Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Penjualan Huawei P30 Pro Meningkat 1000% Dibanding P20 Pro

Huawei membukukan kinerja bisnis yang memuaskan dan memperkuat pasar premium di Indonesia

Berada di posisi kedua global, Huawei kini mengincar posisi pertama dengan terus meningkatkan penjualan di tengah penurunan market smartphone global. Namun untuk pasar di Indonesia tergolong masih kecil. Bahkan raksasa teknologi asal China tersebut masih belum masuk dalam lima besar produsen smartphone terbesar di Indonesia.

“Secara global, kerja keras kami telah menunjukkan hasil yang memuaskan dan menempati posisi nomor dua dunia dengan pangsa pasar 19 persen dan berhasil mencapai peningkatan penjualan hingga 50 persen,” ujar Lo Khing Seng, Deputy Country Director Huawei Device Indonesia saat ditemui di Jakarta (16/5).

Untuk memperbesar pangsa pasarnya di Tanah Air, Huawei berupaya meningkatkan ketersediaan produk premium dengan cara memperpendek gap antara peluncuran global dan lokal. Dimulai sejak peluncuran Mate 20 Series, kemudian makin ditingkatkan lagi pada saat peluncuran Huawei P30 Series. Tak hanya memperpendek gap, Huawei juga mengumumkan pre-order di market Indonesia, hanya sehari setelah peluncuran global di Paris.

Langkah strategis ini terbukti sukses dalam meningkatkan kepercayaan konsumen Indonesia terhadap produk smartphone Huawei dan berdampak sangat bagus dalam penjualan. “Hasil penjualan Huawei P30 Pro meningkat luar biasa, mencapai 1000 persen dibandingkan penjualan Huawei P20 Pro. Ini pencapaian yang dahsyat, yang semakin meningkatkan kepercayaan diri kami dalam mencapai target menjadi yang teratas khususnya di market premium di Indonesia dan merebut nomor satu di dunia,” tutur Lo Khing Seng.

Lo Khing Seng, Deputy Country Director Huawei Device Indonesia
Related Posts
1 daripada 10

Kendati demikian, ia tak menampik bahwa besarnya antusiasme pembeli tersebut di sisi lain mempengaruhi pengiriman barang ke konsumen. Di mana tak sedikit pembeli yang komplain belum juga mendapatkan barang, padahal sudah membayarnya.

“Kami sebenarnya sudah meningkatkan produksi, namun tidak menyangkan antusiasmenya begitu besar. Dan ini ada kendala komunikasi. Dimana ketersediaan stok terbatas, namun dari sisi penjualan online maupun retail terus membuka preorder. Namun kami berusaha untuk mengirimnya sebaik mungkin,” ungkap Lo Khing Seng.

Experience Store

Komitmen Huawei di market Indonesia juga diperkuat oleh upaya meningkatkan aspek pengalaman pembelian konsumen melalui pembukaan High-end Experience Store di Jakarta pada bulan April lalu, dan sebentar lagi juga akan dibuka di Surabaya. Pendirian High End Experience Store ini merupakan arahan HUAWEI Consumer BG global yang mendorong setiap market meng-upgrade jaringan ritel mereka dengan membangun High-end Experience Store supaya pelanggan makin mudah dan nyaman dalam mendapatkan produk-produk high-end HUAWEI.

Huawei juga telah mendirikan 31 service center di seluruh Indonesia untuk meningkatkan layanan dan memastikan kenyamanan pelanggan dalam menggunakan produk-produk HUAWEI. Pendirian service center yang menjangkau lebih banyak daerah bertujuan supaya semakin mudah dijangkau oleh pelanggan di berbagai daerah.

Termasuk penyediaan layanan offline bergaransi satu tahun untuk handset dan wearable device, dan layanan online dari pukul 09.00 sampai 21.00 setiap harinya melalui nomor hotline, Facebook/Instagram, dan live chat. HUAWEI juga memberikan nilai tambah seperti gratis pembersihan dan sterilisasi perangkat smartphone dan layanan gratis jemput dan kirim barang yang hendak diperbaiki.