)
User Interface ColorOS 6.1.2

Design

Dimensions 155.9mm x 75.5mm x 8.3mm
Weight 165 g
Design Features Colors: Black, Blue
Battery Non-removable Li-Po 4230 mAh battery

Network

Network Frequency GSM: 850/900/1800/1900MHz
WCDMA: Bands 1/5/8
FDD-LTE: Bands 1/3/5/8
TD-LTE: Bands 38/40/41
SIM Nano-SIM card
Data Speed HSPA, LTE-A

Display

Screen Type In-Cell
Size and Resolution 6.22” HD+ 720 x 1520 pixels, Screen Ratio: 89.0%
Touch Screen Yes
Features Touchscreen: Multi-touch, Capacitive Screen, Gorilla Glass 3
Colors: 16 million colors
Screen Ratio: 89%
Contrast: 1500:1
Type: In-Cell
Brightness: Typical Value 480nit

Camera

Multi Camera Yes (Rear)
Rear 13MP + 2MP
Front 5MP
Flash LED Flash
Video [email protected], [email protected]
Camera Features Aperture:
Rear: f/2.2 + f/2.4
Front: f/2.4
Sensor Size:
Rear: Main 1/3', 1.12um
Front: 1/5',1.12um

Connectivity

Wi-fi WLAN 2.4G / WLAN 5.1G / WLAN 5.8G, WLAN Display
Bluetooth 5.0, A2DP, LE
USB microUSB 2.0, USB On-The-Go
GPS Built-in GPS; supports A-GPS, Beidou, Glonass
HDMI Yes
Wireless Charging No
NFC
Infrared Yes

Smartphone Features

Multimedia Features 3,5mm jack


Active noise cancellation with dedicated mic
FM Radio Yes
Web Browser Yes
Messaging Yes
Sensors Electronic Compass

Distance Transducer

Magnetic Induction Sensor

Light Sensor

G-Sensor/Acceleration Sensor

Gyroscope
Other in the box:

OPPO A11k *1

USB Cable *1

Adapter *1

SIM Card Pin *1

Protective Case *1

Quick Guide *1

Warranty Card *1

Disclaimer: artikel ini merupakan kerja sama dengan OPPO Indonesia

1 Komen
  1. […] Review Singkat OPPO A11k: Pilihan Baru di Segmen Entry Level […]

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.