alexa
Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

OPPO & vivo Berikan Pembaruan OS 3 Tahun untuk Seri Flagship

Selain spesifikasi di atas kertas, kini tak sedikit calon pembeli sebuah smartphone turut memperhitungkan beragam faktor lainnya. Yaitu seperti layanan purnajual, sampai jaminan pembaruan perangkat lunak atau software update. Tak banyak produsen Android yang benar-benar memperhatikan hal tersebut, namun di tahun 2021, sudah mulai banyak yang berbenah.

Dua merek smartphone ternama yang kini ikut berkomitmen untuk berikan jaminan pembaruan dalam waktu yang cukup lama, adalah OPPO dan vivo. Keduanya dikenal dengan smartphone-nya dengan kustomisasi tampilan antarmuka cukup berbeda. Dengan kata lain, bakal lebih sulit bagi masing-masing untuk bisa terus berikan pembaruan software secara rutin.

Dibandingkan dengan Nokia, misalnya, yang sebatas stock Android. Tentu bakal lebih mudah bagi HMD untuk hadirkan seri Android baru hingga pembaruan keamanan bulanan ke seluruh lini smartphone terbarunya. Nah, baru-baru ini, OPPO dan vivo mencoba untuk berkomitmen, meskipun baru ekslusif untuk seri flagship masing-masing produk terbaiknya.

Baca juga: Inilah Tampilan Perdana Android 12, Unggulkan Fitur Privasi

OPPO Find X3 Series Jaminan 3 Tahun OS Update

spesifikasi OPPO Find X3 Pro

Sebelum vivo, OPPO lebih dulu mengumumkan bila akan perpanjang dukungan software update. Dikutip dari Android Planet, OPPO berikan ekstensi selama satu tahun untuk lini flagship Find series mereka. Sebelumnya, seri Find dan Reno umumnya mendapatkan dua pembaruan seri Android, plus dua tahun pembaruan keamanan rutin.

Namun mulai tahun ini, dimulai dari OPPO Find X3 series, OPPO janjikan total tiga tahun pembaruan. Tentunya hal tersebut bakal menjadi daya tarik tersendiri, terutama bagi konsumen yang mungkin awalnya berminat dengan seri Find X3 Pro, namun pesimis akan dukungan software ke depannya.

Kalau OPPO Find X3 series meluncur dengan Android 11, sangat mungkin bila pembaruan terakhir nantinya bisa sampai Android 14. Dengan begitu, konsumen tak perlu rutin mengganti smartphone mereka selama 2 – 3 tahun sekali, hanya demi menikmati versi Android terbaru. Mengikuti kompetitornya seperti Google, OnePlus dan Samsung.

Selain itu, dikabarkan pula bila OPPO juga sedang mempertimbangkan untuk beri dukungan software hingga total empat tahun. Namun masih dalam pengujian, sehingga jangan berharap terlalu banyak dulu ya.

Aturan Pembaruan OS Untuk vivo Lebih Terbatas

Desain vivo X60 Pro

Lain dengan OPPO, vivo mengabarkan kabar gembiranya secara resmi melalui sebuah rilisan pers. Durasinya sama-sama tiga tahun, termasuk seri Android dan pembaruan keamanan, hanya saja untuk model tertentu yang diluncurkan setelah bulan Juli 2021 dan khusus vivo X series.

“Smartphone flagship seri X dibuat untuk bertahan – dan kami ingin memastikan bahwa pelanggan mendapatkan dukungan perangkat lunak yang sesuai dengan harapan mereka,” kata Yujian Shi, Senior VP dan CTO vivo, dana sebuah rilis. Kabar yang kurang mengenakkan, ketersediaannya lebih terbatas lagi.

Dukungan pembaruan selama tiga tahun ini, selain untuk seri X terbaru, juga hanya terjamin untuk wilayah regional Eropa, Australia dan India. Sementara seri lain atau vivo X series yang rilis sebelumnya bakal tetap mendapat pembaruan keamanan regular seperti sebelum-sebelumnya.

Sebelum kedua merek yang sama-sama berada di bawah naungan BBK Corporation ini, Samsung lebih dulu umumkan pembaruan OS tiga tahun untuk lini seri mid-range mereka. sementara HMD, meski dikenal dengan stock Android, berikan jaminan yang cukup modis yaitu dua tahun update OS dan tiga tahun keamanan bulanan untuk seri X mereka.

Tinggalkan komen