Panggilan Group Video Google Meet Kini Dibatasi 60 Menit, Tak Lagi Unlimited

Dari semua jenis platform digital yang tersedia saat ini, mungkin yang memiliki jumlah pengguna aktif paling banyak selama pandemi adalah platform panggilan video. Bagaimana tidak, mengingat perannya dalam menghubungkan masyarakat secara virtual dengan aman sembari di rumah. Termasuk salah satu platform milik Google, yaitu Google Meet.

Sejatinya, layanan konferensi atau panggilan video yang satu ini hanya hadir untuk pelanggan Google Workspace—nama baru dari G Suite, di mana lebih dirancang untuk pengguna kantoran atau lingkup enterprise. Namun ketika COVID-19 melanda tahun lalu, Google memutuskan untuk gratiskan penggunaan Google Meet. Berikan pengguna gratisan akses panggilan video 24 jam.

Diberitakan sejak April, awalnya layanan tersebut hadir hanya sampai 30 September. Namun kemudian Google menunda berakhirnya fitur gratisan tersebut tak sekali, tetapi sampai dua kali ubah tanggal. Hingga pada akhirnya, mulai bulan ini pengguna akun Google gratisan tak lagi bisa lakukan panggilan dalam grup berlama-lama.

Baca juga: Google Meet Tawarkan Fitur Baru, Mudahkan Belajar Jarak Jauh

Limit Lebih dari 60 Menit Khusus Pelanggan Google Workspace

Google Meet

Dikonfirmasi oleh 9to5Google pada 12 Juli lalu, Google secara resmi hentikan periode promosi yang telah berlaku selama lebih dari satu tahun tersebut. informasi terkait hal ini sudah tertera pada halaman penjabaran fitur Google Meet dalam situs resmi Google berikut ini. Di mana saat ini ada perubahan peraturan penggunaan untuk akun gratisan dan berbayar.

Untuk pengguna Google Workspace, baik kelas Business Starter, Business Standard hingga Business Plus sama-sama diberikan fasilitas untuk lakukan panggilan video lewat Google Meet tanpa batasan waktu. Selain biaya berlangganan per bulan, yang berbeda adalah jumlah partisipan dalam grup. Serta fitur-fitur ekstra seperti noise cancellation, hand raise, serta kemampuan untuk rekam sebuah meeting.

Lantas apakah pengguna akun Google gratisan sudah tak bisa lagi gunakan Google Meet? Jawabannya tidak juga. Untuk panggilan pribadi alias one-on-one, masih bisa berlangsung hingga durasi 24 jam. Yang dibatasi adalah group calls, di mana jumlah partisipan maksimal adalah 100, dengan durasi 60 menit. Di menit ke-55, Google akan berikan peringatan bila waktu hampir habis.

Google Meet Bawa Fitur Efek AR dari Google Duo

Google Meet - Google Duo

Sejatinya, limit 60 menit pada Google Meet masih cukup normal. Bila dibandingkan dengan kompetitornya yang lebih populer seperti Zoom, limitnya justru lebih singkat, alias hanya 40 menit. Sementara Microsoft Teams punya jumlah partisipan dan limit yang sama. Pengguna ekosistem Google juga bisa gunakan Google Duo bila memang tak memerlukan jumlah partisipan terlalu banyak.

Selain menghilangkan masa promo panggilan grup 24 jam, Google Meet kini juga dilengkapi dengan fitur-fitur tambahan, dibawa dari Google Duo. Seperti fitur video filter serta efek augmented reality. Kehadiran fitur tersebut seolah menjadi tanda bila Google ingin lebih komersilkan Google Meet, dari yang awalnya hanya ditargetkan untuk pengguna enterprise saja.

Filter baru ini sudah dapat dicoba dari aplikasi untuk Android dan iOS. Saat panggilan sedang berlangsung, pengguna bakal menemukan ikon ‘sparkle’ yang sama seperti pada Google Duo. Tekan tombol tersebut, dan tab effect akan muncul dengan beragam efek yang bisa dipilih, digeser dari kiri ke kanan.

Tinggalkan komen