Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

OPPO Reno5 Series Meluncur dengan Quad Camera 64MP

Setelah beberapa kali merilis teaser baik secara global dan di Indonesia sendiri, OPPO akhirnya menampilkan smartphone kelas menengah premium mereka, yaitu OPPO Reno5 5G Series. Yang diresmikan ada dua, yaitu OPPO Reno5 5G dan OPPO Reno5 Pro 5G. OPPO masih menyiapkan satu seri tertinggi untuk akhir Desember mendatang.

Secara desain, keduanya punya jarak perbedaan yang serupa seperti seri pendahulunya, OPPO Reno4 series. Hanya saja, keduanya kali ini punya kelengkapan sensor dan chipset yang berbeda. Tak lagi sama-sama bersama Qualcomm, varian OPPO Reno5 Pro 5G hadir dengan chipset MediaTek kelas tinggi. Bagaimana dengan spesifikasi lainnya?

Perbedaan utama ada pada teknik perwarnaan dan pelapisan “Reno Glow” yang diusungnya. Gunakan bodi belakang kaca, OPPO miliki paten khusus untuk dapat membuatnya lebih mengkilap, sekaligus tahan sidik jari. Bagian atasnya kini dilengkapi dengan teks “Designed for Reno”.

Bukan tanpa alasan tertentu, OPPO Reno5 5G dilengkapi lapisan fluorescent di bagian bodi atas serta tonjolan kameranya. Lapisan tersebut bisa menyerap cahaya, dan membuatnya menyala dalam gelap atau glow in the dark. OPPO Reno5 5G punya ketebalan 7,9mm dengan bobot 172 gram, sementara OPPO Reno5 Pro 5G di 173 gram & 7,6mm.

Baca juga:  Review OPPO Reno5: Lebih Canggih dengan Fitur Video AI

Spesifikasi OPPO Reno5 5G

OPPO Reno5 5G

Menjadi yang paling sederhana, OPPO Reno5 5G masih mengusung layar flat berdimensi 6,43 inci. Panelnya sudah OLED 90Hz beresolusi full HD+, dan OPPO klaim bila layar ini bisa menyala sampai 750 nits. Perbedaan dari Reno4, kamera depan OPPO Reno5 5G hanya satu di atas kirinya.

Sama seperti varian OPPO Reno4 5G, OPPO Reno5 5G gunakan chipset Snapdragon 765G. Opsi RAM dan penyimpanan internalnya sangat lega; 8GB+128GB dan 12GB+256GB. Mungkin untuk menjaga agar performa tetap kencang, sehingga tidak ditemukan slot kartu microSD pada smartphone terbaru OPPO ini.

Selain sensor ultra-wide 8MP dan dua sensor 2MP (macro dan depth sensor), OPPO Reno5 5G kini miliki sensor utama 64MP f/1.7. Tanpa OIS, OPPO mengklaim bila stabilisasi EIS-nya bekerja sempurna. Bakal ada beberapa mode video terbaru yang hadir; live HDR, bokeh video, dan juga mode untuk rekam dari kamera belakang dan depan bersamaan.

Kamera depannya beresolusi 32MP f/2.4, dilengkapi fitur foto potret profesional. Peningkatan selanjutnya adalah teknologi pengisian dayanya yang setara OPPO Reno4 Pro, 65W SuperVOOC 2.0. sehingga mengisi daya baterai 4,300 mAh sangat singkat, dan kompatibel dengan protokol lain seperti 18W PD dan Quick Charge.

OPPO Reno5 Pro 5G Gunakan Chipset MediaTek Dimensity

OPPO Reno5 Pro 5G

Varian Pro membawa desain layar lengkung di sisi kiri dan kanannya, sedikit lebih besar di 6,55 inci dan lebih terang di 1100 nits. Sisanya sama, begitu pula spesifikasi kamera depan dan belakangnya. Teknologi pengisian dayanya pun sama, hanya saja baterai OPPO Reno5 Pro 5G lebih besar 50 mAh.

Dan seperti yang sudah disebutkan di atas, OPPO memutuskan untuk bekerja sama dengan MediaTek, gunakan chipset Dimensity 1000+ pada OPPO Reno5 Pro 5G. Opsi memorinya sama, yang berbeda adalah kelengkapan port dan sensor. Dilengkapi sensor NFC, namun jack audio 3,5mm yang ada di varian non-Pro terpaksa absen demi dimensi lebih tipis.

Harga OPPO Reno5 5G Series

OPPO Reno5 5G
Lapisan fluorescent yang membuat OPPO Reno5 5G series bisa menyala dalam gelap.

Keduanya dirilis pertama kali di China. Harga OPPO Reno5 5G adalah CNY2,699 (Rp5,8 jutaan) & CNY2,999 (Rp6,4 jutaan) untuk varian memori 8+128GB & 12+256GB. Sementara untuk OPPO Reno5 Pro 5G di CNY3,399 (Rp7,3 jutaan) dan CNY3,799 (Rp8,2 jutaan) untuk memori yang sama. Mulai tersedia 18 Desember mendatang, dan bisa dipesan mulai hari ini.

Selain perkenalkan dua seri OPPO Reno5 5G, OPPO juga berikan teaser varian tertingginya yang bakal hadir 24 Desember nanti, yaitu OPPO Reno5 Pro+ 5G. Kabarnya, smartphone ini bakal gunakan sensor Sony IMX766 50MP terbaru. Apakah varian di Indonesia bakalan sama persis? Kita nantikan info terbarunya ya.

Tinggalkan komen