Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Google Fit di Android & iOS Beri Informasi Kualitas Tidur Lebih Lengkap

0 2.711

Google baru saja memperbarui aplikasi mereka, yang digunakan sebagai penghubung antar perangkat aksesori kesehatan dengan akun utama Google yang kita gunakan sehari-hari, yaitu Google Fit. Aplikasi ini cukup jarang diperbarui, sehingga tampilan mengenai data kesehatannya pun terbatas. Jauh lebih ‘sederhana’ jika dibandingkan aplikasi lain seperti milik Garmin dan Samsung.

Pembaruan aplikasi Google Fit ini diluncurkan untuk beragam platform, seperti Android, iOS hingga untuk perangkat wearable yang jalankan sistem operasi milik Google yaitu Wear OS. Dihadirkan khusus agar penggunanya bisa mengetahui informasi yang lebih banyak, dengan tampilan yang jauh lebih mudah, terangkum dari halaman depan aplikasi.

Baca juga: Google Batasi Penyimpanan Gratis untuk Photos dan Drive Mulai Juni 2021

Tampilan Aplikasi Google Fit Dibuat Lengkap & Informatif

Google Fit

Pada tampilan awal, Google Fit kini bakal tampilkan informasi yang lebih banyak, tak hanya jumlah langkah maupun durasi berolahraga saja. Dengan semakin canggihnya perangkat wearables, informasi seperti durasi tidur, kualitas tidur hingga tekanan darah ditampilkan dengan chart yang cukup mudah dipahami. Memudahkan pengguna mengetahui perkembangan kesehatannya.

Google Fit juga bakal berikan informasi bila pengguna telah mencapai target aktivitas harian hingga mingguan, juga berikan akses mudah untuk kegiatan olahraga terbaru. Lebih mengedepankan pemantauan kualitas tidur, informasinya bisa lebih lengkap termasuk tahap tidur (REM/light/deep sleep). Namun fitur ini tentu hanya hadir bila perangkatnya mendukung pendeteksian fitur tersebut, atau lewat aplikasi seperti Sleep As Android.

Data yang dihimpun dari smartwatch, smartband atau aplikasi bakal diolah untuk menampilkan informasi seperti durasi tidur, tingkat efisiensi, jam mulai tidur hingga terbangun hingga detak jantung selama tidur. Google nampaknya menganggap informasi ini cukup serius, karena memang kualitas tidur yang baik dapat mempengaruhi mood aktivitas kita sepanjang hari.

Google Fit di Wear OS Juga Diperbarui

Google Fit - Wear OS

Pembaruan lainnya dihadirkan khusus untuk pengguna jam tangan pintar dengan sistem operasi Wear OS. Agar pengguna bisa lebih mudah untuk memulai sesi olahraga, tampilan Google Fit di Wear OS kini dilengkapi dengan pintasan ke olahraga yang baru saja dilakukan. Dengan begitu, tak perlu melakukan scrolling jenis-jenis olahraga yang disediakan.

Tampilan sembari sesi olahraga juga diperbarui, ditujukan agar pengguna smartwatch bisa melihat informasi penting seperti durasi, target rata-rata dan pencapaian utama dalam satu tampilan. Ketika sesi olahraga sudah selesai, hasilnya kini bisa dibagikan dengan tampilan yang lebih modern, bahkan menggunakan latar foto sendiri, disertai durasi dan pencapaian olahraga.

Dan untuk pengguna yang lebih memilih berolahraga di luar ruangan, Google perbarui tampilan cuaca di Wear OS dengan pemberitahuan tambahan serta ramalan cuaca. Menu Breathe Tile—digunakan untuk mengatur pernapasan—juga dibuat lebih mudah. Ketika dibuka, langsung ada pintasan untuk memilih latihan atur nafas dalam beberapa durasi singkat.

Setelah selesai, bakal ditampilkan rata-rata detak jantung baik sebelum dan sesudah sesi atur nafas selesai, hingga kualitas sesi nafas tiap minggunya. Pembaruan ini hadir secara bertahap untuk smartphone Android, iOS dan smartwatch Wear OS.