Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

OVO SmartCube, Vending Machine Pintar dengan Data Analitik Komprehensif

Di berbagai tempat publik seperti bandara, stasiun, dan lainnya, sudah sering kita jumpai vending machine yang menyediakan berbagai minuman dan makanan ringan. Namun OVO membuatnya berbeda. Perusahaan fintech yang baru saja meraih gelar unicorn tersebut menghadirkan OVO SmartCube, sebuah vending machine pintar yang dibekali data analytic.

Berkat kemampuan analisis data ini, OVO SmartCube menjadi salah satu channel yang dapat digunakan perusahaan yang menjadi mitra untuk membangun interaksi yang lebih kuat dengan penggunanya. Vira Shanty, Chief Data Officer OVO, mengatakan di tengah kemajuan digital teknologi, marketer kini berlomba-lomba untuk melakukan pendekatan pemasaran yang berpusat pada konsumen (customer centric).” OVO SmartCube siap hadir untuk menjawab kebutuhan brand dalam mengenal konsumennya lebih personal,” ujar Vira, saat jumpa pers di Jakarta.

Dijelaskan lebih lanjut, OVO SmartCube adalahn smart vending machine pertama di Indonesia yang memiliki kemampuan real-time data analysis. Perangkat ini menyuguhkan pengalaman digital interaktif, sehingga mampu menyesuaikan produk serta layanan dengan kebutuhan dan kebiasaan pengguna.

“Setelah peluncuran tahap pertama di bulan Juli lalu, kami siap menjawab permintaan dari lebih banyak brand dan perusahaan, dengan menambah lebih banyak titik dan kota di Indonesia. Rencananya kami akan menambah 500 titik hingga akhir 2020 dan 1000 titik di tahun 2021,” ungkapnya.

Baca juga: OVO Klaim Sebagai Platform Pembayaran Digital Terbesar dan Terluas di Indonesia

Related Posts
1 daripada 288

Kemampuan Analisis di OVO SmartCube

OVO SmartCube Vira Shanty
Vira Shanty, Chief Data Officer OVO

Vending machine pintar ini mampu menyajikan data analisis secara real-time dengan merekam secara lengkap tingkah laku dan demografi pelanggan yang bertransaksi. Beberapa data yang direkam seperti usia, jenis kelamin, lokasi, spending power, dan device yang digunakan. “Kami tidak menjual  profil data yang rinci milik pengguna, tetapi big data yang merekam kebiasaan pengguna secara umum,” jelas Vira.

Selain itu, kemampuan data analitik OVO SmartCube juga mampu mengevaluasi preferensi konsumen dan menyediakan informasi secara instan dan akurat. Misalnya mengenai waktu yang digunakan untuk belanja, maupun mengenai produk yang paling sering dibeli oleh pelanggan. Informasi yang dapat diakses oleh brand mitra dalam bentuk Insight dapat dimanfaatkan oleh brand mitra untuk memberikan penawaran- penawaran yang sesuai dengan target.

OVO SmartCube juga dilengkapi dengan beberapa inovasi fitur yang dapat dimanfaatkan oleh banyak brand untuk mendekatkan diri dengan konsumennya, seperti memberikan contoh produk (product sampling), penjualan (selling), survei, pemasangan iklan (advertising), layanan isi ulang (top-up), beragam program deals/voucher, serta menampilkan video iklan dari banyak brand untuk menawarkan produk mereka.