Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

OPPO Reno4 SE 5G Gunakan Chipset Dimensity 720G, Dukung Pengecasan 65W

0 5.054

OPPO Indonesia memang baru saja melengkapi smartphone kelas menengah premiumnya, Reno series dengan menghadirkan OPPO Reno4 Pro. Smartphone tersebut membawa beberapa peningkatan dari varian non-Pro yang sudah rilis sebelumnya. Yang utama adalah layar 90Hz curved edge display, membuatnya terlihat semakin premium.

Namun ternyata, tak sampai di situ saja, OPPO perkenalkan varian tambahan yang sudah mendukung 5G, dengan desain yang berbeda. Bukan di Indonesia memang, tapi di Tiongkok. OPPO Reno4 SE dirilis dengan chipset MediaTek, sudah mendukung jaringan 5G, dengan desain bodi belakang yang lebih menyerupai seri F17 yang juga baru saja diresmikan di India.

Baca juga: OPPO Indonesia Siapkan Smartphone Baru, Rilis Awal Oktober

Keunggulan OPPO Reno4 SE 5G

OPPO Reno4 SE

Smartphone ini hadir dengan tampilan back cover yang terlihat lebih cocok untuk menyasar segmen anak muda, dengan dua aksen warna yang dibuat berbeda. Bingkai kameranya juga dibuat berbeda, sensornya tak diletakkan secara sejajar, melainkan kotak dengan lampu kilat dibuat seolah menyatu menjadi kamera keempat. Hadir dalam tiga opsi pilihan warna, OPPO Reno4 SE juga usung bodi tipis 7,9mm saja.

Pada bagian depan OPPO Reno4 SE, terdapat sebuah layar yang memiliki bentang luas 6,43 inci, gunakan panel AMOLED dengan refresh rate 60Hz. Bukan yang paling mulus, namun setidaknya OPPO memberikan touch sampling rate 180Hz untuk tingkat responsivitas sentuhan yang lebih responsif. Layar tersebut bisa menyala terang mencapai 600 nits, dan di balik kacanya sudah dibenamkan sebuah sensor sidik jari (in-display).

Sudah mendukung jaringan 5G, OPPO Reno4 SE ditenagai chipset MediaTek Dimensity 720G. Chipset tersebut dipasangkan dengan RAM 8GB dengan pilihan penyimpanan internal 128/256GB berjenis UFS 2.0. Ya, berbeda dengan perangkat Apple yang justru hadir lebih sederhana, “SE” pada Reno4 SE justru lebih baik daripada varian Reno4 biasa.

Keunggulan lain yang dihadirkan adalah dukungan pengisian daya SuperVOOC Flash Charge 2.0 65W. Kapasitas baterainya sendiri 4,300 mAh, dapat terisi penuh hanya dalam 37 menit saja. Dan meskipun pengguna tidak membawa adaptor charger bawaan, OPPO Reno4 SE masih bisa disi daya lewat standar 18W Power Delivery.

Di belakang, terdapat tiga sensor kamera yang seolah-olah terlihat ada empat, dimana sensor bawa kanan adalah LED flash. Sensor utamanya beresolusi 48MP f/1.7, ditemani sensor 8MP f/2.2 ultra wide-angle, serta 2MP f/2.4 macro. Sementara untuk swafoto, ada satu kamera resolusi tinggi 32MP f/2.4 di layar depannya.

Harga OPPO Reno4 SE

OPPO Reno4 SE

Meski hadir belakangan, OPPO Reno4 SE bakal dirilis dengan ColorOS 7.2 berbasis Android 10, bukan ColorOS 11 terbaru yang sudah tersedia dalam versi Beta di beberapa smartphone OPPO yang mendukung. Tiga opsi warna yang tersedia yaitu Super Flash Black, Super Flash White dan Super Flash Blue.

Di China, perangkat ini sudah bisa dipesan mulai 25 September mendatang dengan harga mulai dari CNY2,499 atau sekitar Rp5,4 jutaan untuk memori 128GB (dan CNY 2,799 atau Rp6,1 jutaan untuk versi 256GB). Belum ada informasi mengenai ketersediaannya di luar China. Namun yang pasti, OPPO Indonesia sedang menyiapkan smartphone baru untuk rilis resmi dalam waktu dekat.